OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Jokowi Resmikan Jalur Kereta Api Makassar-Parepare, Industri Properti di Makassar Makin Potensial

04 April 2023 · 4 min read Author: Insan Fazrul

jalur kereta api makassar-parepare

sumber: kai.id

Presiden Jokowi belum lama ini meresmikan jalur kereta api Makassar-Parepare. Hal ini pun dinilai banyak pihak semakin meningkatkan pesona Kota Makassar khususnya di sektor properti.

Peresmian pengoperasian jalur kereta api Makassar-Parepare yang langsung dilakukan oleh Presiden Joko Widodo diselenggarakan di Depo Kereta Api Maros, Kabupaten Maros, pada Rabu, 29 Maret 2023.

Lewat sambutannya Jokowi mengungkapkan bahwa transportasi merupakan hal dasar yang perlu dibangun di sebuah kota.

Menurutnya, pembangunan transportasi publik di kota-kota Indonesia relatif terlambat.

“Hampir di semua pulau besar kemudian di kota-kota, utamanya ibu kota kita ini terlambat dalam membangun transportasi publik, transportasi massal utamanya terlambat, padahal itu hal yang sangat basic untuk menghubungkan antarprovinsi, antarkota dan kabupaten,” ungkap Presiden, dilansir laman presidenri.go.id.

Tak pelak, pengoperasian jalur kereta api Makassar-Parepare membuat sang presiden senang.

Jokowi juga mengungkap bila jalur kereta api Trans Sulawesi bisa tersambung dari Makassar hingga Manado.

“Saya sangat senang dan menghargai apa yang sudah kita mulai ini jalur kereta api Trans-Sulawesi yang nantinya insyaallah akan sambung menyambung dari Makassar sampai ke utara di Sulawesi Utara di Manado,” tambahnya.

Adanya jalur kereta api di kawasan Makassar-Parepare, membuat Jokowi yakin Indonesia akan mampu bersaing dengan negara lain perihal transportasi publik.

“Ini kalau nanti betul-betul sudah (ada) keretanya banyak, ada untuk penumpang, ada untuk wisata, ada untuk barang, ini akan memberikan daya saing, competitiveness negara kita akan makin baik karena barang diangkut dengan alat transportasi yang murah bukan oleh yang lain-lainnya,” ujar sang presiden.

Jokowi: Pembangunan Kereta Api di Makassar Merupakan Hal Besar

jokowi meresmika jalur kereta api makassar

sumber: instagram.com/jokowi

Di kesempatan yang sama Jokowi menerangkan, pembangunan moda transportasi kereta api di Makassar hingga Parepare merupakan hal yang besar.

 “Ini memang bagian kereta api ini adalah bagian dari pekerjaan besar kita untuk trans lintas Sulawesi dari Selatan, di Makassar, sampai nanti di Utara, di Manado, Sulawesi Utara,” jelasnya.

Jokowi berharap, nantinya kehadiran kereta api di daerah Makassar dan sekitarnya bisa mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

“Pekerjaan ini masih panjang sekali dan ini adalah kereta api pertama di Sulawesi, sehingga kita harapkan orang tidak lagi berbondong-bondong semuanya memakai mobil pribadi, memakai kendaraan pribadi. Tapi karena kereta apinya bagus, nyaman, dingin, bersih, orang akan berpindah sehingga jalanan tidak macet,” ujar Jokowi.

Industri Properti di Makassar Makin Potensial

Pembangunan kereta api pertama di Sulawesi ini tak pelak mampu meningkatkan konektivitas antarwilayah di Sulawesi dan memudahkan mobilitas masyarakat.

Dampaknya, bukan hanya aksesibilitas yang makin baik, tapi di sisi lain juga turut mengangkat potensi industri properti di wilayah Sulawesi, khususnya Makassar.

Para pencari maupun investor properti bisa menyasar wilayah Makassar karena memiliki ceruk pasar yang masih lebar.

Hal ini pun senada dengan laporan Flash Report 99 Group bulan Maret yang menyebutkan Makassar sebagai kota dengan kenaikan harga properti tahunan tertinggi sebesar 7 persen.

Bahkan, Makassar pun mencatatkan kenaikan positif secara month-on-month di mana pada bulan Maret lalu naik sebesar 4,1 persen.

Salah satu alasan utama positifnya tren harga properti di Makassar yaitu karena kota ini lokasinya sangat strategis dan menjadi gerbang dari dan ke Indonesia Timur.

Selain memiliki jalur kereta api baru, Kota Makassar pun dilengkapi dengan fasilitas pelabuhan Makassar New Port; keduanya termasuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Banyaknya keunggulan yang dimiliki Makassar pun membuat berbagai pengembang properti terkemuka Indonesia berlomba-lomba melebarkan sayapnya ke wilayah ini.

***

Semoga bermanfaat, Property People.

Simak ulasan lainnya di artikel.rumah123.com.

Jangan lupa ikuti Google News dari Rumah123.com untuk menemukan berbagai informasi paling baru.

Grand Asritama Cihanjuang bisa menjadi opsi tepat bila kamu sedang berburu hunian di daerah Bandung dengan lingkungan yang asri dan sejuk.

Klik Rumah123.com untuk informasi lebih lanjut karena kami selalu #AdaBuatKamu.

Cek sekarang juga!

***sumber foto: kai.id


Tag: , ,


insan

Content Writer

Sejak kuliah sudah aktif menulis di Pers Kampus. Usai lulus, Insan menjadi penulis lepas yang fokus dengan topik gaya hidup dan sepak bola. Kini, menulis di 99 Group dengan membahas properti, pendidikan, gaya hidup, hingga teknologi.
Selengkapnya