OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Investasi Properti di Batam Dinilai Makin Prospektif, Ini Alasannya!

31 Mei 2023 · 3 min read Author: Ilham Budhiman

investasi properti di batam

investasi properti di batam | shutterstock.com

Nilai jual investasi properti di Batam, Kepulauan Riau, diyakini meningkat seiring dengan pembangunan infrastuktur di kawasan tersebut.

Hal ini diungkapkan Kepala BP Batam Muhammad Rudi yang mengatakan bahwa Batam jadi salah satu daerah yang berkembang menjadi kota modern.

Apalagi, Badan Pengusahaan (BP) Batam telah berupaya untuk membangun sarana infastruktur jalan, bandara, dan pelabuhan untuk menunjang pariwisata atau investasi.

“Kota Batam akan kita bangun menjadi suatu kota modern. Kalau sudah menjadi kota modern tidak mungkin kita baru persiapkan diri. Maka momentumnya adalah sekarang ini,” kata Kepala BP Batam Muhammad Rudi, melansir Bisnis.com.

Lantas, mengapa investasi properti Batam dinilai prospektif? Simak informasinya!

Alasan Nilai Properti di Batam Meningkat

investasi properti di batam

Sumber: Kompas.com

Nilai properti di Batam dinilai akan meningkat dengan didorongnya sejumlah pembangunan infrastruktur.

Dengan begitu, hal tersebut dapat mendongkrak harga properti di kawasan tersebut.

“Sebagai contoh, harga properti yang berada di kota modern, tidak akan mungkin sama dengan harga properti disaat suatu kota yang belum modern,” kata Rudi.

Menurut Rudi, sejumlah pembangunan tengah dijalankan untuk menuju Batam sebagai kota baru dan modern.

Mulai dari pembangunan Terminal 2 Bandara Hang Nadim, infrastruktur jalan, pembangunan Pelabuhan Batu Ampar, Rumah Sakit Internasional hingga transportasi modern berupa Light Rapid Transit (LRT).

“Dengan dibangunnya LRT maka Kota Batam merupakan satu-satunya kota tingkat 2 yang punya LRT di Indonesia. Pembangunan yang dibangun daerah sendiri,” ujarnya.

Pembangunan Infastruktur Jalan Gencar Dilakukan

investasi properti di batam

Sumber: batam.go.id

Aksesibilitas merupakan salah satu hal penting untuk mendorong nilai properti suatu kawasan.

Oleh karena itu, sejumlah infrastruktur jalan di Batam tengah gencar dibangun.

Rudi menargetkan, tahun 2029 seluruh infrastruktur di Batam sudah rampung baik pembangunan jalan utama hingga pembangunan jalan-jalan di perumahan.

“Maka saya berharap masyarakat Karimun yang ada di Tanjungpinang dan Bintan harus menikmati dulu. Belilah (properti) karena harganya masih murah. Silakan nikmati Kota Batam yang kita cintai ini,” tuturnya.

Proyek Percontohan Nasional

Ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Khusus Batam Achyar Arfan mengatakan bahwa pembangunan fisik memberikan manfaat positif untuk mendorong nilai jual properti.

Dengan begitu, properti di Batam dapat menarik minat warga asing membeli properti.

Terkait kepemilikan properti bagi warga negara asing (WNA), Achyar menyatakan bahwa saat ini Batam menjadi proyek percontohan level nasional.

“Ini yang juga kita dorong agar developer mengambil peluang ini. Batam adalah daerah yang paling bisa menerapkan hal ini. Dan syaratnya juga dipermudah, cukup paspor. Sedangkan dulu kan wajib Kitas. Kami berharap tahun ini bisa launching properti untuk WNA,” kata dia melansir Bisnis.com.

Selain itu, untuk mendorong investasi properti di Batam, dia berharap agar developer lokal dapat melantai di bursa saham.

Menurutnya, baru dua perusahaan properti di Batam yang tercatat di bursa saham.

“Ini peluang bagus dalam mempromosikan usaha properti di Batam. Jangan mau kalah bersaing dengan perusahaan properti yang besar. Batam pun pasti bisa,” katanya.

***

Semoga bermanfaat, Property People.

Baca informasi lain seputar investasi properti di artikel.rumah123.com.

Selain itu, simak ulasan menarik terkait tips dan desain melalui Google News.

Jika sedang mencari properti di Batam, temukan hanya di www.rumah123.com.

Kini, mencari hunian makin mudah karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , ,


Ilham Budhiman

Lulusan Sastra Daerah Unpad yang pernah berkarier sebagai wartawan sejak 2017 dengan fokus liputan properti, infrastruktur, hukum, logistik, dan transportasi. Saat ini, fokus sebagai penulis artikel di 99 Group.
Selengkapnya