OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

4 Contoh Narasi Raport TK dan PAUD Kurikulum Merdeka yang Komprehensif. Lengkap!

11 Desember 2023 · 7 min read Author: Gadis Saktika · Editor: Bobby Agung Prasetyo

contoh narasi raport tk

Contoh narasi raport TK | shutterstock.com

Contoh narasi raport TK dan PAUD berikut ini berisi catatan komprehensif tentang laporan mengenai perkembangan anak dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Buat kamu yang sedang mencari contoh narasi raport tersebut, yuk lihat inspirasinya pada artikel ini!

Guna meningkatkan tumbuh kembang anak, penting bagi orang tua dan pendidik untuk memahami dan mengapresiasi pencapaian serta perkembangan yang dicapai oleh siswa TK dan PAUD.

Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan segmen narasi pada raport TK dan PAUD yang harus diisi guru sebagai laporan pendidikan para siswa.

Narasi dalam raport TK tidak hanya memberikan gambaran tentang kemampuan akademis anak, tetapi juga mencakup aspek-aspek penting seperti perkembangan sosial, emosional, dan keterampilan motorik.

Melalui narasi ini, orang tua dapat memahami bagaimana anak merespon pembelajaran, berinteraksi dengan teman-teman sebaya, dan mengatasi tantangan perkembangan individu.

Buat kamu yang sedang mencari inspirasinya, Rumah123 telah hadirkan contoh narasi raport TK dan PAUD yang cermat dan objektif pada uraian berikut.

4 Contoh Narasi Raport TK dan PAUD Kurikulum Merdeka

1. Contoh Narasi Raport TK Kurikulum 2013 Semester 1

Berikut ini contoh narasi raport TK untuk siswa yang sudah menempuh semester 1.

Nama: Kirana

Usia: 5 tahun

Kelas: TK A

Perkembangan Akademik

Kirana telah menunjukkan kemajuan dalam mengenal dan menerapkan nilai-nilai agama. Ia sering mengucapkan salam dan berdoa sebelum dan sesudah belajar. Ia juga mulai mengenal huruf dan angka.

Perkembangan Sosial-Emosional

Kirana adalah anak yang aktif dan ceria. Ia senang bermain dengan teman-temannya. Ia juga memiliki rasa empati yang tinggi. Ia sering membantu teman-temannya yang kesulitan.

Perkembangan Motorik

Kirana memiliki kemampuan motorik yang baik. Ia dapat berjalan, berlari, dan melompat dengan lancar. Ia juga dapat menggambar dan menulis dengan rapi.

2. Contoh Narasi Raport TK

contoh narasi raport tk

sumber: freepik.com

Kalau kamu ingin membuat contoh narasi raport TK yang komprehensif, bisa banget jadikan laporan di bawah ini sebagai acuan.

Nama: Muhammad Arfan

Kelas: TK B

Semester: 2

Perkembangan Fisik Motorik

Muhammad Arfan memiliki perkembangan fisik motorik yang baik. Ia mampu berjalan, berlari, melompat, dan memanjat dengan lancar. Ia juga mampu mengontrol keseimbangan tubuhnya dengan baik.

Muhammad Arfan juga memiliki keterampilan motorik halus yang baik. Ia mampu menggambar, mewarnai, dan menggunting dengan rapi. Ia juga mampu mengancing baju dan melepas sepatu dengan mandiri.

Perkembangan Kognitif

Muhammad Arfan memiliki perkembangan kognitif yang baik. Ia mampu memahami konsep-konsep sederhana, seperti warna, bentuk, dan ukuran. Ia juga mampu memecahkan masalah sederhana dengan mudah.

Muhammad Arfan juga memiliki minat belajar yang tinggi. Ia selalu antusias mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah. Ia juga senang bertanya dan mencari tahu hal-hal baru.

Perkembangan Bahasa

Muhammad Arfan memiliki perkembangan bahasa yang baik. Ia mampu berkomunikasi dengan jelas dan lancar. Ia juga mampu memahami instruksi yang diberikan.

Muhammad Arfan juga memiliki kemampuan bercerita yang baik. Ia sering bercerita tentang pengalamannya di sekolah atau di rumah.

Perkembangan Sosial Emosional

Muhammad Arfan memiliki perkembangan sosial emosional yang baik. Ia mampu berinteraksi dengan teman-teman dan guru dengan baik. Ia juga mampu mengendalikan emosinya dengan baik.

Muhammad Arfan juga memiliki rasa empati yang tinggi. Ia sering membantu teman-temannya yang membutuhkan.

Perkembangan Nilai Agama dan Moral

Muhammad Arfan memiliki perkembangan nilai agama dan moral yang baik. Ia mampu mengenal Allah dan melaksanakan perintah-Nya. Ia juga mampu bersikap sopan dan santun kepada orang lain.

Muhammad Arfan adalah anak yang aktif dan ceria. Ia selalu bersemangat mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah. Ia juga memiliki hubungan yang baik dengan teman-temannya dan guru-gurunya.

Rekomendasi

Muhammad Arfan perlu lebih mengembangkan kemampuan motorik kasarnya, seperti melompat dan memanjat. Ia juga perlu lebih mengembangkan kemampuan motorik halusnya, seperti menggunting dan mengancing baju.

Selain itu, Muhammad Arfan juga perlu lebih mengembangkan kemampuan berbahasa asingnya.

Kesimpulan

Muhammad Arfan adalah anak yang memiliki potensi yang baik. Dengan dukungan dari orang tua dan guru, ia akan tumbuh menjadi anak yang cerdas, kreatif, dan berbudi pekerti luhur.

3. Contoh Pengisian Raport PAUD Narasi Semester 1

Kalau kamu sedang mencari contoh narasi raport PAUD, bisa banget pakai laporan di bawah ini sebagai acuan.

Nama Anak: Kirana

Kelas: B

Usia: 5 tahun

Aspek Perkembangan

  • Nilai Agama dan Budi Pekerti

Kirana telah menunjukkan kemajuan dalam mengenal dan menerapkan nilai-nilai agama dan budi pekerti. Ia mulai mengenal dan memahami Tuhan sebagai penciptanya, serta mengamalkan ajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, Kirana selalu mengucapkan salam saat bertemu dengan orang lain, berdoa sebelum makan, dan mengucapkan terima kasih setelah menerima sesuatu.

  • Jati Diri

Kirana memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Ia berani tampil di depan kelas, mengungkapkan pendapatnya, dan mencoba hal-hal baru. Ia juga mulai memahami diri sendiri, baik kelebihan maupun kekurangannya.

  • Dasar-dasar Sains, Teknologi, dan Matematika

Kirana memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Ia senang bertanya dan mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Ia juga mulai memahami konsep-konsep dasar sains, teknologi, dan matematika, seperti bentuk, ukuran, dan warna.

  • Bahasa dan Komunikasi

Kirana memiliki kemampuan berbahasa yang baik. Ia dapat berkomunikasi dengan lancar, baik secara lisan maupun tulisan. Ia juga dapat memahami dan mengikuti instruksi dengan baik.

  • Motorik Kasar

Kirana memiliki kemampuan motorik kasar yang baik. Ia dapat berlari, melompat, memanjat, dan menari dengan lancar. Ia juga memiliki koordinasi tubuh yang baik.

  • Motorik Halus

Kirana memiliki kemampuan motorik halus yang baik. Ia dapat menggambar, menulis, dan menggunakan alat-alat makan dengan tepat. Ia juga memiliki koordinasi tangan dan mata yang baik.

  • Kemampuan Sosial Emosional

Kirana memiliki kemampuan sosial emosional yang baik. Ia dapat berinteraksi dengan teman-temannya dengan baik, serta mengikuti aturan dan norma yang berlaku. Ia juga dapat mengendalikan emosinya dengan baik.

Harapan

Kirana diharapkan dapat mempertahankan dan mengembangkan kemampuan yang telah dicapainya. Ia juga diharapkan dapat belajar hal-hal baru dengan lebih baik lagi.

Tindak Lanjut

Orang tua diharapkan dapat memberikan dukungan dan motivasi kepada Kirana untuk terus belajar dan berkembang. Orang tua juga dapat memberikan kesempatan kepada Kirana untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya dan mencoba hal-hal baru.

4. Contoh Narasi Raport TK Semester 2

Lalu, kalau kamu mencari contoh narasi raport TK semester 2, kamu bisa gunakan referensi berikut ini.

Nama Siswa: Muhammad Arfan

Kelas: TK A

Semester: 2

Perkembangan Fisik-Motorik

Muhammad Arfan adalah anak yang aktif dan ceria. Ia memiliki keterampilan motorik kasar yang baik, seperti berlari, melompat, dan memanjat. Ia juga memiliki keterampilan motorik halus yang baik, seperti menggambar, menggunting, dan menempel.

Perkembangan Kognitif

Muhammad Arfan adalah anak yang cerdas dan cepat belajar. Ia mampu memahami konsep-konsep sederhana, seperti warna, bentuk, dan ukuran. Ia juga mampu menyelesaikan masalah sederhana.

Perkembangan Bahasa

Muhammad Arfan adalah anak yang fasih berbicara. Ia mampu mengungkapkan ide dan perasaannya dengan lancar. Ia juga mampu memahami instruksi dan pertanyaan.

Perkembangan Sosial-Emosional

Muhammad Arfan adalah anak yang mudah bergaul. Ia senang bermain bersama teman-temannya. Ia juga mampu bekerja sama dalam kelompok.

Nilai-nilai Agama dan Moral

Muhammad Arfan adalah anak yang baik dan berbudi pekerti. Ia selalu bersikap sopan santun kepada orang dewasa dan teman-temannya. Ia juga selalu rajin beribadah.

Rekomendasi

Muhammad Arfan adalah anak yang memiliki potensi yang besar. Ia perlu terus diasah kemampuannya agar dapat berkembang secara optimal. Orang tua dan guru dapat memberikan dukungan dan motivasi kepada Muhammad Arfan agar ia dapat mencapai potensinya yang maksimal.

Berikut adalah beberapa contoh aktivitas yang dapat dilakukan oleh orang tua dan guru untuk mendukung perkembangan Muhammad Arfan:

  • Aktivitas fisik-motorik:

    • Ajak Muhammad Arfan untuk bermain di luar ruangan, seperti berlari, melompat, dan memanjat.
    • Berikan Muhammad Arfan kesempatan untuk mencoba berbagai macam permainan, seperti lego, balok, dan puzzle.
  • Aktivitas kognitif:

    • Berikan Muhammad Arfan kesempatan untuk mengeksplorasi lingkungannya.
    • Ajak Muhammad Arfan untuk mengerjakan berbagai macam permainan edukatif, seperti puzzle, balok, dan permainan papan.
  • Aktivitas bahasa:

    • Bacakan cerita kepada Muhammad Arfan setiap hari.
    • Ajak Muhammad Arfan untuk bercakap-cakap tentang berbagai macam topik.
  • Aktivitas sosial-emosional:

    • Ajak Muhammad Arfan untuk bermain bersama teman-temannya.
    • Berikan Muhammad Arfan kesempatan untuk belajar bersosialisasi dengan orang dewasa.
  • Aktivitas nilai-nilai agama dan moral:

    • Ajak Muhammad Arfan untuk beribadah bersama.
    • Berikan Muhammad Arfan pemahaman tentang nilai-nilai agama dan moral.

Dengan dukungan dan motivasi yang tepat, Muhammad Arfan dapat tumbuh menjadi anak yang cerdas, kreatif, dan berakhlak mulia.

***

Itulah contoh narasi raport TK dan PAUD yang bisa kamu simak.

Semoga bermanfaat, ya.

Simak juga artikel menaik lainnya, seperti contoh raport kurikulum merdeka di artikel.rumah123.com.

Dapatkan juga informasi terbaru dari Rumah123.com dengan cara mengikuti Google News kami.

Kunjungi www.rumah123.com yuk untuk dapatkan hunian baru impian!

Tersedia berbagai rumah yang terjangkau dengan diskon menarik di sana karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , ,


Gadis Saktika

Content Writer

Gadis Saktika adalah Content Writer di 99 Group yang sudah berkarier sebagai penulis dan wartawan sejak tahun 2019. Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI ini senang menulis tentang etnolinguistik, politik, HAM, gaya hidup, properti, dan arsitektur.
Selengkapnya