OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

22 Contoh Artikel Singkat yang Menarik Berbagai Tema Terbaru

01 Maret 2024 · 14 min read Author: Nik Nik Fadlah · Editor: M. Iqbal

contoh artikel singkat

Ingin membuat artikel tapi bingung? Berikut berbagai contoh artikel singkat berbagai tema yang bisa dicontoh.

Ketika ingin mengetahui informasi sesuatu di website, kamu pasti akan dihadapkan oleh berbagai pilihan artikel. 

Artikel sendiri berupa tulisan yang berisi informasi untuk disampaikan oleh khalayak umum. 

Biasanya, artikel dimuat dalam sebuah halaman website, koran, buletin, ataupun majalah. 

Artikel sendiri terdiri dari beberapa kata, mulai dari 300 hingga 2000 kata.

Sementara itu, artikel singkat hanya membutuhkan sebanyak 300 hingga 500 kata saja. 

Bagi Property People yang kebingungan dengan cara menulis artikel yang baik dan benar, simak berbagai contoh artikel singkat di bawah ini, yuk!

Apa Itu Artikel?

Sebelum kita membahas contohnya, ada baiknya kita memahami lebih dalam terelebih dahulu mengenai apa itu artikel.

Menurut buku Artikel karangan Sri Rahayu, Putri Adelia Harahap, dan Harkin Ainun, artikel adalah sebuah esai yang bertujuan untuk menyajikan fakta dan ide menarik untuk meyakinkan pembaca.

Selain itu, artikel pun kerap dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai suatu hal.

Jenis tulisan yang satu ini isinya dapat bermacam-macam.

Kamu bisa menulis informasi seputar sejarah, petualangan, argumentasi, hasil penelitian, hingga pendidikan.

Contoh Artikel Singkat yang Baik dan Benar

Di bawah ini contoh contoh artikel dalam berbagai tema terbaik.

1. Contoh Teks Artikel Singkat tentang Kesehatan

Berikut contoh artikel singkat tentang kesehatan yang bisa menjadi referensi.

Dampak Junk Food bagi Kesehatan

Junk food adalah makanan yang memiliki kandungan gizi yang rendah dan tinggi kalori, lemak, gula, dan garam.

Makanan ini biasanya diolah dengan cara digoreng, dibakar, atau dikemas dalam kaleng. Junk food banyak digemari karena rasanya yang enak dan harganya yang terjangkau.

Namun, konsumsi junk food secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Junk food tinggi kalori dan lemak, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Obesitas dan kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, dan kanker.

Untuk mengurangi konsumsi junk food ini sejumlah cara yang bisa dilakukan:

  • Siapkan makanan sendiri
  • Bawa bekal
  • Hindari makan junk food saat lapar
  • Jangan makan junk food di depan televisi atau komputer

Dengan menerapkan tips-tips tersebut, Anda dapat mengurangi konsumsi junk food dan menjaga kesehatan Anda.

2. Contoh Artikel Berita tentang Teknologi

Inilah contoh artikel singkat dengan topik teknologi.

Sedia Laptop sebelum Lindu

Untuk selamat dari gempa, Anda perlu mengetahui kedatangan bencana itu enam detik sebelumnya. Namun, sejauh ini tak ada cara untuk mengetahui kapan gempa terjadi.

Para peneliti Universitas Stanford dan Universitas California, Riverside, Amerika Serikat, mengembangkan cara baru untuk mendeteksi gempa. Cara ini menggunakan jaringan laptop yang tersebar di seluruh dunia. Laptop-laptop tersebut dilengkapi dengan sensor akselerometer yang dapat mendeteksi getaran gempa.

Dengan cara ini, penduduk sebuah wilayah dapat mendapat informasi bahwa gempa terjadi di wilayah lainnya enam detik lebih cepat. Perbedaan waktu sekecil ini bisa berarti banyak, karena kematian akibat gempa biasanya disebabkan oleh bangunan runtuh. Enam detik mestinya cukup untuk berlari ke luar bangunan.

Mulai beroperasi awal tahun ini, sekitar 300 laptop di seluruh dunia sudah bergabung dalam jaringan ini. Sejauh ini tak satu pun laptop itu yang berasal dari Indonesia, padahal negeri ini dikenal sebagai negara yang kerap diterpa gempa. Para penggagas jaringan ini berharap, ke depannya akan ada lebih banyak komputer portabel yang bergabung dengan jaringan ini.

3. Contoh Artikel Populer

Berikut contoh artikel populer yang bisa dicontoh.

Bahaya Pewarna pada Makanan

Pewarna makanan adalah zat yang ditambahkan ke makanan untuk memberikan warna. Pewarna makanan dapat berasal dari bahan alami, seperti buah-buahan dan sayuran, atau dari bahan sintetis.

Pewarna makanan biasanya digunakan untuk mempercantik tampilan makanan dan menarik perhatian konsumen. Namun, pewarna makanan juga dapat berbahaya bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengurangi paparan pewarna makanan:

  • Baca label makanan dengan cermat. Jika makanan mengandung pewarna makanan, pilihlah makanan lain yang tidak mengandung pewarna makanan.
  • Hindari makanan yang dikemas dalam kaleng atau sachet. Makanan yang dikemas dalam kaleng atau sachet lebih sering mengandung pewarna makanan.
  • Masak sendiri makanan di rumah. Dengan memasak sendiri makanan di rumah, Anda dapat mengontrol penggunaan pewarna makanan.

Pewarna makanan dapat berbahaya bagi kesehatan, terutama pada anak-anak. Oleh karena itu, pewarna makanan sebaiknya dibatasi konsumsinya.

4. Contoh Artikel Opini

Inilah contoh artikel opini singkat.

Pentingnya Kuliah dalam Membentuk Masa Depan

Kuliah telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan banyak orang di seluruh dunia.

Saya pribadi berpendapat bahwa kuliah memiliki peran penting dalam membentuk masa depan seseorang, meskipun pendapat ini mungkin tidak berlaku untuk semua orang.

Pertama-tama, kuliah adalah kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan yang mendalam dalam bidang yang kita pilih.

Di dalam kelas, kita memiliki kesempatan untuk belajar dari para ahli di bidang tersebut, berinteraksi dengan rekan-rekan sekelas, dan mendalami konsep-konsep yang mungkin tidak akan kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini membantu kita menjadi ahli di bidang kita dan memberi kita bekal yang kuat untuk memasuki dunia kerja.

Selain pengetahuan, kuliah juga membantu kita mengembangkan keterampilan kritis yang sangat berharga.

Keterampilan seperti pemecahan masalah, analisis, dan pemikiran kritis diperlukan dalam hampir semua profesi.

Kuliah memberi kita kesempatan untuk mengasah keterampilan ini melalui tugas, proyek, dan ujian yang kita hadapi. Ini adalah investasi jangka panjang yang akan membantu kita sukses dalam karier kita nanti.

Tidak hanya itu, kuliah juga membuka pintu bagi kita untuk membangun jaringan profesional yang luas.

5. Contoh Artikel Singkat tentang Gempa Bumi

Berikut contoh artikel pendek tentang fenomena gempa bumi.

Meramal Datangnya Gempa

Sepintas lalu benda itu tak kelihatan istimewa: sebuah mesin dengan jarum pencatat, satu boks amplifier; dan sebuah silinder tembaga berwarna cokelat kehitaman.

Tapi Michael Gladwin ahli fisika dari Universitas Queensland, Brisbane, Australia, mengklaim perkakas bikinan tangannya itu punya tuah istimewa. Bisa dipakai untuk meramalkan gempa bumi ujarnya.

Cara kerjanya? Pada dinding silinder tembaga itu, Gladwin membuat beberapa buah lorong. Salah satu di antaranya disumbatnya dengan tanah padat yang berasal dari kerak bumi.

Tepat di tengah silinder itu, ditempatkannya sebuah tabung logam untuk meletakkan sensor gempa bumi, yang dirancang superpeka terhadap setiap gaya yang menekannya.

Sebuah sentuhan ringan pada tanah dalam silinder sudah cukup untuk menggerakkan jarum skala pada mesin pencatat, dan sekaligus bisa diketahui besarnya tekanan yang terjadi.

Sensor pemantau gempa yang dipasang Gladwin pada tabung logam itu (bergaris tengah sekitar 30 sentimeter dan panjang sekitar 1,2 meter) jumlahnya tiga buah untuk setiap tabung dan digerakkan dengan sistem arus listrik.

Arus itu dihasilkan oleh dua dari tiga sensor berbentuk lempeng lgam, disusun sejajar, yang berperan sebagai kapasitor listrik, dan kemudian membentuk medan magnet pada lempeng yang berada di tengah.

Lempeng tengah itu kemudian menularkan lagi gaya magnetnya pada kedua lempeng pengapit lewat proses induksi. Gaya magnet pada kedua lempeng pengapit itu, yang dililit dengan kabel sehingga berbentuk kun1paran, kembali menghasilkan listrik. Begitu seterusnya.

Besarnya arus listrik yang timbul dari kedua kapasitor itu tergantung jaraknya terhadap pelat magnet permanen. Malkin jauh, kian kecil arus listrik yang timbul, dan sebaliknya.

Gejala ini dimanfaatkan Gladwin dengan memasang satu kapasitor dalam jarak tetap terhadap sumber magnet, dan satu kapasitor lagi yang bisa bergerak mendekati atau menjauhi.

6. Contoh Artikel Pendek tentang Belajar

Di bawah ini adalah contoh artikel menarik mengenai belajar.

Bagaimana Menumbuhkan Semangat Belajar?

Semangat belajar merupakan faktor penting dalam menentukan kesuksesan seseorang dalam bidang akademik maupun non-akademik. Tanpa semangat, seseorang akan sulit untuk mencapai tujuannya.

Ada beberapa tips yang dapat membantu Anda menjaga semangat belajar:

  • Temukan tujuan belajar Anda. Apa yang ingin Anda capai dengan belajar? Apakah Anda ingin mendapatkan nilai bagus, lulus ujian, atau mendapatkan pekerjaan yang lebih baik? Ketika Anda memiliki tujuan yang jelas, Anda akan lebih termotivasi untuk belajar.
  • Buatlah jadwal belajar yang realistis. Jangan mencoba untuk belajar terlalu banyak dalam waktu singkat. Buatlah jadwal yang membagi waktu belajar Anda menjadi beberapa sesi yang lebih pendek.
  • Temukan tempat belajar yang kondusif. Pastikan tempat belajar Anda tenang dan bebas dari gangguan.
  • Belajarlah dengan cara yang menyenangkan. Ada banyak cara untuk belajar yang menyenangkan. Cobalah untuk menemukan metode belajar yang cocok untuk Anda.
  • Jangan takut untuk meminta bantuan. Jika Anda mengalami kesulitan, jangan takut untuk meminta bantuan kepada guru, teman, atau orang tua Anda

Semangat belajar merupakan faktor penting dalam menentukan kesuksesan seseorang. Dengan memiliki semangat belajar yang tinggi, Anda dapat meningkatkan nilai Anda, meningkatkan keterampilan Anda, dan meningkatkan kepercayaan diri Anda. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga semangat belajar Anda.

 7. Contoh Artikel Review

Berikut contoh artikel yang baik dan benar.

Lord of the Rings: Sebuah Epik Fantasi yang Tak Lekang oleh Waktu

Lord of the Rings adalah sebuah trilogi novel fantasi karya J.R.R. Tolkien yang diterbitkan pada tahun 1954 hingga 1955.

Novel ini telah diadaptasi menjadi berbagai media, termasuk film, serial televisi, dan permainan video.

Trilogi Lord of the Rings berkisah tentang Frodo Baggins, seorang hobbit yang ditugaskan untuk menghancurkan Cincin Utama, sebuah artefak jahat yang dapat menghancurkan dunia.

Frodo ditemani oleh sekelompok teman dan sekutunya dalam perjalanannya untuk menghancurkan cincin tersebut.

Lord of the Rings memiliki banyak kelebihan yang membuatnya menjadi salah satu karya fiksi terbaik sepanjang masa. Beberapa kelebihan tersebut antara lain:

  • Cerita yang epik dan penuh petualangan
  • Karakter yang kompleks dan relatable
  • Setting yang kaya dan imersif
  • Nilai-nilai moral yang mendalam

Lord of the Rings juga memiliki beberapa kekurangan, meskipun kekurangan tersebut tidak terlalu signifikan. Beberapa kekurangan tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Kecepatan cerita yang lambat
  • Bahasa yang kompleks

Lord of the Rings adalah sebuah karya fiksi yang sangat luar biasa.

Novel ini adalah sebuah kisah epik yang penuh petualangan, karakter yang kompleks, setting yang kaya, dan nilai-nilai moral yang mendalam.

Lord of the Rings adalah sebuah karya yang akan terus dinikmati oleh para penggemarnya dari generasi ke generasi.

8. Contoh Artikel Terbaru

Berikut contoh artikel bahasa Indonesia singkat.

 Peluang Bisnis Online

Zaman sudah berubah. Sudah semestinya, setiap pelaku usaha menyesuaikan diri dengan keadaan. Termasuk dalam merancang strategi promosi. Jika tidak, jangan menyesal bila akhirnya usahanya merugi.

Ada beberapa alasan penting mengapa beralih ke strategi digital itu penting. Kami merangkumnya dalam tiga poin.

  1. Dengan digitalisasi, promosi bisa memiliki jangkauan lebih luas
  2. Secara hitung-hitungan biaya, promosi digital jauh lebih murah ketimbang cara-cara konvensional
  3. Perilaku konsumen sudah berubah, mereka sangat akrab dengan belanja online. Bahkan, dalam beberapa produk mereka lebih senang membeli secara online ketimbang offline

Dengan tiga alasan di atas, rasa-rasanya semua pelaku usaha tak bisa menganggap remeh promosi dengan cara baru ini. Kecuali, jika sudah siap usahanya bangkrut. Bagaimana tanggapanmu?

9. Contoh Artikel Sederhana

Di bawah ini adalah contoh mini artikel yang bisa menjadi sumber referensi bacaan.

Menjaga Kesehatan Mental di Era Modern

Kesehatan mental menjadi perhatian yang semakin penting di tengah perkembangan teknologi digital yang pesat. Kehadiran teknologi memang mampu membantu segala aktivitas. Namun, di balik segala manfaatnya, ada juga dampak negatif yang perlu kita waspadai.

Misalnya saja dalam kasus media sosial yang telah memberikan kita akses tak terbatas pada informasi dan koneksi dengan orang lain di seluruh dunia. Namun, popularitas media sosial juga telah menciptakan tekanan sosial baru yang dapat memengaruhi kesehatan mental kita. Perbandingan diri yang tidak sehat, rasa cemas berlebihan, dan perasaan tidak berharga dapat muncul karena terjebak dalam budaya pembandingan yang dibawa oleh media sosial.

Selain itu, penggunaan yang berlebihan terhadap perangkat digital juga dapat berdampak negatif pada kesehatan mental. Kesulitan untuk memisahkan diri dari teknologi dan terus-menerus terhubung dengan dunia maya dapat menyebabkan stres, kecemasan, dan gangguan tidur.

Maka dari itu, sebaiknya gunakanlah teknologi dengan bijak, tetap terhubung dengan dunia nyata, dan memberikan perhatian pada diri sendiri dan orang-orang di sekitar kita adalah langkah-langkah penting dalam merawat kesehatan mental di era modern seperti sekarang ini.

10. Artikel Literasi Singkat

Inilah contoh artikel yang benar dalam bahasa Indonesia.

Pentingnya Membaca 

Sempatkanlah membaca di waktu luang, jika ingin hidup lebih lama.

Menurut studi terbaru dari Yale University’s School of Public Health, orang yang banyak membaca hidupnya bisa dua tahun lebih lama dibandingkan dengan orang yang tidak membaca.

Namun, jangan cuma membaca artikel di surat kabar atau majalah, apalagi online. Membaca bacaan pendek tidak akan punya dampak yang sama seperti menghabiskan sebuah buku atau novel. Menurut Avni Bavishi, ilmuwan yang memimpin studi, buku lebih menstimulasi otak.

“Buku lebih menunjang pembacaan yang mendalam dan menolong pembaca untuk lebih terkait dengan dunia di luar,” katanya.

11. Contoh Artikel Singkat Bahasa Indonesia

Inilah contoh artikel singkat beserta fakta dan opininya.

Kenali Produk Vegan yang Bermanfaat

Saat ini masyarakat lebih sadar akan kesehatan dan lingkungan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, banyak perusahaan yang meluncurkan produk vegan.

Produk vegan dinilai lebih aman untuk tubuh dan juga lebih ramah lingkungan. Beberapa produk vegan dibuat dengan kemasan yang berasal dari ulang.

Tentu saja hal tersebut dapat sangat bermanfaat, bukan hanya bagi kita saja melainkan juga untuk kelestarian bumi.

12. Contoh Artikel Kehidupan Sehari Hari

Berikut contoh artikel singkat bahasa Indonesia tema kehidupan.

Memaknai Kehidupan

Angin gurun menderu, menerbangkan pasir lembut ke wajahku. Aku berdiri di atas bukit pasir yang raksasa, matahari membakar kulit, tapi pemandangan terbentang luas dan takjub.

Keindahan gurun yang fana ini mengingatkan hal serupa tentang hidup kita yang singkat, rapuh, tetapi punya potensi luar biasa.

Kita sering terjebak dalam ilusi keabadian. Kita mengejar harta, jabatan, kekuasaan, seolah-olah jam pasir waktu takkan pernah habis.

Padahal, setiap embusan napas, setiap langkah kaki, adalah pengingat bahwa detik-detik berharga itu terus tergerus.

Hidup tak diukur dengan panjangnya, tapi dengan kedalamannya. Seperti butiran emas yang dihancurkan tekanan dan panas, barulah ia terlahir kembali sebagai berlian berkilau.

Makna tak datang dari durasi semata, tapi dari cara kita mengisi detik-detik yang ada.

Kita bisa memilih. Mengisi hidup dengan rutinitas tak bermakna, mengejar bayang-bayang kesuksesan palsu, atau menyalakan api di dalam diri.

Mengejar mimpi yang menggetarkan jiwa, menebar kebaikan yang menyentuh hati, membangun jembatan cinta dengan sesama.

Setiap senyum yang kita ciptakan, setiap tangan yang kita ulurkan, setiap tantangan yang kita taklukkan, adalah ukiran-ukiran indah pada batu prasasti hidup kita.

Tak peduli seberapa singkat waktu yang diberikan, karya seni itu akan tetap abadi.

Jadi, janganlah takut mati, takutlah hidup tanpa pernah benar-benar hidup. Berani bermimpi, berani berbuat, berani mencintai.

Biarkan hidupmu bagai lilin, menerangi sekeliling walau terbakar habis. Biarkan kenanganmu bagai meteor, melintas cepat namun membekas di langit malam.

13. Contoh Artikel 3 Paragraf

Di bawah ini contoh artikel 3 paragraf tentang membaca buku.

Manfaat Membaca Buku untuk Anak-anak

Membaca buku merupakan salah satu aktivitas yang paling bermanfaat bagi anak-anak. Membaca buku dapat membantu anak-anak mengembangkan kemampuan bahasa, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, dan memperluas wawasan mereka.

Kemampuan bahasa adalah keterampilan yang penting bagi anak-anak untuk sukses di sekolah dan dalam kehidupan mereka. Membaca buku membantu anak-anak mengembangkan kosakata, pemahaman bacaan, dan kemampuan mereka untuk mengekspresikan diri.

Membaca buku juga dapat membantu anak-anak meningkatkan keterampilan berpikir kritis mereka. Ketika anak-anak membaca, mereka dipaksa untuk mengevaluasi informasi yang mereka baca dan membuat kesimpulan. Ini adalah keterampilan yang penting untuk kesuksesan di sekolah dan dalam kehidupan sehari-hari.

14. Contoh Artikel Singkat tentang Lingkungan

Berikut contoh artikel singkat tema kerusakan lingkungan.

contoh artikel singkat bahasa indonesia

15. Contoh Artikel Singkat di Koran

Berikut contoh artikel singkat di koran yang baik dan benar.

contoh artikel menarik di koran singkat

Sumber: Twitter.com

16. Contoh Teks Artikel Singkat tentang Pendidikan

Berikut contoh artikel singkat sederhana dengan tema pendidikan.

artikel literasi singkat tentang pendidikan

17. Contoh Artikel yang Baik dan Benar 

Berikut contoh artikel berita yang menarik.

contoh artikel yang baik dan benar populer

Contoh artikel singkat menarik (Sumber: Detik.com)

18. Contoh Artikel Praktis tentang Usaha 

Berikut tema artikel tentang usaha yang bisa kamu baca.

contoh artikel praktis tentang usaha

Artikel bebas (Sumber: Scribd.com)

19. Contoh Artikel tentang Lingkungan Hidup 

Inilah contoh artikel literasi singkat yang penuh pesan.

contoh artikel menarik tentang lingkungan hidup

Sumber: Kompasiana.com

20. Contoh Artikel Menarik yang Benar 

Berikut contoh tulisan artikel yang benar.

contoh artikel menarik yang benar

Contoh artikel bahasa indonesia (Sumber: Detik.com)

21. Contoh Artikel Bahasa Indonesia tentang Hukum 

Berikut tema artikel tentang hukum yang menarik.

artikel tentang hukum

Contoh artikel praktis singkat (Sumber: Scribd.com)

22. Contoh Artikel Berita 

Berikut contoh artikel praktis dari koran.

contoh artikel berita menarik

Artikel terbaru singkat yang menarik (Sumber: Kompas.com)

Tips Menulis Artikel

Menurut buku Tiga Jurus Mudah Menulis karya Andy, Dyah, dan Siska terdapat beberapa tips menulis artikel yang penting untuk diperhatikan.

Berikut di antaranya:

  • Tentukan niat dan motivasi menulis.
  • Tentukan tema dan judul artikel.
  • Mulai membuat kerangka karangan.
  • Tentukan jenis tulisan yang diinginkan.
  • Coba uraikan tiap kerangka karangan.
  • Biarkan tulisan mengalir sehingga enak untuk dibaca.

***

Itulah berbagai contoh artikel singkat yang bisa menjadi referensi.

Ingin mengetahui informasi lainnya seputar gaya hidup? Temukan selengkapnya hanya di artikel.rumah123.com.

Kamu juga dapat mengikuti Google News kami untuk mendapatkan berita terbaru.

Yuk, segera wujudkan keinginan untuk memiliki rumah impian bersama Rumah123.com karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya