OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti

Polri Mengatakan Infrastruktur Jalan Belum Siap untuk 123 Juta Pemudik. Apa Kata PUPR?

29 Maret 2023 · 3 min read · by Shafira Chairunnisa

infrastruktur jalan

sumber: voi.id

Menjelang masa-masa mudik, apakah infrastruktur jalan di Indonesia siap menampung kapasitas transportasi tinggi? Ini kata polri dan PUPR!

Di Indonesia, Idulfitri biasanya dibarengi dengan mudik atau orang-orang yang beperjalanan jauh demi pulang ke kampung halamannya.

Ketika masa-masa mudik, infrastruktur jalan harus dalam kondisi prima karena akan ada banyak kendaraan yang turun ke jalanan.

Namun, polri mengatakan pada tahun 2023 masih banyak jalan yang belum siap untuk menampung pemudik.

Mendengar pendapat ini, apa jawaban dan aksi yang dilakukan PUPR?

Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Infrastuktur Jalan Belum Siap untuk Menampung Pemudik

infrastruktur jalan lebaran 2023

sumber: suarasurabaya.net

Melansir dari kbr.id, Polri mengungkapkan ada banyak kekurangan yang ditemukan di sepanjang jalur arteri pantai utara (Pantura) dan pantai selatan (Pansela).

Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri, Aan Suhanan, menjelaskan, kekurangan tersebut berupa penyempitan jalan, penerangan jalan, hingga proyek perbaikan yang belum selesai.

Hal tersebut ditemukan oleh Polri dari survei Korlantas sejak Januari hingga Februari 2023.

“Banten sampai Sukabumi itu 12 jam kurang lebih pada saat survei, namun mulus jalannya. Kemudian beberapa jalan juga ada penyempitan. Untuk lampu penerangan dan sebagainya belum kita rekomendasikan. Kemudian di Pantura sendiri masih ada beberapa pekerjaan proyek jalan maupun jembatan yang belum selesai dan yang tidak akan selesai sampai lebaran nanti itu ada satu jembatan di daerah Brebes. Sudah diantisipasi karena nanti bisa difungsikan untuk jembatan tersebut namun belum maksimal,” kata Aan, melansir dari kbr.id, Selasa (28/3/2023).

Meski demikian, Aan memprediksi kemungkinan 50 persen pemudik akan melakukan mobilitas lewat tol sehingga masalah ini tidak akan membuat kemacetan tinggi.

Namun, Aan tetap meminta pengelola jalan untuk terus mempersiapkan dan menyelesaikan infrastruktur jalan untuk bisa mengantisipasi lonjakan pemudik.

PUPR Optimis Semua Jalan Sudah Dalam Kondisi Baik

infrastruktur jalan untuk pemudik

sumber: setkab.go.id

Di lain sisi, PUPR optimis dan mengatakan hampir semua jalan di Indonesia dapat dilalui pemudik dengan mudah karena sudah dalam kondisi baik.

Melansir dari jawapos.com, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian sudah memastikan semua kondisi jalan berada dalam kondisi mantap menjelang mudik Lebaran 2023.

“Saat ini, kondisi jalan nasional di Pulau Jawa sepanjang 4.821 km terbagi atas Lintas Utara Jawa 1.192 km dengan kondisi mantap 92 persen dan Jalan Lintas Pantai Selatan Jawa 1.543 km dengan kondisi mantap 93 persen,” kata Hedy, melansir dari jawapos.com, Selasa (28/3/2023).

Menjelang momentum Lebaran, PUPR juga terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak demi kesiapan dan kenyamanan pelayanan jalan nasional dan jalan tol.

“Kementerian PUPR akan terus melakukan evaluasi dengan pihak-pihak terkait untuk penyempurnaan dan untuk perbaikan layanan, khususnya transportasi jalan dalam menghadapi persiapan lebaran di tahun ini,” tandasnya.

***

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, ya.

Temukan artikel menarik lainnya hanya di artikel.rumah123.com

Sedang mencari hunian di sekitar Jakarta? Jakarta Garden City mungkin bisa jadi pilihan menarik lainnya, lo.

Dapatkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan properti, karena Rumah123.com akan selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , , , ,