OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Menteri PUPR Ungkap Tiga Faktor Kelancaran Mudik Tahun 2023. Apa Saja?

17 April 2023 · 3 min read Author: Shafira Chairunnisa

faktor kelancaran mudik

sumber: momotor.id dan voi.id

Mudik lebaran biasanya identik dengan kemacetan dan kepadatan lalu lintas. Namun, menurut menteri PUPR, jika tiga faktor kelancaran mudik ini terpenuhi, perjalanan mudik pasti jadi lebih lancar!

Melansir dari kompas.com, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, menyampaikan faktor yang bisa melancarkan mudik lebaran 2023.

Ketiga faktor tersebut adalah prasarana, dukungan regulasi, dan perilaku masyarakat yang mampu menaati peraturan berikut.

Dengan terpenuhinya ketiga faktor tersebut, mudik tak lagi menjadi fenomena yang memacetkan dan memadatkan jalan-jalan di seluruh Indonesia.

Simak penjelasan selengkapnya terkait faktor kelancaran mudik tahun 2023 di bawah ini!

Faktor Kelancaran Mudik Tahun 2023

faktor kelancaran mudik lebaran

sumber: momobil.id

Kesiapan Infrastruktur Mudik

Melansir dari kompas.com, faktor pertama kelancaran mudik lebaran tahun 2023 menurut Basuki adalah kesiapan infrastruktur mudik.

Beragam infrastruktur mudik tersebut di antaranya adalah jalan, bandara, jalan rel kereta, pelabuhan, dan dermaga penyeberangan.

Jika infrastruktur tersebut telah siap menampung pemudik, sudah dipastikan perjalanan pemudik bisa lebih lancar.

“Indikator utama keberhasilan prasarana transportasi adalah safer, faster, dan cheaper dan itu semua bisa dicapai paling tidak dengan menyiapkan jalan nasional, 70 ruas tol operasional, serta 11 ruas tol fungsional di Pulau Jawa dan 4 jalan tol di Pulau Sumatera,” jelas Basuki melansir dari kompas.com, Senin (17/4/2023).

Pemerintah pun turut melakukan beragam hal untuk meningkatkan kesiapan infrastruktur, seperti memperluas jalan, membangun rest area, memperbaiki jalan nasional, dan pelebaran jalan tol.

“Mudah-mudahan dengan dukungan prasarana infrastruktur yang lebih baik, Mudik tahun 2023 ini bisa terlaksana seperti harapan yang disampaikan Bapak Presiden Jokowi, yakni mudik aman, nyaman, berkesan positif,” ujarnya.

Regulasi dan Manajemen oleh Pemerintah

Faktor berikutnya yang bisa memperlancar mudik lebaran adalah regulasi dan manajemen arus mudik yang dipersiapkan oleh pemerintah dan para operator mudik.

Beragam regulasi yang dibuat untuk mudik di antaranya adalah cuti bersama, diskon tarif tol atau tiket pesawat, serta manajemen lalu lintas oleh Kepolisian.

“Misalnya untuk ruas tol fungsional Cisumdawu diterapkan trafic manajemen oleh pihak Korlantas berupa pengaturan jam buka-tutup ruas tol nya hanya pada saat terang,” jelas Basuki.

Perilaku Pengguna Prasarana Mudik

Terakhir, Basuki mengatakan faktor kelancaran mudik adalah perilaku pengguna prasarana mudik.

Faktor ini terdiri dari perencanaan dan persiapan mudik serta perilaku pengendara ketika mudik.

“Untuk itu, para pemudik harus tertib dan disiplin untuk menaati aturan yang berlaku dan mengikuti petunjuk petugas di lapangan, sehingga perjalanan mudik bisa menjadi lebih aman dan nyaman,” pungkas Menteri PUPR.

***

Semoga ulasannya bermanfaat, ya, Property People.

Dapatkan informasi beragam topik hanya di artikel.rumah123.com.

Yuk, follow Google News Rumah123.com sekarang juga untuk mendapatkan berita terbaru!

Jika sedang mencari rumah untuk keluarga, www.rumah123.com adalah solusi yang tepat.

Ya, kini mencari properti semakin mudah karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , , , ,


Shafira Chairunnisa

Content Writer

Lulusan Hubungan Internasional di Universitas Katolik Parahyangan dan pernah bekerja sebagai jurnalis di media nasional. Sekarang fokus menulis tentang properti, gaya hidup, desain, dan politik luar negeri. Senang bermain game di waktu senggang.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA