OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

7 Contoh Teks Persuasi Politik yang Sesuai dengan Strukturnya. Berbobot!

23 Januari 2024 · 10 min read Author: Gadis Saktika · Editor: M. Iqbal

contoh teks persuasi politik

sumber: Unsplash/Hansjorg Keller

Politik merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan bermasyarakat sehingga penting bagi warga negara untuk memahaminya dan berpartisipasi aktif. Adapun salah satu cara untuk berpartisipasi aktif dalam urusan kenegaraan itu adalah dengan menulis teks persuasi politik. Terkait itu, Rumah123 telah menghadirkan ragam contoh teks persuasi politik pada artikel ini, lo.

Menurut Plato dan Aristoteles seperti yang dikutip pada buku Politik dan Kearifan Lokal yang ditulis Saiful (2019), politik adalah usaha untuk mencapai kehidupan bermasyarakat yang lebih baik.

Maka itu, politik menjadi bagian terpenting dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. 

Di dalam praktiknya, terdapat berbagai macam isu dan permasalahan yang perlu dibahas dan diselesaikan. 

Dengan demikian, penting bagi setiap warga negara untuk memahami dan terlibat dalam politik.

Salah satu cara untuk terlibat dalam politik adalah dengan membaca dan memahami teks persuasi politik. 

Teks persuasi politik sendiri dibuat untuk mengajak pembaca untuk mengikuti atau memilih pilihan politik tertentu, termasuk partai politik.

Dalam artikel ini, Rumah123 telah menghimpun ragam contoh teks persuasi politik dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Yuk, langsung saja simak informasi contoh teks persuasi tersebut pada uraian di bawah ini.

7 Contoh Teks Persuasi Politik

1. Contoh Teks Persuasif Politik

Mari Pilih Pemimpin yang Berintegritas

Pemilihan umum (pemilu) adalah momen penting bagi setiap warga negara untuk menentukan pemimpin masa depan bangsanya. Melalui pemilu, kita dapat memilih pemimpin yang akan membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memilih pemimpin yang memiliki integritas. Integritas adalah kejujuran, kebenaran, dan ketulusan hati. Pemimpin yang berintegritas akan menjalankan tugasnya dengan jujur dan adil, serta mengedepankan kepentingan rakyat.

Ada banyak alasan mengapa kita harus memilih pemimpin yang berintegritas. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Pemimpin yang berintegritas akan lebih mampu dipercaya.
  • Pemimpin yang berintegritas akan lebih mampu bekerja secara profesional dan efisien.
  • Pemimpin yang berintegritas akan lebih mampu membangun kepercayaan rakyat.

Pemimpin yang dipercaya akan lebih mudah bekerja sama dengan pihak lain, baik di dalam maupun di luar negeri. Pemimpin yang profesional dan efisien akan mampu menyelesaikan tugas-tugasnya dengan baik dan tepat waktu. Pemimpin yang dipercaya dan memiliki integritas akan lebih mampu membangun kepercayaan rakyat sehingga rakyat akan mendukungnya dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Oleh karena itu, mari kita bersama-sama memilih pemimpin yang berintegritas. Pemimpin yang memiliki kejujuran, kebenaran, dan ketulusan hati. Pemimpin yang akan membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik.

Mari kita gunakan hak pilih kita dengan bijak. Pilihlah pemimpin yang berintegritas, agar bangsa ini menjadi bangsa yang lebih maju dan sejahtera.

Demikianlah teks persuasi politik yang berjudul “Mari Pilih Pemimpin yang Berintegritas”. Semoga teks ini dapat menyadarkan kita semua pentingnya memilih pemimpin yang berintegritas.

2. Teks Persuasi Politik

UU Cipta Kerja: Harapan Baru untuk Rakyat

Membangun mimpi Indonesia yang maju dan sejahtera tidak terlepas dari satu hal krusial: lapangan kerja. Inilah mengapa Undang-Undang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja) hadir membawa angin perubahan yang bermuara pada terbukanya jalan menuju masa depan yang lebih cerah.

