OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

10 Teks Doa Syukuran Singkat Arab, Latin, dan Artinya Lengkap

06 Desember 2023 · 7 min read Author: Ilham Budhiman · Editor: Elmi Rahmatika

doa syukuran

Dalam agama Islam, ungkapan rasa syukur dibarengi dengan doa syukuran yang bertujuan untuk mensyukuri nikmat Allah Swt. Inilah kumpulan doa yang bisa kamu panjatkan, Property People.

Dalam surat Al-Baqarah ayat 152, seorang muslim hendaknya selalu bersyukur atas nikmat Allah.

Umat Islam harus selalu bersyukur dalam keadaan apa pun sehingga akan mendapat balasan yang setimpal dari Allah.

Menurut buku Dahsyatnya Energi Syukur, Istigfar, Muhasabah oleh Muhammad Azhar, syukur dalam Islam memiliki artian yang lain.

Syukur artinya mengakui nikmat kepada yang memberi nikmat dan menyatakannya secara rabubiyahnya.

Menurut buku Ajaibnya Tafakkur & Tasyakkur untuk Percepatan Rezeki oleh Ahmad Zainal Abidin, syukur adalah ungkapan rasa terima kasih kepada Allah Swt. karena telah diberikan sebuah kenikmatan.

Nah, kalau kamu hendak melakukan syukuran karena memiliki rumah baru hingga usaha baru, sudah hafal teks doanya?

Berikut teks doa syukuran ulang tahun dan lainnya yang dilansir dari berbagai sumber.

10 Doa Syukuran Singkat Lengkap

1. Doa Syukuran Ulang Tahun

doa syukuran ulang tahun

Shutterstock

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma thawal ‘umurana washah ajsadana wanawir qulubana watsabit imanana wa ahsan u’malana wawasi’ arzaqana wa ilalkhoiri qarabna wa ‘anisy syahri ab’idna waqdhi khawaijana fid daini wad dunnya wal akhirat innaka ‘ala kuli syai’in qadir.

“Ya Allah panjangkanlah umur kami, sehatkanlah badan kami, terangilah hati kami, kuatkanlah hati kami, baikkanlah amal kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami dengan kebaikan dan jauhkanlah kami dengan kejahatan. Kabulkanlah semua kebutuhan kami dalam agama di dunia ataupun di akhirat. Sesungguhnya hanya Engkaulah Yang Maha Kuasa atas segala-galanya.”

2. Doa Syukuran Rumah (Doa Syukuran Menempati Rumah Baru)

doa syukuran

Shutterstock

رَّبِّ أَنزِلْنِى مُنزَلًا مُّبَارَكًا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْمُنزِلِينَ

Rabbi anzilnī munzalam mubārakaw wa anta khairul-munzilīn.

“Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik Yang memberi tempat.”

3. Syukuran Motor Baru dalam Islam

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهُ وَخَيْرَ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ

Allâhumma innî as’aluka khairahû wa khaira mâ jubila alaih. Wa a‘ûdzubika min syarrihî wa syarri mâ jubila alaih.

“Tuhanku, kepada-Mu aku memohon kebaikannya (kendaraan ini) dan kebaikan sifat yang diciptakan untuknya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya (kendaraan ini) dan keburukan sifat yang diciptakan untuknya.”

4. Doa Syukuran Kelahiran Anak

doa syukuran

Shutterstock

Allahummaj‘al awladana awladan sholihiin haafizhiina lil qur’ani wa sunnati fuqaha fiddin mubarokan hayatuhum fid-dun-ya wal akhirah

“Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholeh sholehah, termasuk orang-orang yang hafal Al-Qur’an maupun sunnah, orang-orang yang paham dalam agama, sehingga dibarokahi kehidupan mereka di dunia dan akhirat.”

5. Doa Syukuran Khitanan

اَللَّهُمَّ هَذِهِ سُنَّتُكَ وَسُنَّةُ نَبِيِّكَ، صَلَوَاتُكَ عَلَيْهِ وَآلِهِ، وَاتِّبَاعٌ مِنَّا لِنَبِيِّكَ، بِمَشِيْئَتِكَ وَإِرَادَتِكَ وَقَضَائِكَ لِأَمْرٍ أَرَدْتَهُ وَقَضَاءٍ حَتَمْتَهُ، وَأَمْرٍ أَنْفَذْتَهُ، وَأَذَقْتَهُ حَرَّ اْلحَدِيْدِ فِيْ خِتَانِهِ وَحِجَامَتِهِ بِأْمْرٍ أَنْتَ أَعْرَفُ بِهِ مِنِّيْ

Allāhumma hādzihī sunnatuka wa sunnatu nabiyyika, shalawātuka ‘alayhi wa ālihī, wat tibā’un minnā li nabiyyika, bi masyī’atika, wa irādatika, wa qadhā’ika li amrin aradtahū, wa qadhā’in hatamtahū, wa amrin anfadztahū, wa adzaqtahū harral hadīdi fī khitānihī wa hijāmihī bi amrin anta a’rafu bihī minnī.

“Ya Allah, ini adalah sunnah-Mu dan sunnah nabi-Mu. Semoga rahmat tercurah padanya dan keluarganya. Dan kami mengikuti nabi-Mu dengan kehendak-Mu dan qadha-Mu. Karena suatu hal yang Engkau inginkan. Karena suatu hal ketentuan yang Engkau tetapkan. Karena suatu perkara yang Engkau laksanakan, dan Engkau merasakan padanya panasnya besi dalam khitan dan bekamnya karena suatu perkara yang Engkau lebih tahu dari aku.”

6. Doa Syukuran Berangkat Umroh

وَأَتِمُّوا۟ ٱلْحَجَّ وَٱلْعُمْرَةَ لِلَّهِ

Wa atimmul-ḥajja wal-‘umrata lillāh.

“Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umroh karena Allah.”

7. Doa Syukuran Buka Usaha

Allahumma innii as aluka an tarzuqanii rizqan halaalan waasi’an thayyiban min ghairi ta’bin wa laa masyaqqatin wa laa dhairin wa laa nashabin innaka ‘alaa kulli syaiin qadiir.

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, luas, dan tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan, dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.”

8. Doa Syukuran 4 Bulanan

“Allahummahfazh waladii ma daama fii bathnii. Wasyfihi ma’ii. Anta asy-syaafii laa syifaa’an illa syifaa ‘uka syifaa ‘an laa yughaadiru saqamaa. Allahumma showwirhu hasanatan watabbit qalbahuu iimaanambika wabirasuulika. Allahumma akhrijhu mimbathnii waqta wilaadatii sahlan watasliimaa. Allahummaj’alhu shohiihan kaamilaw wa’aaqilan hadziqon ‘aliman ‘aamilaa. Allahumma thowwil ‘umrohu washohhih jasadahu wahasan khuluqohu wafshoh lisaanahu wa ahsin shoutahu liqirooatil hadiitsi walquraani bibarakati muhammadin shollallahu ‘alaihi wa sallam. walhamdulillahi robbil ‘aalamiin.

“Ya Allah, semoga Engkau lindungi bayiku ini selama ada dalam kandunganku, Berikanlah kesehatan kepadanya bersamaku. Sesungguhnya Engkaulah Maha Penyembuh. Tidak ada kesehatan selain kesehatan yang Engkau berikan, kesehatan yang tidak diakhiri dengan penyakit lain. Ya Allah, bentuklah dia di dalam perut ibunya dalam bentuk yang elok dan tetapkanlah hatinya dalam keimanan kepada-Mu dan Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkanlah dia dari perut ibunya pada saat kelahirannya dengan mudah dalam keadaan selamat dan dengan bentuk yang indah dan sempurna. Ya Allah, jadikanlah dia anak yang sehat dan sempurna, berakal yang cerdas, yang alim, dan mau mengamalkan ilmunya. Ya Allah, panjangkanlah umurnya, sehatkanlah tubuhnya, baguskanlah akhlaqnya, fasihkan dan merdukanlah suaranya untuk membaca Al-Qu’ran dan Al Hadist dengan berkah Nabi Muhammad saw. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.”

9. Doa Syukuran Pernikahan

اللهم بارِكْ لي في أهلي، وبارِكْ لأهلي فِيَّ،

“Allahumma barik li fi ahli, wa barik ahli fiya.”

“Ya Allah berkahilah kehidupanku dalam keluargaku, juga berkahilah keluargaku dalam hidupku.”

10. Doa Syukuran Aqiqah

“Allâhummahfadzhu min syarril jinni wal insi wa ummish shibyâni wa min jamî’is sayyiâti wal ‘ishyâni wahrishu bihadlânatika wa kafâlatika al-mahmûdati wa bidawâmi ‘inâyatika wa ri’âyatika an-nafîdzati nuqaddimu bihâ ‘alal qiyâmi bimâ kalaftanâ min huqûqi rububiyyâtika al-karîmati nadabtanâ ilaihi fîmâ bainanâ wa baina khalqika min makârimil akhlâqi wa athyabu mâ fadldlaltanâ minal arzâqi. Allâhummaj’alnâ wa iyyâhum min ahlil ‘ilmi wa ahlil khairi wa ahlil qur`âni wa lâ taj’alnâ wa iyyâhum min ahlisy syarri wadl dloiri wadz dzolami wath thughyâni.”

“Ya Allah, jagalah dia (bayi) dari kejelekan jin, manusia ummi shibyan, serta segala kejelekan dan maksiat. Jagalah dia dengan penjagaan dan tanggungan-Mu yang terpuji, dengan perawatan dan perlindunganmu yang lestari. Dengan hal tersebut aku mampu melaksanakan apa yang Kau bebankan padaku, dari hak-hak ketuhanan yang mulia. Hiasi dia dengan apa yang ada diantara kami dan makhluk-Mu, yakni akhlak mulia dan anugerah yang paling indah. Ya Allah, jadikan kami dan mereka sebagai ahli ilmu, ahli kebaikan, dan ahli Al-Qur’an. Jangan kau jadikan kami dan mereka sebagai ahli kejelekan, keburukan, aniaya, dan tercela.”

Cara Memimpin Doa Syukuran

Dalam buku Himpunan Doa-Doa Penting yang disusun oleh Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, berdoa adalah kebutuhan setiap umat Islam baik secara perorangan maupun dalam kelompok masyarakat.

Doa dipanjatkan sesuai dengan hajat kebutuhan situasi dan kondisi yang sedang dihadapi, misalnya, berdoa untuk mengucapkan rasa syukur.

Nah, selain membaca doa syukur, kamu juga harus tahu bagaimana memimpin doa syukuran.

Menurut buku tersebut, pemimpin doa adalah seseorang yang ditunjuk untuk memimpin dalam pembacaan doa pada suatu kegiatan tertentu, sedangkan yang lain mengamininya.

Lantas, siapa yang layak memimpin doa?

Setiap muslim, lelaki maupun wanita, tua maupun muda, dapat ditunjuk untuk memimpin doa bersama menggunakan bahasa apa pun tidak hanya bahasa Arab.

Berikut cara memimpin doa syukuran:

  • Menghadap kiblat
  • Mengangkat kedua tangan
  • Memulai doa mengagungkan shalawat atas Nabi
  • Tadlarru’ (tunduk dan merendahkan diri) dan dengan suara sedang
  • Menggunakan kalimat yang pasti, tidak mengandai-andai
  • Menghindari kalimat yang menimbulkan kecelakaan atau bencana
  • Mengulangi doa sarnpai tiga kali
  • Merangkai kalimat dengan asma’ul husna dan kalimat tauhid
  • Menutup doa dengan shalawat dan tahmid

***

Property People, itulah doa syukuran lengkap.

Semoga bermanfaat, ya.

Simak informasi islami lainnya hanya di artikel.rumah123.com.

Cek berita dan artikel seputar properti dan gaya hidup melalui Google News.

Tak lupa, pastikan cari rumah lewat portal www.rumah123.com.

Yuk, segera wujudkan hunian impian dari sekarang karena kami selalu #AdaBuatKamu.

**gambar cover: camatmandau.bengkaliskab.go.id


Tag: , ,


Ilham Budhiman

Lulusan Sastra Daerah Unpad yang pernah berkarier sebagai wartawan sejak 2017 dengan fokus liputan properti, infrastruktur, hukum, logistik, dan transportasi. Saat ini, fokus sebagai penulis artikel di 99 Group.
Selengkapnya