OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

10 Contoh Kata Sambutan Pernikahan Singkat untuk Mempelai Pria dan Wanita

27 Mei 2024 · 9 min read Author: Ilham Budhiman · Editor: M. Iqbal

sambutan pernikahan

Sambutan pernikahan menjadi salah satu rangkaian dalam prosesi pernikahan sehingga penyampaiannya harus baik dan benar. Kalau masih bingung bagaimana cara membuatnya, simak contohnya pada artikel ini!

Menurut buku Acara Pernikahan yang ditulis Lies Aryati, pernikahan adalah momen penting dalam kehidupan manusia.

Dalam momen pernikahan, digelar acara pernikahan yang merupakan rangkaian acara dan upacara.

Berdasarkan buku tersebut, acara pernikahan mengandung banyak makna dan falsafah kehidupan manusia secara keseluhan.

Jadi, penyelenggarannya pun harus dirancang dengan sangat matang, termasuk sambutan pernikahan.

Sambutan acara pernikahan menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh kedua keluarga mempelai.

Hal ini karena dalam kata sambutan, terdapat maksud dan tujuan, baik ucapan terima kasih hingga nasihat pernikahan.

Biasanya, kata sambutan pernikahan disampaikan oleh perwakilan keluarga kedua belah mempelai.

Nah, karena sifatnya yang cukup penting, sambutan pernikahan tidak boleh diucapkan asal-asalan.

Lantas, bagaimana sambutan pernikahan mempelai pria dan wanita?

Simak contoh kata sambutan pernikahan singkat berikut mulai dari islami hingga kata sambutan pernikahan Kristen singkat.

10 Contoh Kata Sambutan Pernikahan Singkat

1. Kata Sambutan Pernikahan yang Bermakna

sambutan pernikahan

Sumber: youtube/majelis daar el-rifai

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang terhormat Bapak/Ibu/Saudara/i sekalian,

Pada acara pernikahan putri kami ini, kami merasa sangat bahagia dan bersyukur atas karunia Allah Swt. yang telah memberikan kesempatan untuk melihat putri kami menikah dengan pria yang dicintainya.

Dalam Islam, pernikahan adalah ikatan suci yang mengikat dua insan yang saling mencintai dan berbagi dalam hidup mereka. Kami berdoa agar pernikahan ini membawa kebahagiaan, cinta, dan keberkahan yang abadi bagi kedua mempelai.

Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar dan teman-teman yang telah hadir di acara ini untuk berbagi kebahagiaan bersama kami. Kami sangat berterima kasih atas dukungan, doa, dan ucapannya.

Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada keluarga mempelai pria, yang telah menjadikan putri kami sebagai bagian dari keluarga mereka. Kami berharap pernikahan ini tidak hanya mempersatukan dua keluarga, tetapi juga membawa kebahagiaan dan berkah yang berlimpah bagi kita semua.

Kepada putri kami yang sangat kami sayangi, terima kasih telah menjadi anugerah yang sangat berharga bagi keluarga. Kami berharap, kamu dan suamimu dapat menjalani kehidupan yang penuh dengan cinta, kasih sayang, dan kebahagiaan. Kami akan selalu mendoakan kebahagiaan dan kesuksesan kalian berdua.

Akhir kata, semoga pernikahan ini menjadi awal dari kebahagiaan yang abadi dan keberkahan yang berlimpah bagi keluarga kami dan keluarga mempelai pria. Terima kasih sekali lagi atas kehadiran dan doa-doa terbaik dari Bapak/Ibu/Saudara/i semua.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2. Sambutan Pernikahan Mempelai Pria

kata sambutan pernikahan singkat

Sumber: youtube/trendy video

Bismillahirahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil’alamin, was salamu’alaa asrafil anbiyaii wal mursalin sayidinaa wamaulana Muhammadin walaa alihi wahsahbihi ajma’iin ama ba’du.

Yang terhormat …..
Yang terhormat …..
Yang terhormat …..

Hadirin dan seluruh undangan yang kami hormati,

Pertama-tama, mari kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt., karena dengan limpahan rahmatnya, kita dapat berkumpul dan menghadiri acara yang berbahagia ini.

Tak lupa selawat dan salam kepada Nabi Muhammad saw., beserta keluarga dan para sahabatnya.

Pada kesempatan yang sangat istimewa, saya selaku perwakilan dari keluarga mempelai pria, mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Allah Swt., yang telah memberikan kesempatan dan kelancaran dalam acara sakral ini.

Kami sampaikan terima kasih kepada keluarga besar mempelai wanita, teman-teman, dan semua yang ada di sini karena berkenan hadir untuk turut menjadi bagian dari momen terindah putra-putri kami.

Ananda …… dan ananda ……, pernikahan dalam Islam merupakan sebuah ikatan suci yang bertujuan untuk membentuk keluarga bahagia sesuai ajaran agama Islam.

Pernikahan di dalam Islam memiliki nilai dan prinsip yang sangat kuat dan dipandang sebagai salah satu ibadah paling mulia dan dianjurkan.

Oleh karena itu, percayalah bahwa pernikahan adalah sebuah komitmen yang besar dan dibutuhkan usaha dan kerja keras untuk menjaga hubungan yang baik dengan pasangan.

Kami merasa berbahagia karena ananda telah menentukan pilihan membentuk keluarga sakinah mawaddah warahmah bersama ananda ……

Sebagai seorang suami, tentunya ananda harus melindungi, rela berkorban, menjadi teladan, dan memberikan kasih sayang kepada istri.

Tanggung jawab suami sebagai pemimpin keluarga tidaklah mudah. Namun demikian, tanggung jawab sebagai pemimpin keluarga dalam Islam juga membutuhkan dukungan dan kerja sama dari istri.

Kami semua berdoa dan berharap, agar ananda berdua bisa menjalankan biduk rumah tangga sebaik mungkin dan kelak mendapat keturunan yang saleh dan salihah.

Barakkallahu laka wabaraka ‘alaika wajama’a baina huma fi khoiriin. Aamiin ya rabbal alamin.

Demikian kata sambutan ini, mohon maaf sebesar-besarnya bila terdapat kasalahan/kehilafan.

Wallahul muwaffiq ila aqwamit thariq, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

3. Sambutan Pernikahan Mempelai Wanita

kata sambutan pernikahan

4. Template Kata Sambutan Pernikahan Singkat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang terhormat Bapak/Ibu/Saudara/i sekalian,

Pada hari yang berbahagia ini, kita semua berkumpul di sini untuk menyaksikan dan merayakan pernikahan antara [nama mempelai pria] dan [nama mempelai wanita].

Pernikahan adalah sebuah ikatan suci antara dua insan yang saling mencintai dan ingin mengarungi bahtera kehidupan bersama. Sebuah ikatan yang tidak hanya menyatukan dua insan, tetapi juga dua keluarga.

Kepada kedua mempelai, kami ucapkan selamat atas pernikahan kalian. Semoga Allah Swt. senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kalian berdua, agar dapat membangun rumah tangga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah.

Semoga pernikahan kalian menjadi awal dari kehidupan yang bahagia dan penuh berkah. Semoga kalian berdua dapat saling melengkapi, saling mendukung, dan saling mencintai hingga akhir hayat.

Kepada Bapak/Ibu/Saudara/i sekalian, kami ucapkan terima kasih atas kehadiran dan doa restunya. Semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Allah Swt..

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

5. Kata Sambutan Pernikahan Kristen Singkat

Selamat pagi/siang/malam yang penuh berkat, sahabat-sahabat terkasih. Hari ini, kita berkumpul dalam sukacita yang besar untuk merayakan cinta yang telah diberkati oleh Tuhan. Pernikahan adalah momen sakral dan suci yang telah direncanakan oleh-Nya sejak awal penciptaan.

Ketika kita memandang satu sama lain hari ini, kita melihat bukti nyata dari kasih setia dan kemurahan Tuhan. Kita mengenang Firman-Nya dalam Kejadian 2:24, yang berbicara tentang kedua belah pihak yang menjadi satu: “Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan istrinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.”

Kita juga mengingat kata-kata indah yang diberikan oleh Rasul Paulus dalam 1 Korintus 13, yang menggambarkan kasih yang sempurna: “Kasih itu sabar dan murah hati; kasih itu tidak cemburu; tidak sombong; tidak congkak; tidak melakukan yang tidak sopan; tidak mencari keuntungan diri sendiri; tidak pemarah; tidak mengingat kesalahan orang lain; tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi bersukacita karena kebenaran. Kasih itu menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, menaruh segala sesuatu, menantikan segala sesuatu.”

Hari ini, [sebutkan nama pasangan] memasuki ikatan suci ini dengan harapan, cinta, dan tekad yang mendalam. Kami, sebagai saudara dan keluarga, turut bersukacita dan berdoa untuk mereka. Marilah kita bersama-sama memberikan mereka dukungan, cinta, dan doa dalam perjalanan pernikahan ini.

Kepada [nama pasangan], kami berpesan agar kalian selalu menjadikan Tuhan sebagai dasar dan pusat pernikahan kalian. Biarkan kasih Kristus menjadi pedoman kalian dalam setiap langkah. Ketika kalian menghadapi cobaan dan suka cita, ingatlah bahwa kalian bukanlah sendirian. Tuhan akan selalu bersama kalian, dan dengan-Nya, segala sesuatu mungkin.

Semoga pernikahan kalian penuh dengan kebahagiaan, kedamaian, dan berkat. Marilah kita bersama-sama merayakan momen ini dengan penuh sukacita, dan semoga kasih kalian terus berkembang menjadi sesuatu yang indah dan abadi. Terima kasih.

6. Sambutan Nikahan Singkat yang Menyentuh Hati

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah Swt. yang telah memberikan karunia-Nya kepada keluarga kami pada hari yang berbahagia ini. Di hadapan Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, kami dengan penuh kebahagiaan menyambut acara sakral pernikahan putra kami, [nama mempelai pria], dan putri kesayangan keluarga kami, [nama mempelai wanita].

Pernikahan adalah ikatan suci yang disyariatkan oleh Allah Swt., sebagai landasan bagi terbentuknya keluarga sakinah, mawaddah, warahmah. Dengan adanya pernikahan ini, kami sebagai keluarga mempelai merasa sangat bersyukur dan bahagia atas langkah yang diambil oleh kedua mempelai untuk membangun rumah tangga yang berdasarkan cinta dan kasih sayang.

Kami berharap pernikahan ini menjadi awal dari perjalanan yang penuh keberkahan, kesetiaan, dan kebahagiaan bagi kedua mempelai. Semoga cinta dan kebersamaan senantiasa menguatkan hubungan mereka, serta semoga rumah tangga mereka dilimpahi dengan berkah, rahmat, dan hidayah-Nya.

Kepada seluruh hadirin yang terhormat, kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan doa restu yang telah diberikan. Mari kita bersama-sama mendoakan agar pernikahan ini menjadi berkah bagi kedua mempelai dan keluarga kami.

Semoga acara pernikahan ini berjalan dengan lancar dan penuh kebahagiaan.

Akhir kata, kami mengucapkan selamat menempuh hidup baru kepada [nama mempelai pria] dan [nama mempelai wanita]. Semoga Allah Swt. senantiasa memberkahi dan melindungi perjalanan hidup kalian berdua. Aamiin.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

7. Sambutan Acara Pernikahan Pendek

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahi rabbil’alamin, was salamu’alaa asrafil anbiyaii wal mursalin sayidinaa wamaulana Muhammadin walaa alihi wahsahbihi ajma’iin ama ba’du.

Yang terhormat …..
Yang terhormat …..
Yang terhormat …..

Kami dari keluarga mempelai dengan rendah hati ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus kepada seluruh tamu undangan yang hadir di acara pernikahan ini.

Sungguh suatu kebahagiaan bagi kami dapat berbagi momen istimewa ini bersama-sama dengan kalian semua.

Kami berdoa semoga kebahagiaan dan kesuksesan selalu menyertai perjalanan hidup pasangan pengantin baru, Yanto dan Yanti.

Mari kita bersama-sama mendoakan agar rumah tangga mereka selalu dipenuhi dengan kasih sayang, keharmonisan, dan keberkahan.

Sekali lagi, terima kasih atas kehadiran dan doa restu yang telah kalian berikan. Semoga Allah Swt. senantiasa memberkahi langkah-langkah kita semua.

Kepada Bapak/Ibu/Saudara/i sekalian, kami ucapkan terima kasih atas kehadiran dan doa restunya. Semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Allah Swt..

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

8. Contoh Sambutan Nikah PDF

Download kata kata sambutan nikah tersebut di sini.

9. Contoh Sambutan Nikah Sedih

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Para hadirin yang kami hormati, sebelumnya saya mohon maaf jika kata-kata saya nanti akan terasa berat.

Hari ini [nama mempelai] dan [nama mempelai] melangkah menuju jenjang pernikahan. Perasaan bahagia bercampur haru tentunya menyelimuti hati kita semua. Bahagia karena mereka berdua telah menemukan belahan jiwa, namun haru karena [sebutkan alasan kesedihan, misal: perjalanan cinta mereka yang berliku, kehilangan orangtua mempelai, dll].

Meskipun [sebutkan alasan kesedihan lagi], kami berharap pernikahan ini menjadi awal yang baik bagi [nama mempelai] dan [nama mempelai]. Semoga mereka saling menguatkan, menghadapi suka dan duka bersama, serta membangun rumah tangga yang penuh berkah.

Mari kita doakan yang terbaik untuk mereka berdua.

Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

10. Contoh Kata Sambutan Pernikahan Islami

Download sambutan nikah islami tersebut di sini.

***

Demikian kata sambutan pernikahan singkat dan bermakna.

Semoga bermanfaat bagi Property People, ya.

Jangan lupa, simak informasi menarik lainnya di artikel.rumah123.com.

Kalau kamu ingin ngobrolin seputar properti, kunjungi Teras123 sekarang juga.

Cek pula rumah incaranmu hanya lewat Rumah123.

Yuk, wujudkan punya hunian terbaik karena yang kamu butuhkan #SemuaAdaDisini.

**gambar cover: meteorsumatera.com


Tag: , ,


Ilham Budhiman

Lulusan Sastra Daerah Unpad yang pernah berkarier sebagai wartawan sejak 2017 dengan fokus liputan properti, infrastruktur, hukum, logistik, dan transportasi. Saat ini, fokus sebagai penulis artikel di 99 Group.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA