OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

5 Contoh Deskripsi Cerita Novel yang Singkat dan Menarik

11 September 2023 · 5 min read Author: Ilham Budhiman

contoh deskripsi cerita novel

Contoh deskripsi cerita novel haruslah diperhatikan dengan benar terutama bagi kamu yang belum pernah membuatnya.

Novel adalah salah satu karya sastra yang berbentuk prosa, Property People.

Dalam karya sastra satu ini, terdapat suatu deskripsi yang menjelaskan secara ringkas isi novel.

Dengan membaca deskripsi maka pembaca akan lebih mudah memahami tentang latar belakang atau tokoh dalam novel tersebut.

Nah, cara membuat deskripsi cerita novel sangatlah mudah karena tidak perlu dibuat secara panjang.

Simak ulasannya lebih lengkap di bawah ini, ya!

Apa Itu Deskripsi Novel

Deskripsi cerita novel adalah bagian dari novel yang berfungsi untuk menggambarkan setting, tokoh, dan peristiwa dalam cerita.

Selain itu, dapat juga berupa penjelasan tentang tempat, waktu, suasana, dan karakter tokoh.

Kemudian, mengenai gambaran tentang peristiwa yang terjadi dalam cerita.

Mengetahui deskripsi novel sangat bermanfaat sebelum berencana membaca novel, lo.

Masih bingung bagaimana cara membuat deskripsi cerita novel sejarah, deskripsi cerita novel romantis, cerita novel persahabatan, dan lain-lain?

Simak contoh deskripsi cerita novel mulai dari cerita novel Laut Bercerita, cerita novel Laskar Pelangi, hingga yang lainnya.

5 Contoh Deskripsi Cerita Novel

1. Deskripsi Novel Laskar Pelangi

contoh deskripsi cerita novel

Sumber: dispusip.pekanbaru.go.id

Buku ini menceritakan tentang perjuangan Bu Muslimah dan Pak Harfan, dua orang guru yang memiliki dedikasi tinggi dalam dunia pendidikan, di mana dengan usaha dan kesungguhannya mereka berdua berhasil memajukan pendidikan di desa Gantong satu desa terpencil di Pulau Balitong. Mengupas secara mendalam karakter tokoh-tokoh cerita Lintang, Flo, Kucai, harun dan Mahar anggota Laskar pelangi sejak mereka bersekolah di SD Muhammadiyah sampai mereka berhasil mencapai cita citanya. Disajikan dengan gaya bahasa yang menarik dan alur cerita yang rumit, membuat daya tarik buku ini semakin kuat. Novel yang diangkat dari pengalaman dan kenangan penulisnya.

Sumber: perpustakaan.jakarta.go.id

2. Deskripsi Novel Pulang Karya Tere Liye

contoh deskripsi cerita novel

Sumber: bukurepublika.id

“Sebuah kisah tentang perjalanan pulang, melalui pertarungan demi pertarungan, kesedihan demi kesedihan, untuk memeluk erat semua kebencian dan rasa sakit.”

Novel pertama Pulang ini ceritanya bermula pada seorang laki-laki bernama Bujang atau si Babi Hutan. Bujang seorang anak kampung dari Pulau Sumatera. Saat beranjak dewasa Bujang dibawa oleh Tauke Muda ke kota untuk bergabung ke dalam keluarga Tong menjadi seorang tukang pukul, bahkan lebih dari seorang tukang pukul. Keluarga Tong memiliki harapan Bujang dapat menjadi masa depan keluarga Tong. Semenjak kedatangan Bujang ke keluarga Tong, Bujang beradaptasi dan mengikuti berbagai macam pendidikan dan pelatihan bela diri, menembak, menerbangkan pesawat, dan ninja. Selama beradaptasi dalam keluarga Tong, Bujang juga mencari tahu tentang kedua orang tuanya melalui orang-orang yang ada di lingkaran keluarga Tong. Dalam perjalanan hidupnya ini Bujang harus menghadapi beberapa konflik, pertama Bujang harus menghadapi konflik mengenai shadow economy, dan konflik yang paling besar yang harus Bujang hadapi ialah konflik di dalam keluarganya sendiri.

Novel Pulang ini memiliki cerita sekuel dengan judul Pergi. Kemudian pada tahun 2021 terbit lagi sekuel lanjutannya dengan judul Pulang-Pergi.

Sumber: gramedia.com

3. Contoh Deskripsi Novel Remaja

contoh deskripsi cerita novel

Novel “Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990” menceritakan kilas balik Milea pada tahun 1990. Pada tahun tersebut, Milea hanyalah remaja SMA pindahan dari Jakarta ke Bandung. Milea memiliki kehidupan layaknya anak SMA. Semuanya berubah ketika seorang remaja pria bernama Dilan mengajaknya berkenalan di suatu siang pada saat jam pulang sekolah. Kisah pun bergulir. Milea mulai menemukan keseruan berkenalan dengan Dilan yang penuh kejutan dan memiliki segala cara untuk membahagiakan dirinya.

Dari perkenalannya inilah Milea dapat melihat sosok Dilan dari sisi yang berbeda bukan Dilan sebagai biang onar di sekolahnya. Milea juga mendapat kesempatan berkenalan dengan keluarga Dilan yang unik dan mengenal bundanya Dilan lebih dekat. Ide cerita yang disuguhkan novel ini terbilang sederhana yakni kisah cinta anak SMA. Namun yang menarik adalah bagaimana sang penulis novel ini, Pidi Baiq, merajut kisah tersebut dengan percakapan humoris dan romantis. Pembaca akan masuk ke dalam cara pandang Milea melihat sosok Dilan yang usil, pemberani dan setia kawan.

Di novel ini banyak cerita yang membuat para remaja senyum-senyum sendiri saat membaca novel ini, karena cerita yang unik dan romantis. Banyak kata-kata dari novel ini yang yang puitis, seperti:
“Milea kamu cantik, tapi aku belum mencintaimu. Nggak tahu kalau sore. Tunggu aja.” (Dilan 1990)
“Milea jangan pernah bilang ke aku ada yang menyakitimu. Nanti besoknya, orang itu akan hilang.” (Dilan 1990)
“Cinta sejati adalah kenyamanan, kepercayaan, dan dukungan. Kalau kamu tidak setuju, aku tidak peduli.” (Dilan 1990)

Sumber: gramedia.com

4. Deskripsi Novel Laut Bercerita

contoh deskripsi cerita novel

Sumber: gramedia.com

5. Deskripsi Cerita Novel Persahabatan

Sumber: bukukita.com

Novel best seller ‘5 cm’ karya Donny Dhirgantoro akan diangkat ke layar lebar mulai tanggal 12.12.12. Sebagai sebuah karya, novel ini sungguh fenomenal karena selama 6 tahun berturut-turut selalu berada pada rak “best seller” di toko buku-toko buku. Lima sahabat telah menjalin persahabatan selama tujuh tahun. Kegemaran mereka adalah mengeksekusi hal-hal yang tidak mungkin dan mencoba segala hal, mulai dari kafe paling terkenal di Jakarta, sampai nonton layar tancap. Semuanya penggemar film, dari film Hollywood sampai film yang nggak kelas—kecuali film India karena mereka punya prinsip bahwa semua persoalan di dunia atau masalah pasti ada jalan keluarnya, tapi bukan dengan dalam bentuk joget. Suatu saat, karena terdorong oleh rasa bosan di antara satu dan yang lain, mereka memutuskan untuk tidak saling berkomunikasi dan bertemu satu sama lain selama tiga bulan. Selama tiga bulan berpisah itulah telah terjadi banyak hal yang membuat hati mereka lebih kaya dari sebelumnya. Pertemuan setelah tiga bulan yang penuh dengan rasa kangen akhirnya terjadi dan dirayakan dengan sebuah perjalanan. Sebuah perjalanan yang penuh dengan keyakinan, mimpi, cita-cita, dan cinta. Sebuah perjalanan yang telah mengubah mereka menjadi seorang manusia sesungguhnya, bukan cuma seonggok daging yang bisa berbicara, berjalan, dan punya nama.

Sumber: buku 5 CM

***

Demikian contoh deskripsi cerita novel singkat dan menarik.

Semoga bermanfaat, ya.

Cek artikel menarik seputar topik lainnya hanya di artikel.rumah123.com.

Ikuti juga Google News rumah123.com agar tetap mendapatkan berita terkini seputar properti.

Tak lupa, kunjungi www.rumah123.com dan temukan hunian menarik karena kami #AdaBuatKamu.

**gambar cover: Shutterstock


Tag: , ,


Ilham Budhiman

Lulusan Sastra Daerah Unpad yang pernah berkarier sebagai wartawan sejak 2017 dengan fokus liputan properti, infrastruktur, hukum, logistik, dan transportasi. Saat ini, fokus sebagai penulis artikel di 99 Group.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA