OK

Investasi Lahan Parkir Lebih Menguntungkan Dibandingkan Investasi Apartemen, Mau Alih Profesi Jadi Tukang Parkir?

02/03/2022 by Dodiek Dwiwanto

investasi lahan parkir

Investasi lahan parkir di Hong Kong ternyata menguntungkan, bahkan dibandingkan dengan investasi apartemen, kenaikan harga parkir bisa tiga kali lipat.

Bisnis dan ekonomi sudah pasti terkait dengan supply and demand alias pasokan dan permintaan.

Buat kamu pernah belajar ekonomi di sekolah menengah atau ketika kuliah pastinya belajar mengenai hal ini.

Saat pasokan terbilang sedikit dan permintaan yang terlalu banyak, harga produk akan melambung tinggi, bukan? Bahkan, harganya bisa bikin geleng-geleng kepala.

Perusahaan investasi dan sekuritas Mizuho Securities Asia melakukan riset yang tidak biasa, pokoknya unik.

Riset ini mengenai kenaikan harga apartemen dibandingkan dengan harga parkir di Hong Kong. Mungkin buat awam, riset ini memang unik.

Tetapi, untuk informasi, harga lahan parkir satu mobil di Hong Kong memang mahal. Harganya bisa sama atau malah lebih mahal dari harga apartemen.

Investasi Lahan Parkir Naik Tiga Kali Lipat Dibandingkan Investasi Apartemen

Mizuho Securities Asia melakukan riset dengan membandingkan tiga hunian yang dibangun oleh perusahaan pengembang swasta.

Developer tersebut adalah Provident Garden di North Point, Mei Foo Sun Chuen di Lai Chi Kok, dan Island Harbourview di Tai Kok Tsui.

Dalam enam tahun terakhir, harga hunian vertikal atau apartemen di tiga lokasi ini sudah mencapai 52 persen!

Gila ya investasi properti, harga naik lebih dari separuh dalam tempo enam tahun saja. Inilah enaknya investasi properti.

Namun, yang mengagetkan adalah harga lahan parkir malah naik lebih gila-gilaan lagi! Mau tahu berapa angkanya? Kenaikannya mencapai 167 persen!

Kenaikan harga hunian di Provident Garden terbilang tidak sebesar rata-rata, hanya 37 persen.

Nah, mau tahu kenaikan harga lahan parkirnya berapa persen? Harganya naik meroket hingga 257 persen! Investasi lahan parkir di Hong Kong memang menjanjikan ya.

Harga Lahan Parkir di Hong Kong Memang Mahal Banget

Riset Mizuho Securities Asia ini juga mengungkapkan kalau harga lahan parkir di Hong Kong bisa mengalahkan harga hunian dalam 12 tahun terakhir.

Hal ini tidak mengherankan. Pada Juni 2017, sebuah lahan parkir di Upton, Sai Ying Pun terjual dengan harga 5,18 juta dollar Hong Kong (Rp8,9 miliar).

Catat ya, ini untuk satu mobil doang lo, sekaligus membuktikan kalau investasi lahan parkir bisa menggiurkan.

Sementara itu, data dari Rating and Valuation Department Hong Kong mengungkapkan kalau dalam periode yang sama, harga rata-rata rumah second naik 84 persen.

“Sepertinya hal normal kalau menemukan lahan parkir memiliki nilai transaksi di atas 2 juta dollar Hong Kong (Rp3,4 miliar) atau 256.000 dollar AS (Rp3,4 miliar) dan harga 1 juta dollar Hong Kong (Rp1,7 miliar) mulai menjadi nilai awal untuk satu lahan parkir mobil di Hong Kong,” ujar analis properti Mizuho Securities Asia, Alun Jin seperti dilansir oleh South China Morning Post.

Wow, lahan parkir lebih mahal dari hunian? Mungkin hanya terjadi di Hong Kong ya, investasi lahan parkir begitu menjanjikan.

Kamu tertarik hijrah ke Hong Kong, sepertinya jadi juragan parkir bisa jadi profesi dengan masa depan cerah lo. Berani pindah?

Jangan lupa membaca artikel Rumah123.com untuk mendapatkan berita, tips, atau panduan yang menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Laman ini juga memudahkan bagi para pencari properti, penjual properti, hingga sekadar mengetahui informasi, karena Rumah123.com memang #AdaBuat Kamu.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti, hanya di Rumah123.com dan 99.co.


Tag: , ,


Dodiek Dwiwanto

Dodiek Dwiwanto

Penulis sekaligus Editor Rumah123.com. Hobi menonton tayangan desain rumah dan gaya hidup di HGTV saat senggang.

Lagi mencari tahu dan belajar soal investasi saham properti dan crowdfunding. Siapa tahu jadi investor.