krisis energi

Indonesia disebut sebagai salah satu penyebab krisis energi yang dialami oleh Singapura hingga terancam gelap gulita. Benarkah demikian?

Sejumlah negara banyak yang tengah mengalami krisis energi. Beberapa negara tersebut yaitu  Inggris, Eropa, China hingga India kemudian Singapura pun mengalaminya.

Namun, krisis yang dialami Singapura ini diklaim karena Indonesia. Apa yang sebenarnya terjadi dengan energi di Singapura?

Jadi, krisis yang dialami Singapura memang tidak lepas dari kaitannya dengan Indonesia, lantaran pasokan gas alam dari Indonesia ke Singapura mengalami gangguan.

Pasokan gas alam yang dialirkan melalui pipa West Natuna tersebut mengalami gangguan sejak bulan Juli 2021 lalu.

Seperti yang dikutip dari laman Kompas,com, badan regulator energi Singapura, Energy Market Authority (EMA) menyatakan bahwa pasokan gas dari Indonesia lebih rendah.

Hal ini pun diperburuk dengan permintaan listrik yang lebih tinggi dari biasanya, sehingga menyebabkan harga listrik di Singapura mengalami lonjakan.

Penyebab Krisis Energi di Singapura

Selain karena faktor pasokan dari Indonesia mengalami hambatan, permintaan listrik yang lebih tinggi dari biasanya pun membuat Singapura kewalahan.

Di sisi lain, harga gas alam cair (LNG) di pasar global yang meningkat pesat saat ini turut menjadi penyebab krisis energi.

Hal itu juga yang membuat peruahaan listrik Singapura tidak bisa berpaling ke pembelian LNG demi bisa menutup kekurangan pasokan gas pipa dari Indonesia.

Penyebab lain yang membuat Singapura begitu kewalahan mencukupi kebutuhan listrik negaranya adalah karena pengecer listrik di negara tersebut mulai bertumbangan.

Setidaknya, ada tiga perusahaan retail listrik yang memutuskan berhenti dari bisnis listrik yang menimbulkan kekurangan listrik di negeri singa tersebut.

Ketiga perusahaan listrik tersebut di antaranya iSwitch, perusahaan retail Ohm Energy, dan Best Electricity Supply memutuskan berhenti dari bisnis kelistrikan.

Meskipun begitu, saat ini distribusi ke Singapura sudah kembali normal, tetapi pasokan dari Indonesia belum sepenuhnya bisa memenuhi permintaan Singapura.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Wismaya Residence.

Bagikan:
368 kali

Redaksi Rumah123.com

Alamat

Level 37 [email protected]
Jl. Casablanca Kav.88
Jakarta Selatan
Jakarta 12870
Indonesia