OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Bukti Kesenjangan Infrastruktur, Banyak Jalan Rusak di Daerah. Siapa yang Salah?

22 Mei 2023 · 2 min read Author: Alya Zulfikar

kesenjangan infrastruktur jalan daerah

sumber: suara.com

Di balik gencarnya pembangunan jalan tol yang dilakukan pemerintah, ternyata masih banyak ditemukan jalan rusak di berbagai daerah. Benarkah ini jadi bukti adanya kesenjangan infrastruktur?

Tak dapat dipungkiri, belakangan ini pemerintah tengah gencar-gencarnya membangun infrastruktur jalan tol, mulai dari Trans Jawa hingga Trans Sumatra.

Namun, berbanding terbalik dengan apa yang dilakukan oleh pemerintah pusat, masih banyak dijumpai jalan-jalan rusak di daerah.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2021 panjang jalan Indonesia tercatat mencapai 546.116 kilometer, di luar jalan tol, di mana terdapat 87.454 (16,01 persen) dalam kondisi rusak dan 86.844 kilometer (15,9 persen) dalam kondisi rusak berat.

Lantas, kenapa masih banyak ditemukan jalan rusak di daerah saat pemerintah menggaungkan pembangunan infrastruktur?

Dilansir dari kompas.com, berikut ini informasi mengenai kesenjangan infrastruktur di Indonesia!

Kesenjangan Infrastruktur di Indonesia

jalan rusak di daerah

sumber: kompas.com

Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan dan Penguatan Kewilayahan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat Djoko Setijowarno mengatakan, kesenjangan pembangunan infrastruktur jalan masih dirasakan masyarakat karena masih banyak jalan yang belum tersentuh pembangunan.

“Nyatanya, ada ketimpangan antara jalan desa, jalan kabupaten, jalan provinsi, hingga jalan nasional yang jauh dari kata layak. Entah itu rusak atau belum diaspal hingga kendaraan sulit untuk melintas. Alhasil, roda perekonomian yang bisa menyentuh ke dusun-dusun jelas bisa terhambat,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Minggu (21/5/2023), dilansir dari kompas.com.

Pada dasarnya, kewenangan membangun jalan sudah dibagi berdasarkan jenis jalan, yakni jalan nasional menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, jalan provinsi dipegang gubernur, dan jalan kota atau kabupaten oleh walikota atau bupati.

kesenjangan infrastruktur jalan indonesia

sumber: detik.com

“Buruknya tata kelola pemerintah turut memperparah kondisi jalan di daerah. Andai ada anggaran untuk pembangunan infrastruktur jalan, kerap anggaran dikorupsi oleh oknum kepala daerah karena anggaran terbesar dalam APBD adalah membangun infrastruktur jalan,” tuturnya.

Di samping tata kelola yang buruk, hal yang jadi salah satu penyebab utama jalan rusak adalah truk yang melebihi muatan.

Djoko juga mengatakan bahwa jalan yang sebenarnya jadi akses beraktivitas, kini kondisinya justru mengkhawatirkan untuk digunakan.

Jalan rusak tak sebatas menghambat perjalanan, tetapi juga tak jarang menyebabkan kecelakaan yang bisa merenggut korban jiwa.

***

Demikian informasi mengenai kesenjangan infrastruktur jalan.

Baca artikel informatif lainnya di artikel.rumah123.com

Ikuti juga Google News Rumah123 untuk mendapatkan update terbaru.

Apabila sedang mencari hunian, dapatkan rekomendasi terbaiknya hanya di Rumah123.com.

Menemukan hunian yang sesuai kriteria kini lebih mudah karena kami #AdaBuatKamu.


Tag: , ,


alya

Content Writer

Berkarier di dunia kepenulisan sejak 2018 sebagai penulis lepas. Kini menjadi penulis di 99 Group dengan fokus seputar gaya hidup, properti, hingga teknologi. Gemar menulis puisi, memanah, dan mendaki gunung.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA