OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

11 Contoh Paragraf Induktif, Ciri-Ciri, dan Penjelasannya yang Mudah Dipahami

13 Oktober 2023 · 5 min read Author: Ilham Budhiman

contoh paragraf induktif

Jenis paragraf rupanya terdiri dari berbagai macam salah satunya paragraf induktif. Sudah tahu contoh paragraf induktif? Jika belum, lihat selengkapnya!

Tahukah kamu, ada beberapa jenis paragraf berdasarkan letak kalimatnya.

Mulai dari paragraf deduktif, paragraf induktif, paragraf deduktif-induktif, ineratif, hingga paragraf tersebar.

Menurut buku Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia: Paragraf oleh Suladi, struktur paragraf yang diawali dengan kalimat pengembang dikategorikan sebagai paragraf induktif.

Nah, jika kamu sedang mempelajari kalimat induktif, sudah tahu belum apa itu paragraf induktif?

Apa yang dimaksud paragraf induktif?

Untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai apa itu paragraf induktif, simak sama-sama penjelasannya berikut ini.

Pahami baik-baik, ya!

Apa Itu Paragraf Induktif

contoh paragraf induktif

Apa yang dimaksud dengan paragraf induktif dipaparkan dalam buku Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia: Paragraf.

Paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat topiknya terdapat pada bagian akhir.

Artinya, paragraf yang kalimat utamanya terletak pada akhir paragraf.

Menurut buku Be Smart Bahasa Indonesia, paragraf induktif merupakan paragraf yang diawali dengan menyebutkan atau membahas masalah-masalah khusus.

Hal ini untuk memperoleh suatu kesimpulan umum yang mencakup seluruh peristiwa khusus sebelumnya.

Jadi, dalam pola pengembangan paragraf induktif maka kesimpulan berada di akhir paragraf.

Lantas, apa ciri ciri paragraf induktif?

Ciri Ciri Paragraf Induktif

contoh paragraf induktif

Sumber: buku Be Smart Bahasa Indonesia

Setelah memahami apa itu paragraf induktif, kamu juga harus mengetahui ciri ciri paragraf induktif.

Dalam buku Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia: Paragraf, berikut ciri-cirinya.

Ciri ciri paragraf induktif:

  • Diawali dengan penyebutan peristiwa-peristiwa khusus yang berfungsi sebagai penjelas dan merupakan pendukung gagasa utama.
  • Menarik simpulan berdasarkan peristiwa-peristiwa khusus itu.

Untuk menjaga koherensi antarkalimat dalam paragraf, pada perumusan kalimat simpulan itu acap
digunakan konjungsi penumpu kalimat yang sekaligus berfungsi sebagai konjungsi antarkalimat.

Nah, kata atau frasa yang biasa digunakan sebagai penumpu kalimat simpulan itu adalah “jadi”, “akhirnya”, “akibatnya”, “oleh karena itu”, “maka dari itu”, “berdasarkan uraian di atas”, dan “dengan
demikian”.

11 Contoh Paragraf Induktif

1. Contoh Paragraf Induktif Singkat

contoh paragraf induktif

  1. “Belajar di masa tua membutuhkan usaha yang ekstra dikarenakan daya tangkap yang dimiliki pada usia tersebut sudah sangat berkurang. Bahkan, motivasi yang dimiliki juga sudah melemah karena terlalu banyak pikiran yang mengganggu. Maka dari itu, dikatakan belajar di masa tua seperti melukis di atas air.”
  2. “Banyak negara di dunia saat ini menghadapi masalah perubahan iklim yang serius. Contohnya adalah kenaikan suhu rata-rata global selama beberapa dekade terakhir. Data dari berbagai stasiun meteorologi menunjukkan bahwa suhu Bumi terus meningkat secara konsisten dari tahun ke tahun. Selain itu, kita juga melihat pencairan gletser di kutub Utara dan Selatan, yang menyebabkan naiknya permukaan laut. Masalah lain yang terkait dengan perubahan iklim adalah frekuensi dan intensitas bencana alam, seperti badai tropis yang makin sering terjadi di wilayah-wilayah tertentu. Berdasarkan uraian di atas menunjukkan bahwa perubahan iklim adalah fenomena global yang memerlukan perhatian dan tindakan bersama.”
  3. “Secara ekonomi dan budaya, Kota Malang sangat kondusif untuk berbisnis. Penduduknya juga relatif terbuka terhadap terhadap unsur etnis yang berbeda berbeda-beda. Secara geografis, Kota Malang terletak di daerah dataran tinggi sehingga hawanya sejuk. Dengan demikian, banyak yang betah tinggal di Kota Malang ini.
  4. “Selama beberapa tahun terakhir, makin banyak orang yang beralih ke kendaraan listrik dan banyak perusahaan mobil merilis berbagai model mobil listrik dengan teknologi yang canggih. Pemerintah juga memberikan insentif bagi pemilik mobil listrik, seperti pembebasan pajak kendaraan. Semua langkah ini menunjukkan bahwa adopsi mobil listrik makin meningkat dan menjadi langkah positif dalam menjaga lingkungan dan mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil.
  5. “Awalnya, RS menyampaikan kronologis kejadian penganiayaan yang ia alami kepada putrinya dengan maksud menghindar dari rasa malu. Namun, selanjutnya putrinya mengabarkan peristiwa itu kepada seorang politisi. Tidak disangka kemudian berita tentang peristiwa itu menyebar ke berbagai media massa. Masyarakat dibuat gaduh karenanya. Niat untuk menutupi rasa malu kepada anaknya berubah RS menjadi tersangka penyebaran berita bohong. Memang, diperlukan kecerdasan dalam membuat dan menerima berita.”

2. Contoh Kalimat Induktif

  1. Musim hujan telah tiba sehingga jalanan menjadi licin dan becek. Banyak pohon yang tumbang dan banjir yang terjadi di beberapa daerah. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati saat beraktivitas di luar rumah.
  2. Belajar dengan giat dapat membawa kesuksesan karena banyak orang yang sukses karena belajar dengan giat. Mereka berhasil meraih cita-citanya karena tidak pernah berhenti belajar. Oleh karena itu, kita harus belajar dengan giat untuk meraih kesuksesan.
  3. Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan sumber daya alam karena memiliki hutan yang luas, laut yang kaya, dan berbagai macam mineral. Sumber daya alam tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia. Oleh karena itu, kita harus menjaga kelestarian sumber daya alam Indonesia.
  4. Membaca merupakan salah satu kegiatan yang bermanfaat sebab membaca dapat menambah pengetahuan dan wawasan. Selain itu, membaca juga meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Maka dari itu, kita harus membiasakan diri membaca.

3. Contoh Paragraf Induktif tentang Tumbuhan

contoh paragraf induktif

  1. Tumbuhan memiliki peran penting bagi kehidupan karena tumbuhan menghasilkan oksigen yang dibutuhkan makhluk hidup. Bahkan, tumbuhan menghasilkan makanan yang dibutuhkan manusia untuk bertahan hidup serta dapat menyerap karbon dioksida dan polusi udara. Oleh karena itu, kita harus menjaga kelestarian tumbuhan.
  2. Tumbuhan memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran. Ada tumbuhan yang berukuran besar, seperti pohon, ada juga tumbuhan yang berukuran kecil, seperti rumput. Ada tumbuhan yang memiliki daun yang lebar, seperti pohon mangga, dan ada juga tumbuhan yang memiliki daun yang kecil, seperti daun mawar. Berdasarkan uraian di atas, tumbuhan memiliki keunikan tersendiri.

***

Itu dia contoh paragraf induktif dan penjelasannya.

Temukan artikel edukatif lainnya hanya di artikel.rumah123.com.

Jangan lupa, follow Google News Rumah123 biar selalu mendapatkan informasi terbaru. 

Kunjungi juga www.rumah123.com jika sedang mencari rumah idaman untuk keluarga.

Tersedia berbagai pilihan terbaik dan promo menarik karena pastinya, kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , ,


Ilham Budhiman

Lulusan Sastra Daerah Unpad yang pernah berkarier sebagai wartawan sejak 2017 dengan fokus liputan properti, infrastruktur, hukum, logistik, dan transportasi. Saat ini, fokus sebagai penulis artikel di 99 Group.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA