OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

7 Contoh Materi Public Speaking Singkat, Menarik, dan Cocok untuk Pemula

15 Januari 2024 · 8 min read Author: Ilham Budhiman · Editor: M. Iqbal

materi public speaking

Bagi sebagian orang, berbicara di depan umum bukanlah tugas yang mudah. Meski begitu, kamu bisa mempelajari materi public speaking untuk menambah wawasan dan kepercayaan diri.

Keterampilan public speaking setiap orang berbeda-beda, Property People.

Saat ini, keterampilan public speaking menjadi suatu kebutuhan yang harus dimiliki seseorang.

Keterampilan berbicara menjadi salah satu keterampilan yang penting untuk dikuasai guru, dosen, hingga pemimpin dalam menyampaikan sebuah pidato.

Selain itu, mahasiswa dan siswa sekolah juga harus belajar public speaking.

Namun, apa itu public speaking?

Public speaking artinya berbicara di depan umum baik dalam kegiatan seminar, kelompok, atau acara lainnya.

Simak lebih lanjut pengertian public speaking dan contohnya.

Apa Itu Public Speaking?

materi public speaking

Sumber: harvard.edu

Sebagian orang terutama dosen, guru, hingga pemimpin suatu komunitas dan lembaga pastinya mengetahui arti public speaking.

Menurut buku Seni Berbicara: Yuk Belajar Public Speaking oleh Dewi Anggraeni dkk., public speaking adalah proses berbicara di depan umum atau khalayak.

Tujuan public speaking adalah untuk menyampaikan informasi, menghibur, mengekspresikan gagasan, dan memengaruhi audiens.

Manfaat public speaking antara lain untuk meningkatkan kepercayaan diri hingga menumbuhkan leadership.

Meskipun terdengar mudah, cara public speaking rupanya memerlukan teknik tertentu, lo.

Menurut buku Pengantar Ilmu Public Speaking oleh Pajar Pahrudin, simak tips melatih public speaking di bawah ini.

Cara Melatih Public Speaking

1. Sampaikan Poin dan Intinya

Tips melatih public speaking adalah menghafalkan poin dan intinya.

Pembicara bisa memberikan penjelasan sendiri menggunakan kata-kata yang merupakan ciri khasnya.

Jadi, kamu tidak perlu menghafalkan semua isi teks yang ditulis sebelumnya.

2. Improvisasi

Kekuatan berbicara dan mengalihkan pembicaraan sangat penting dalam menyampaikan suatu hal melalui teks.

Nah, apabila kamu lupa saat ingin menyampaikan suatu topik, lakukan improvisasi dengan baik.

3. Percaya Diri

Cara melatih public speaking adalah meningkatkan rasa percaya diri.

Usahakan membawakan presentasi dengan tegap, berkarisma, dan pandangan ke depan dengan percaya diri.

Sikap ini akan memberikan kepuasan pada diri sendiri dan orang lain.

4. Latih Bahasa Tubuh

Saat menyampaikan materi, usahakan untuk menggunakan bahasa tubuh supaya audiens merasa tertarik.

Misalnya, gunakan kontak mata dan gerakan tangan.

Melatih bahasa tubuh akan membuat audiens lebih jelas dengan penyampaian pembicara.

5. Latih Intonasi Suara dan Pernapasan

Tips terakhir adalah melatih intonasi suara karena penyampaian materi akan lebih mudah dimengerti jika bisa mengatur intonasi, nada bicara, dan volume suara.

Artinya, jangan menggunakan intonasi yang sama dari awal hingga akhir pembicaraan.

Selain itu, latih pernapasan agar saat menyampaikan presentasi lebih rileks dan tidak gugup.

Lalu, seperti apa materi public speaking yang bisa kamu pelajari?

Yuk, simak contoh public speaking menarik dan materi public speaking singkat untuk berbagai kalangan.

7 Materi Public Speaking

1. Materi Public Speaking Singkat

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Salam semua,

Hari ini, saya ingin berbicara tentang pentingnya meraih impian. Setiap orang di ruangan ini pastinya memiliki impian yang ingin diwujudkan baik itu dalam karir, hubungan, atau kehidupan secara keseluruhan.

Namun, terkadang kita merasa terhambat oleh rasa takut, keraguan, atau kegagalan yang mungkin kita alami di masa lalu. Tetapi, saya ingin mengingatkan bahwa kita harus berani mengambil langkah maju.

Untuk meraih impian, kita harus belajar untuk menghadapi tantangan dan siap menghadapi rintangan, serta tidak takut untuk mengambil risiko.

Para hadiri mungkin sepakat bahwa tidak ada keberhasilan tanpa kegagalan. Setiap kegagalan adalah pelajaran berharga menuju sebuah kesuksesan.

Saya meyakini bahwa setiap orang di sini memiliki potensi besar untuk meraih impiannya. Kita semua memiliki kemampuan yang unik dan bakat yang luar biasa.

Jadi, mari kita bersama-sama berani bermimpi, berani bertindak, dan berani menjadi versi terbaik dari diri kita sendiri.

Terima kasih atas perhatiannya. Mari kita berjuang bersama untuk mewujudkan impian kita.

2. Materi Public Speaking untuk Pemula

Halo semuanya,

Di pagi hari yang cerah ini, pertama-tama saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk berbicara di depan hadirin sekalian.

Hari ini, saya akan berbicara tentang pentingnya menciptakan perubahan positif dalam hidup.

Ingatlah, bahwa setiap perubahan dimulai dari diri kita sendiri. Jangan menunggu orang lain mengubah hidup kita.

Jadilah agen perubahan dalam hidup Anda sendiri. Ambillah tanggung jawab atas keputusan dan tindakan Anda.

Dalam setiap perjalanan hidup, akan ada tantangan. Tetapi, justru dari tantangan itu kita belajar dan tumbuh. Jangan takut menghadapinya. Jadikan setiap rintangan sebagai peluang untuk tumbuh lebih kuat.

Terakhir, tetaplah optimis dan terus berusaha. Jangan pernah menyerah pada impian. Jadikan setiap hari sebagai kesempatan baru untuk berbuat lebih baik dan mendekati tujuan.

Mari kita bersama-sama menciptakan perubahan positif dalam hidup kita. Dengan tindakan dan tekad yang kuat, kita dapat mencapai segala yang kita impikan.

Terima kasih atas perhatiannya.

3. Materi Public Speaking yang Menarik

Mari kita bayangkan sesuatu sejenak. Bayangkan diri kita berada di puncak gunung tertinggi, menghadap ke cakrawala yang luas, udara segar membelai wajah kita, dan semangat petualangan memenuhi hati kita.

Sekarang, apakah kalian pernah merasakan keinginan yang menggelora untuk mencapai puncak tersebut? Itu adalah rasa ingin tahu yang mendalam, keberanian untuk menghadapi tantangan, dan ketekunan untuk tidak menyerah.

Sama seperti mendaki gunung, hidup kita juga penuh dengan tantangan dan rintangan. Tetapi, justru dari situlah kita menemukan kekuatan kita yang sebenarnya. Kita tumbuh dan berkembang saat kita menghadapi setiap kesulitan.

Jadi, saya ingin mengajak kalian untuk menempuh perjalanan hidup dengan antusiasme. Jangan takut pada tantangan, tetapi hadapilah dengan penuh keyakinan. Setiap langkah kecil yang kita ambil membawa kita lebih dekat pada puncak keberhasilan.

Selain itu, ingatlah bahwa impian kita berharga. Jangan biarkan orang lain meredam semangat kita atau menghancurkan impian kita. Jadilah pemberani dan percaya pada diri sendiri. Kita semua memiliki potensi yang luar biasa untuk mencapai apa pun yang kita inginkan.

Saya ingin mengakhiri dengan mengingatkan kalian bahwa hidup adalah petualangan yang indah. Ambillah peran utama dalam cerita hidup kita sendiri. Jangan biarkan kesempatan berlalu begitu saja.

Mari kita bersama-sama menjelajahi dunia ini dengan penuh keingintahuan, hati yang penuh semangat, dan pikiran yang tak terbatas. Bersiaplah untuk menghadapi tantangan, dan nikmatilah setiap momen dalam perjalanan ini.

Terima kasih telah mendengarkan. Mari kita berani bermimpi, berani bertindak, dan menjalani kehidupan yang luar biasa!

Terima kasih.

4. Materi Public Speaking untuk Remaja

materi public speaking

contoh materi public speaking

5. Materi Public Speaking untuk Mahasiswa

materi public speaking

teks public speaking

6. Contoh Materi Public Speaking untuk Pemula

Pembukaan

Halo, selamat pagi/siang/sore semuanya. Perkenalkan, nama saya Junaedi. Saya berdiri di depan kalian semua untuk berbagi cerita tentang pengalaman yang tidak bisa dilupakan dalam hidup saya. Apakah itu?

Isi

Begini ketika saya masih kecil, saya sangat takut pada ketinggian. Bahkan, untuk naik tangga di rumah pun saya tidak berani. Namun, suatu hari, saya diajak oleh ayah saya untuk naik Gunung Papandayan. Awalnya, saya sangat ragu untuk ikut ajakan ayah saya tersebut. Tapi, saya memutuskan untuk memberanikan diri.

Singkatnya, saya tiba di Gunung Papandayan. Perjalanan ke puncak gunung sangat menantang teman-teman. Bahkan, saya harus berjalan kaki berjam-jam dan melewati medan yang cukup sulit. Rasa takut diketinggian perlahan mulai muncul.

Namun, setelah berjuang keras dan diyakini ayah saya, saya akhirnya berhasil mencapai puncak gunung. Apa yang saya rasakan ketika itu? Rasanya sangat luar biasa. Saya merasa sangat bangga pada diri sendiri karena telah mengalahkan rasa takut saya. Mengalahkan ‘musuh’ yang ada dalam diri.

Sejak saat itu, saya tidak lagi takut pada ketinggian. Saya bahkan menjadi suka mendaki gunung. Gunung Cikuray, Gunung Ciremai, hingga Gunung Semeru sudah saya taklukan.

Jadi, untuk mengalahkan rasa takut itu, kita harus berani dan mencoba melawannya.

Penutup

Teman-teman, itulah cerita pengalaman yang tidak bisa saya lupakan seumur hidup. Saya harap, cerita ini bisa menginspirasi untuk menghadapi rasa takut yang ada di dalam diri.

7. Contoh Public Speaking Singkat

Selamat pagi! Salam sejahtera untuk kita semua.

Saya senang bisa berada di sini, di hadapan para calon pebisnis andal, pebisnis muda, dan calon orang kaya di masa depan.

Berbicara tentang bisnis properti, apa hal pertama yang muncul di benak Anda? Pastinya bermacam-macam, ya!

Bisnis properti adalah bisnis yang berkaitan dengan jual beli, sewa, dan investasi properti. Nah, properti tersebut dapat berupa rumah, apartemen, ruko, tanah, dan lain-lain.

Bisnis properti memiliki banyak peluang. Sudah tahu keuntungan bisnis properti jika ditekuni dengan benar?

Pertama, permintaan yang terus meningkat. Jumlah penduduk Indonesia yang terus bertambah menyebabkan permintaan properti juga meningkat. Tidak hanya kota-kota besar, tetapi daerah lainnya.

Kedua, nilai investasi yang stabil. Properti merupakan salah satu investasi yang nilainya relatif stabil, bahkan cenderung meningkat setiap tahun terutama jika berada di kawasan sunrise property.

Ketiga, potensi keuntungan yang besar. Bisnis properti memiliki potensi keuntungan yang besar terutama jika dilakukan dengan strategi yang tepat.

Namun, bisnis properti juga tak lepas dari tantangan. Apa saja? Simak baik-baik supaya Anda tidak menyesal.

Pertama, modal yang besar. Bisnis properti membutuhkan modal yang tak sedikit, terutama untuk membeli tanah, rumah, atau properti lain yang akan diinvestasikan.

Kedua, risiko yang tinggi. Bisnis properti memiliki risiko yang tinggi, utamanya jika tidak dilakukan dengan strategi yang tepat.

Ketiga, kompetisi yang ketat karena bisnis properti merupakan bisnis yang sangat kompetitif.

Nah, bagi Anda yang ingin berbisnis properti, harus memerhatikan hal-hal tersebut. Semoga materi ini dapat memberikan gambaran umum tentang bisnis properti dan peluang serta tantangannya bagi para calon investor.

Kesimpulan

Cara melatih public speaking adalah terus berlatih berbicara, menambah pengetahuan, sering membaca, dan lainnya.

Tidak cuma dari video atau buku public speaking, belajar public speaking juga bisa dipelajari melalui pelatihan public speaking atau materi public speaking.

Public speaking yang baik akan memberikan kesan positif bagi audiens sehingga mereka bakal menyimak materi yang disampaikan secara antusias.

***

Itulah contoh teks public speaking.

Semoga bermanfaat.

Simak artikel lainnya di artikel.rumah123.com.

Temukan informasi terkini melalui Google News Rumah123.

Cek juga pilihan hunian impian lewat Rumah123.com.

Kami selalu #AdaBuatKamu untuk memberikan rekomendasi terbaik.

**gambar cover materi public speaking: shutterstock.com


Tag: , ,


Ilham Budhiman

Lulusan Sastra Daerah Unpad yang pernah berkarier sebagai wartawan sejak 2017 dengan fokus liputan properti, infrastruktur, hukum, logistik, dan transportasi. Saat ini, fokus sebagai penulis artikel di 99 Group.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA