penyakit tanda akhir zaman

Tanda-tanda akhir zaman banyak disebutkan dalam Al-Qur’an dan hadis, di antaranya adalah dua penyakit yang sudah diperingatkan oleh Rasulullah saw. Apa saja dua penyakit itu?

Sebagaimana kita ketahui, beberapa tanda pasti akhir zaman menurut Al-Qur’an adalah kemunculan Dajjal, Imam Mahdi, Nabi Isa AS, dan terbitnya matahari dari barat.

Meski demikian, tanda-tanda kiamat tidak hanya seputar kemunculan tokoh-tokoh yang disebutkan dalam Al-Qur’an dan perubahaan kondisi Bumi.

Salah satu tanda-tanda kiamat juga berbentuk perubahaan dari sikap serta perilaku umat manusia.

Rasulullah bersabda “‘Umatku akan ditimpa penyakit yang pernah menimpa umat terdahulu.’ Sahabat bertanya, ‘apakah penyakit umat terdahulu itu.’ Beliau menjawab ‘Penyakit itu telah terlalu banyak seronok, terlalu mewah, menghimpun harta sebanyak mungkin, tipu menipu dalam merebut harta benda dunia, saling memarah, hasut-menghasut sehingga jadi zalim menzalimi.’” (HR. Al-Hakim). 

Dua peyakit akhir zaman sebagaimana disebutkan oleh Rasulullah saw adalah cinta dunia dan takut mati atau dikenal dengan istilah penyakit wahn.

Kita semua pasti menyadari bahwa dua hal tersebut sudah mulai banyak terlihat di kalangan muslim modern saat ini.

Penyakit Tanda Akhir Zaman Menurut Rasulullah

penyakit tanda akhir zaman jurnalvibes.com

Penyebab utama munculnya penyakit wahn ini adalah kekosongan rohani yang kemudian menimbulkan kecintaan berlebihan terhadap dunia dan ketakutan terhadap kematian.

1. Cinta Dunia

Seperti yang telah disebutkan di atas, penyakit tanda akhir zaman yang pertama adalah cinta dunia.

Penyakit inilah yang membuat umat Islam lemah dan tidak berdaya.

Sejatinya, sudah banyak diperingatkan bahwa manusia di dunia ini hanya sebatas singgah dan bukan sebagai tujuan akhir.

Apabila seorang muslim memiliki penyakit terlalu cinta dunia, maka ia akan lupa terhadap tugasnya untuk beribadah kepada Allah Swt.

Dengan demikian, hasrat serta ambisi besar untuk mengejar dunia akan menggelapkan pikiran muslim.

2. Takut Mati

Penyakit tanda akhir zaman yang kedua adalah takut mati yang disebabkan oleh lemahnya iman dalam diri.

Pada dasarnya, orang-orang yang takut dengan ajal adalah orang-orang yang menyadari bahwa mereka memiliki amal yang sedikit dan takut akan balasan di akhirat.

Terkait hal ini, para ulama menggolongkan rasa takut akan kematian menjadi dua golongan:

  1. Takut yang tidak tercela: ketakutan ini bersifat tabiat dan dimiliki oleh setiap manusia
  2. Takut yang tercela: ketakutan ini disebabkan oleh lemahnya iman

Jangan lupa membaca artikel Rumah123.com untuk mendapatkan berita, tips, atau panduan yang menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Laman ini juga memudahkan bagi para pencari properti, penjual properti, hingga sekadar mengetahui informasi, karena Rumah123.com memang #AdaBuat Kamu.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti, hanya di Rumah123.com dan www.99.co/id.

Dapatkan hunian terbaik, salah satunya di Srimaya Residence!

Bagikan:
2505 kali