Bayangkan ribuan wajah penuh harapan, mata mereka berbinar menantikan kesempatan untuk berkarya, menuai hasil keringat sendiri, dan turut berkontribusi bagi bangsa. UU Cipta Kerja hadir untuk menyulut api semangat itu, menjadi pijakan kokoh bagi mereka yang selama ini tersandung birokrasi dan regulasi yang menghambat.

Bagi kaum muda yang kreatif dan penuh ide, UU Cipta Kerja merelaksasi perizinan, memangkas prosedur panjang dan rumit. Bisnis startup Anda tak lagi terjebak dalam labirin birokrasi sehingga inovasi dan kreativitas dapat segera mewujud nyata.

Bagi para pekerja, tulang punggung bangsa, UU Cipta Kerja memastikan hak-hak Anda terlindungi. Jaminan pesangon dan pengupahan yang layak, serta sistem cuti dan libur yang adil, kini dijamin dan diatur jelas. Tak ada lagi kekhawatiran bekerja siang malam tanpa kepastian.

Bagi pengusaha, penggerak roda ekonomi, UU Cipta Kerja membuka gerbang kemudahan berusaha. Regulasi yang ramah investasi, sinkronisasi perizinan antar-instansi, dan kemudahan untuk membangun infrastruktur, semuanya berpadu untuk menggeliatkan bisnis Anda.

Dan tak hanya itu, UU Cipta Kerja juga memiliki manfaat berikut:

  • Memperkuat peran UMKM dan koperasi: Pilar ekonomi bangsa ini akan didorong melalui pendampingan, pelatihan, dan kemudahan permodalan.
  • Membuka gerbang bagi investasi asing: Investasi mengalir, lapangan kerja tercipta, dan ekonomi Indonesia melaju kencang.
  • Mempercepat pembangunan infrastruktur: Jalan tol, jembatan, pelabuhan, dan listrik, akses vital tersambung, perekonomian merata di seluruh penjuru.

UU Cipta Kerja bukan akhir, melainkan awal pertempuran kita melawan pengangguran, melawan birokrasi yang menghambat, dan melawan kemiskinan. Mari bersama wujudkan Indonesia yang berdaya, Indonesia yang penuh peluang, Indonesia yang diciptakan oleh karya anak-anak bangsa!

Ingat, UU Cipta Kerja bukan hanya regulasi, tapi harapan yang diwujudkan. Dukung UU Cipta Kerja, wujudkan Indonesia gemilang!

3. Contoh Teks Persuasi Politik

contoh teks persuasi politik

sumber: Unsplash/Joakim Honkasalo

Membangun Masa Depan yang Lebih Baik Bersama-sama

Saat ini, kita berdiri di persimpangan jalan yang krusial untuk masa depan negara kita. Pilihan yang kita buat hari ini akan membentuk arah dan tujuan negara kita dalam beberapa tahun mendatang. Oleh karena itu, mari kita bersatu dan bersama-sama membangun masa depan yang lebih baik.

Pertama-tama, mari kita berfokus pada pemberdayaan ekonomi. Program pembangunan ekonomi yang berkelanjutan akan menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan pendapatan rakyat, dan mengurangi tingkat kemiskinan. Kami berkomitmen untuk mengimplementasikan kebijakan pro-kerja dan pro-investasi yang akan memicu pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Selain itu, kita tidak boleh melupakan pentingnya pendidikan dalam membentuk generasi penerus yang unggul. Kami akan berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan memperkuat sistem pendidikan, meningkatkan akses terhadap pendidikan berkualitas, dan memberdayakan para pendidik. Anak-anak kita adalah aset berharga, dan dengan memberikan pendidikan yang baik, kita membangun fondasi yang kokoh untuk masa depan negara ini.

Pentingnya lingkungan hidup juga tidak bisa diabaikan. Kami berjanji untuk menjaga keberlanjutan alam dan melibatkan masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan. Kebijakan ramah lingkungan akan menjadi prioritas, termasuk investasi dalam energi terbarukan, pengelolaan limbah yang efisien, dan perlindungan ekosistem yang rentan.

Selain itu, kami mengakui pentingnya inklusivitas dalam kehidupan politik. Semua suara harus didengar, dan kami akan menciptakan lingkungan di mana setiap warga negara merasa dihormati dan diwakili. Kami berkomitmen untuk mempromosikan keadilan sosial dan mengatasi ketidaksetaraan yang ada di dalam masyarakat.

Mari kita bergerak maju bersama-sama, bukan sebagai kelompok yang terpisah. Ini adalah saatnya untuk menatap masa depan dengan optimisme dan keyakinan. Bersama, kita bisa membangun negeri ini menjadi tempat yang lebih baik bagi kita semua. Suara dan dukungan Anda akan menjadi kekuatan yang mendorong perubahan positif.

Terima kasih atas perhatian dan dukungan Anda. Mari kita berjalan bersama menuju masa depan yang lebih cerah dan berkeadilan!

4. Contoh Teks Persuasi Politik

Ayo Memilih!

Hak pilih adalah hak warga negara untuk memilih calon legislatif dan eksekutif yang akan mewakili mereka di pemerintahan. Hak ini harus digunakan dengan bijak agar dapat menghasilkan pemimpin yang berkualitas.

Untuk menggunakan hak pilih dengan bijak, kita perlu mengetahui visi dan misi calon, serta rekam jejaknya. Kita juga perlu mempelajari dampak dari kebijakan yang akan mereka rancang. Jangan memilih berdasarkan popularitas saja, tetapi pertimbangkan latar belakangnya.

Pada pesta demokrasi mendatang, mari gunakan hak pilih kita dengan bijak. Pilih wakil rakyat dan pemerintah yang betul-betul merepresentasikan suara kita. Mari memilih dengan jujur, bebas, dan adil.

5. Contoh Teks Persuasif Politik

Golput: Bukan Apatisme, Melainkan Pilihan

Golput, atau golongan putih, adalah fenomena yang kerap terjadi dalam pemilihan umum di Indonesia. Sebagian masyarakat masih memandang golput sebagai bentuk apatisme atau pembangkangan. Namun, pandangan tersebut kurang tepat. Golput dapat disebabkan oleh berbagai faktor, baik faktor internal maupun eksternal.

Secara internal, golput dapat didasari oleh pilihan sadar. Hal ini terjadi ketika warga merasa tidak ada kandidat yang sesuai dengan pilihannya. Setelah mempelajari visi dan misi calon wakil rakyat atau pemerintah, mereka merasa tidak ada yang mampu mewakili suaranya.

Secara eksternal, golput dapat disebabkan oleh faktor akses dan fasilitas yang tidak merata. Hal ini dapat terjadi di daerah-daerah terpencil atau di daerah yang mengalami konflik. Warga di daerah tersebut mungkin tidak dapat mengakses informasi tentang pemilu atau tidak memiliki fasilitas untuk mencoblos.

Golput juga dapat menjadi indikator bahwa ada sesuatu yang salah dengan sistem yang ada dalam suatu negara. Jika jumlah golput tinggi, hal ini menunjukkan bahwa warga tidak puas dengan pilihan yang tersedia. Mereka tidak percaya bahwa pilihannya akan berdampak positif bagi kehidupan mereka.

Oleh karena itu, golput tidak dapat serta merta dikategorikan sebagai bentuk apatisme atau apolitis. Golput adalah pilihan yang sah dan harus dihargai. Sebagai warga negara yang baik, kita harus saling menghargai perbedaan pandangan. Jangan saling mencaci atau merasa paling benar. Mari ambil peran masing-masing dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

6. Teks Persuasi Politik

Politik yang Bersih dan Adil

Politik adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Politik yang bersih dan adil merupakan impian semua orang. Namun, mewujudkan politik yang bersih dan adil bukanlah hal yang mudah.

Ada banyak faktor yang dapat menghambat terciptanya politik yang bersih dan adil. Salah satu faktor yang paling utama adalah korupsi. Korupsi dapat terjadi di berbagai level pemerintahan, mulai dari level pusat hingga level desa. Korupsi dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti kemiskinan, ketimpangan sosial, dan kerusakan lingkungan.

Faktor lain yang dapat menghambat terciptanya politik yang bersih dan adil adalah polarisasi politik. Polarisasi politik dapat terjadi ketika masyarakat terpecah menjadi dua kubu yang saling bertentangan. Polarisasi politik dapat menyebabkan terjadinya konflik dan kekerasan.

Untuk mewujudkan politik yang bersih dan adil, diperlukan kerja sama dari semua pihak. Pemerintah, masyarakat, dan media massa harus bahu-membahu untuk memerangi korupsi dan polarisasi politik.

Pemerintah harus tegas dalam memberantas korupsi. Pemerintah juga harus menciptakan sistem pemerintahan yang transparan dan akuntabel. Masyarakat harus berperan aktif dalam mengawasi jalannya pemerintahan. Masyarakat juga harus menolak segala bentuk korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan. Media massa harus berperan sebagai kontrol sosial. Media massa harus memberikan informasi yang akurat dan objektif tentang kegiatan politik.

Jika semua pihak bekerja sama, politik yang bersih dan adil dapat terwujud. Politik yang bersih dan adil akan membawa manfaat bagi seluruh rakyat Indonesia.

Mari kita bersama-sama mewujudkan politik yang bersih dan adil. Dengan politik yang bersih dan adil, kita dapat menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi seluruh rakyat Indonesia.

7. Contoh Teks Persuasi Politik

Pentingnya Berpartisipasi dalam Pemilu 2024: Suara Anda, Masa Depan Bangsa

Pemilu 2024 dipandang menjadi momentum krusial dalam sejarah bangsa kita. Saat ini, kita dihadapkan pada tanggung jawab untuk memilih pemimpin yang akan membimbing negara ini menuju masa depan yang lebih baik. Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama memahami betapa pentingnya berpartisipasi aktif dalam proses demokrasi ini.

Setiap suara memiliki kekuatan untuk membentuk arah masa depan negara kita. Pemilu bukan hanya tentang memilih calon tertentu, tetapi juga tentang mengukir visi bersama untuk Indonesia yang lebih maju dan adil. Dengan memberikan suara, kita secara aktif berkontribusi dalam pembentukan kebijakan dan perubahan positif.

Pemilu 2024 menawarkan peluang untuk mengatasi berbagai isu yang dihadapi oleh masyarakat kita saat ini. Dari masalah ekonomi hingga pendidikan, pemilihan pemimpin yang tepat dapat membawa perubahan yang signifikan. Suara Anda adalah alat untuk menyuarakan keinginan, aspirasi, dan harapan Anda terhadap masa depan Indonesia.

Selain itu, dengan berpartisipasi dalam pemilu, kita menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi. Demokrasi bukan hanya tentang hak untuk memilih, tetapi juga tentang keterlibatan aktif dalam proses politik. Dengan memberikan suara, kita menjadi bagian dari sebuah masyarakat yang berdaulat dan bertanggung jawab.

Tidak ada pemilihan yang sempurna tanpa partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu, mari ajak teman, keluarga, dan rekan kerja kita untuk turut serta dalam pemilu ini. Edukasi dan diskusi terbuka tentang calon-calon yang bersaing akan membantu kita membuat keputusan yang lebih informatif dan bijaksana.

Pemilu 2024 adalah panggilan untuk bersatu demi kebaikan bersama. Mari kita tinggalkan perbedaan dan berfokus pada tujuan bersama: menciptakan Indonesia yang lebih baik. Suara Anda adalah suara bagi generasi saat ini dan mendatang.

Ayo, berpartisipasi dalam pemilu 2024! Jadilah agen perubahan untuk bangsa ini. Bersama, kita dapat membentuk masa depan yang lebih cemerlang, adil, dan sejahtera.

***

Nah, itulah ragam contoh teks persuasi politik yang bisa kamu ketahui.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu, ya.

Cek artikel menarik lainnya, seperti teks pidato persuasif hanya di artikel.rumah123.com.

Tak lupa, kunjungi Rumah123 untuk menemukan hunian impian karena #SemuaADAdiSini.

Kalau kamu tertarik beli hunian di sana, tapi enggak tahu syarat dan ketentuan apa saja yang perlu disiapkan, gabung saja yuk di forum ngobrolin properti Teras123!


Tag: , ,


Gadis Saktika

Content Writer

Gadis Saktika adalah Content Writer di 99 Group yang sudah berkarier sebagai penulis dan wartawan sejak tahun 2019. Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI ini senang menulis tentang etnolinguistik, politik, HAM, gaya hidup, properti, dan arsitektur.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA