OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

13 Contoh Amanat Pembina Upacara yang Singkat dan Jelas Berbagai Tema

07 Mei 2024 · 12 min read Author: Hendi Abdurahman · Editor: Bobby Agung Prasetyo

contoh amanat pembina upacara

contoh amanat pembina upacara

Teks amanat pembina upacara yang singkat dan jelas untuk upacara hari Senin SD serta SMP memiliki contoh yang beragam.

Amanat pembina upacara adalah bagian penting dalam upacara bendera yang berisi suatu pesan, nasihat, atau perintah dari pembina upacara kepada para peserta upacara.

Amanat pembina upacara umumnya dilakukan oleh kepala sekolah atau guru ketika upacara bendera hari Senin atau pada upacara-upacara tertentu.

Adapun tema dan isi yang akan dikemukakan disarankan singkat, jelas, dan tidak membosankan sehingga para peserta upacara tidak merasa jenuh.

Maka dari itu, ada baiknya pembina upacara perlu mempersiapkan apa yang hendak disampaikan jauh-jauh hari.

Berikut kami beberkan contoh teks amanat pembina upacara SD dan SMP berbagai tema yang bisa dijadikan inspirasi.

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara

1. Contoh Teks Amanat Pembina Upacara Hari Senin

Berikut ini adalah contoh amanat pembina upacara SMP tentang semangat belajar dengan harapan para peserta didik bisa mengambil hikmah yang disampaikan.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

Bismillahirrahmaniirrohiim. Alhamdulillahi rabbil alamin. Waasalatu wassalamu ‘ala asrafil anbiya-iwal mursalin. Wa ‘ala alihi wa sabihi ahma-in Amma Ba’du.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Swt. karena atas berkat dan rahmat-Nya kita bisa berkumpul pada hari Senin yang cerah ini dalam kegiatan rutin upacara bendera.

Tak lupa, shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan pada junjungan kita, Nabi Muhammad saw., kepada keluarganya, sahabatnya, dan pada kita semua selaku pengikutnya.

Kepada yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMPN 2 Jatiluhur beserta ibu/bapak guru dan staf. Tidak lupa siswa-siswa kelas 7, 8, dan 9 yang bapak banggakan.

Pada kesempatan kali ini, bapak akan selalu mengingatkan betapa pentingnya mempunyai motivasi dan semangat belajar yang terus menggebu.

Hal ini penting karena dengan semangat belajar, kita semua bisa terus mengejar kesuksesan di masa depan.

Siswa-siswi yang bapak cintai.

Semua orang memiliki harapan untuk menjadi sukses. Semua orang mempunyai potensi untuk berhasil.

Namun, hal tersebut harus diiringi dengan motivasi belajar serta tekad yang kuat dan tentunya jangan sampai pantang menyerah.

Belajar bukanlah perkara gampang, terutama jika dalam diri kita tidak tertanam semangat dan motivasi.

Motivasi belajar bisa datang dari mana saja, dari orang terdekat, dari keinginan untuk meraih cita-cita, dan bahkan dari hal-hal yang tidak terduga.

Semua sumber motivasi itu bisa membantu kita untuk terus meningkatkan semangat belajar guna menjadi orang berprestasi.

Jadi, anak-anakku sekalian.

Teruslah pupuk semangat belajar itu, teruslah termotivasi. Belajar dengan sungguh-sungguh.

Mulai sekarang, marilah kita sama-sama memulai hari dengan motivasi dan semangat belajar yang membuncah agar apa yang kita citakan bisa tercapai.

Semoga, apa yang bapak sampaikan dapat kalian renungi dan jadikan motivasi.

Itulah yang ingin bapak tekankan dan haturkan, kurang lebihnya bapak mohon maaf.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2. Contoh Amanat Pembina Upacara Singkat

Berikut ini adalah contoh amanat pembina upacara yang singkat dan jelas.

amanat pembina upacara

sumber: scribd.com

Bismillahirrahmanirrahim. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang saya hormati Bapak/Ibu guru beserta staf tata usaha, serta teman-temanku yaang saya cintai.

Mengawali amanat ini, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt. atas limpahan nikmat, terutama nikmat iman dan islam.

Shalawat dan salam kita curahkan kepada Nabi Muhammad saw beserta keluarga dan para sahabat.

Teman-temanku generasi bangsa yang saya cintai

Upacara bendera yang sering dianggap sebagai formalitas belaka, justru mengandung makna yang sangat bermanfaat bagi generasi muda. Bermanfaat karena menjadi instrumen atau alat yang cukup efektif untuk menumbuhkembangkan potensi diri. Dengan melaksanakan upacara bendera, itu artinya kita membentuk diri sebagai generasi disiplin, terampil, dan berjiwa patriot.

Teman-temanku yang saya banggakan.

Upacara bendera juga mengajak teman-teman untuk berjiwa patriot. Berdiri dan menghormati bendera merah putih diiringi lagu Indonesia Raya. Bila teman-teman mampu berdisiplin, maka pada saat pengibaran bendera hatinya akan bergetar sekaligus bangga karena sang merah putih berkibar dengan gagahnya.

Di sanalah terlihat bahwa bangsa kita adalah bangsa yang merdeka dan berdaulat. Merdeka karena jasa para pahlawan yang gagah berani mengusir penjajah dari tanah air yang kita cintai.

Oleh karena itu, semoga upacara bendera adalah medium bagi kita untuk terus bersikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari.

Saya kira itu saja pesan yang ditekankan, mohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam kata-kata.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

3. Contoh Amanat Pembina Upacara tentang Kebersihan

Yang saya hormati, Bapak Kepala Sekolah beserta staf.

Yang saya hormati Bapak dan Ibu Guru.

Dan yang saya sayangi siswa-siswi yang berbahagia.

Pertama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt. yang telah memberikan banyak kenikmatan, terutama nikmat sehat.

Kedua, mari kita lantunkan sholawat dan salam kepada Nabi Muhammad saw. yang telah membawa kita ke zaman terang benderang seperti sekarang.

Pada kesempatan ini, izinkan saya untuk menyampaikan amanat pembina upacara dengan tema kebersihan sekolah.

Di sekolah, siswa dibimbing supaya menjadi anak yang pandai, mempunyai perilaku baik, dan tentu saja berguna bagi keluarga dan masyarakat luas.

Maka dari itu, untuk menumbuhkan rasa nyaman dalam proses belajar-mengajar, kita semua mesti memiliki tanggung jawab dan kesadaran perihal kebersihan sekolah.

Saya yakin bahwa kebersihan bakal membuat kita semua belajar lebih optimal, aman, dan nyaman sehingga jauh dari berbagai penyakit.

Dalam menjaga kebersihan, kita tidak bisa hanya melibatkan petugas piket saja, melainkan juga harus saling bersinergi dan bertanggung jawab satu sama lain.

Semuanya mesti saling menjaga, entah itu siswa, penjaga sekolah, guru, atau bahkan kepala sekolah sekalipun.

Agar kebersihan sekolah selalu terjaga, kita semua mesti membuang sampah pada tempatnya, tidak mencoret meja, kursi, atau dinding kelas.

Kemudian, jika kalian hendak buang air kecil, jangan lupa untuk selalu disiram supaya tidak menimbulkan bau yang mengganggu.

Ingatlah selalu bahwa kebersihan sebagian dari iman.

Itulah amanat pembina upacara tentang kebersihan yang bisa saya sampaikan.

Mari kita coba untuk mempraktikkannya bersama-sama, saling mengingatkan, dan disiplin menjaga kebersihan.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan pada upacara kali ini, semoga kita selalu sehat.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Contoh Amanat Pembina Upacara yang Tidak Membosankan

Inilah contoh amanat pembina upacara yang tidak membosankan dan bisa dijadikan referensi.

amanat pembina upacara yang tidak membosankan

sumber: scribd.com

5. Contoh Amanat Pembina Upacara SD

contoh amanat pembina upacara sd

sumber: scribd.com

Berikut ini adalah contoh amanat pembina upacara SD yang bisa dijadikan acuan bagi tenaga pendidik Sekolah Dasar.

Hadirin dan tamu undangan yang kami hormati.
Anak-anakku sekalian yang Ibu cintai.

Alhamdulillah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah Swt, bahwa atas segala nikmat dan karunia-Nya pada hari Senin ini kita dapat melaksanakan upacara bendera dalam rangka lomba Tata Upacara Bendera secara khidmat.

Anak-anakku sekalian yang kami cintai, tugas utama kalian sebagai pelajar adalah terus belajar baik di sekolah maupun di rumah. Pergunakan waktu luang dengan sebaik-baiknya dengan kegiatan positif yang bisa menambah pengetahuan dan wawasan kalian.

Anak-ankku yang kami cintai, untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, pihak sekolah telah berusaha untuk memfasilitasi dengan sarana prasarana yang memadai. Salah satunya adalah gedung SDN Giriwinaya yang telah mempunyai ruang kelas yang layak.

Begitu pula dengan pemagaran sekolah sebagai bentuk keamanan dari kami untuk kita semua. Alhamdulillah SDN Giriwinaya mendapatkan bantuan dari alumni yang sekarang sudah berkedudukan di DPRD.

Maka dari itu, Ibu mengajak agar kita semua merawat sebaik-baiknya sekolah kita tercinta ini. Semoga dengan infrastruktur yang memadai, kualitas belajar mengajar menjadi lebih baik.

Itu saja kiranya yang dapat Ibu sampaikan dalam amanat pembina upacara ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

6. Contoh Amanat Pembina Upacara yang Menyentuh

Assalamualaikum Wr. Wb.

Di hari yang cerah ini, kita semua berkumpul dalam keheningan dan kedamaian. Upacara ini bukan semata-mata acara formal, tetapi sebagai sebuah medium untuk merenung dan menginspirasi diri sendiri.

Mari kita bersama-sama memahami pesan-pesan yang terkandung dalam upacara hari Senin ini.

Pertama, marilah kita bicarakan tentang nilai kesederhanaan. Di tengah laju dunia yang serbacepat, sering kali kita hanya berfokus pada hal-hal yang sifatnya materi dan lupa akan keindahan kesederhanaan.

Perlu diketahui, kesederhanaan mengajarkan kita untuk menghargai hal-hal kecil, misalnya senyuman teman, atau begitu indahnya alam semesta.

Kemudian yang kedua, mari jangan lupakan pula pentingnya keberanian karena hidup penuh dengan tantangan dan ketidakpastian. Keberanian bukan berarti tidak merasa takut, tetapi lebih kepada berani maju meskipun ada rasa takut.

Saudara-saudara yang saya cintai, hari ini adalah hari untuk merenung dan memikirkan bagaimana kita bisa menjalani hidup lebih baik.

Kesederhanaan dan keberanian menjadi faktor penting agar kita senantiasa bisa menjadi individu lebih baik.

Terima kasih dan semoga upacara ini memberikan inspirasi. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

7. Contoh Amanat Pembina Upacara tentang Akhlak

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah Swt., Tuhan semesta alam yang atas nikmat dan karunia-Nya kita bisa bertemu pada kesempatan ini. Tidak lupa selawat dan salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad saw..

Anak-anakku semuanya, khususnya peserta didik SD Mulia Karim yang sangat ibu cintai. Dalam kesempatan ini saya sebagai pembina upacara bakal menyampaikan sebuah amanat yang bertema akhlak, khususnya perihal sopan santun.

Sopan santun seyogianya adalah sikap yang harus tertanam sejak kecil, terlebih pertama kali seseorang bisa jadi dinilai dari akhlak atau sopan santun itu sendiri.

Nah, siapa yang mesti kita perlakukan dengan sopan dan santun? Bersikap sopan santun tidak boleh pandang bulu alias harus dilakukan kepada siapa pun, entah itu kepada orang tua, guru, teman.

Untuk anak-anakku tersayang, mari kita berlatih untuk terus memperbaiki akhlak atau sopan santun dalam kehidupan sehari-hari karena manfaatnya sangatlah banyak.

Percayalah, akhlak yang baik disertai sopan santun bakal membawa kita semua kepada kebaikan.

Itulah amanat pembina upacara tentang akhlak dan sopan santun yang dapat saya sampaikan. Semoga anak-anak semua bisa mengambil hikmah dari amanat ini.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

8. Contoh Amanat Pembina Upacara Hari Senin

contoh amanat pembina upacara hari senin

sumber: scribd.com

9. Teks Amanat Pembina Upacara

contoh amanat pembina upacara hari senin

Berikut ini adalah contoh teks amanat pembina upacara yang dapat dijadikan referensi.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Innal hamda lillah, washolatu wassalamu ‘ala rosulillah, laa haula walaa quwwata illa billah. Amma ba’du.

Kepada yang terhormat Bapak/Ibu kepala sekolah, ibu guru dan staf serta karyawan yang saya hormati, juga anak-anak peserta didik yang saya cintai.

Puji syukur kehadirat Allah Swt. yang senantiasa memberikan taufik dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita bisa berkumpul dalam acara upacara bendera hari Senin ini.

Anak-anakku sekalian, alhamdulillah pada upacara kali ini berjalan dengan sangat baik. Yuk, jaga terus kekompakan antarsiswa semua agar SD kita menjadi yang terbaik.

Anak-anak semua, apa, sih, upacara bendera itu? Apakah hanya sekadar mengibarkan bendera merah putih saja?

Harus diketahui bahwa terdapat nilai-nilai luar biasa dalam pelaksanaan upacara bendera, salah satunya menghormati jasa para pahlawan yang telah mendahului kita.

Pahlawan yang berjuang demi tegaknya kemerdekaan, demi naiknya merah putih di tiang tertinggi dan menjadi negara merdeka.

Selain itu, upacara bendera juga sebagai perwujudan cinta Tanah Air. Maka dari itu, mari tanamkan nilai-nilai disiplin dalam upacara. Tanamkan terus rasa cinta berbangsa dalam diri kita semua.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan dalam upacara kali ini. Teruslah semangat dan jaga nama baik sekolah tercinta ini. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

10. Contoh Amanat Pembina Upacara yang Menarik

contoh amanat pembina upacara yang menarik

sumber: scribd.com

11. Contoh Amanat Pembina Upacara Hari Pramuka

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam Pramuka! Salam Pramuka! Salam Pramuka!

Selamat pagi, adik-adik!

Dalam kesempatan kali ini, saya selaku pembina pramuka mengajak untuk memaknai arti pramuka. Pramuka itu harus selalu ada di setiap kehidupan kita sebagai pelajar. Kita tahu, saat ini generasi muda cenderung lari dari masalah dan menghindari tantangan. Akibatnya tentu saja berdampak pada sikap, misalnya menjadi gampang menyerah dan tidak memiliki kepercayaan diri.

Menjadi pandu atau pramuka dalam kehidupan tentu bukanlah sekadar bualan, tetapi mesti siap lahir dan batin serta menerima risiko. Selain itu, kita pun harus memberikan teladan yang baik. Sukses tidaknya kita di masa depan bukan tujuan utama, yang lebih penting adalah kita telah berjuang dengan sekuat tenaga.

Adik-adik sekalian,

Seorang pramuka yang menjadi pembina memiliki kemampuan untuk mengerjakan tugasnya secara maksimal dan penuh tanggung jawab. Maka dari itu, pesan saya untuk kalian semua, jadilah pramuka yang selalu berada di garda terdepan. Dengan demikian, secara tidak langsung kita akan mengangkat derajat pramuka yang semakin dibanggakan.

Semoga amanat ini bermanfaat. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan, saya akhiri, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

12. Teks Amanat Pembina Upacara tentang Kesadaran Diri

amanat pembina upacara tentang kesadaran diri

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji serta syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan karunia-Nya, kita semua bisa berkumpul di tempat berbahagia ini dalam rangka upacara bendera hari Senin.

Amanat pembina upacara yang akan saya sampaikan bertemakan tentang kesadaran diri.

Pada masa sekarang, kesadaran diri adalah sesuatu yang sudah seharusnya dipunyai oleh semua orang, termasuk para siswa. Kesadaran diri tidak hanya memberikan batasan, tetapi juga membuat seseorang menjadi tahu apa yang sebaiknya mesti dilakukan dan apa yang harus dilarang.

Untuk para pelajar, tugas utama kalian adalah belajar, entah itu di sekolah, di rumah, atau di lingkungan masyarakat. Belajar di sekolah salah satunya dengan mengikuti dan memahami penjelasan guru.

Lalu, apakah belajar di sekolah itu sudah cukup? Tidak, belajar bisa dilakuka di mana pun. Namun, dalam konteks belajar di sekolah, para siswa sudah seharusnya belajar dengan giat dan sebaik mungkin.

Sementara itu, belajar di lingkungan sekitar juga harus dicanangkan sejak dini. Siswa bisa memperlihatkan sifat baik di lingkungan masyarakat dan jangan lupa pula untuk selalu menghargai satu sama lain.

Semoga amanat dari saya selaku pembina bisa dimengerti. Semoga pula amanat ini bermanfaat.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

13. Amanat Pembina Upacara tentang Sopan Santun

Assalamualaikum wr. wb.

Selamat pagi untuk ibu/bapak guru yang saya hormati.

Selamat pagi juga untuk seluruh staf, pegawai sekolah, serta untuk para peserta didik yang saya banggakan.

Syukur dan puji kita layangkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena berkatnya kita bisa kembali mengikuti upacara kali ini.

Amanat pembina upacara hari Senin kali ini mengambil tema tentang sopan santun.

Perlu dipahami bahwa sopan santun adalah budaya yang sudah mengakar di Indonesia umumnya, dan di sekolah kita khususnya. Maka, perlu kiranya kita semua untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan sopan santun, kita semua akan dihargai dan berdampak pada rasa aman, nyaman, dan penuh keharmonisan antarsesama.

Sopan santun punya beberapa medium, misalnya dari pembicaraan, tindakan, atau ketika kita meminta maaf kepada orang lain. Contoh sopan santun yang perlu untuk terus ditingkatkan di lingkungan sekolah misalnya berbicara dengan nada rendah kepada orang tua atau guru.

Pun begitu juga sebaliknya, orang tua atau guru harus memiliki kesopanan kepada murid sehingga tercipta saling menghormati.

Semoga, sikap saling sopan dan santun di sekolah ini terus terjaga hingga kapan pun. Pesan saya, marilah kita tingkatkan dalam keseharian sehingga hal tersebut tanpa disadari menjadi sesuatu yang biasa.

Demikian amanat dari saya, maafkan apabila ada salah-salah kata.

Wassalamualaikum wr. wb.

***

Semoga ulasan mengenai contoh amanat pembina upacara di atas bermanfaat, ya.

Dapatkan lebih banyak informasi hanya di artikel.rumah123.com dan Google News Rumah123.

Jika sedang mencari tempat tinggal untuk keluarga, Rumah123 adalah solusi tepat karena menawarkan berbagai kemudahan.

Mulai dari informasi harga hunian hingga KPR, #SemuaAdaDisini!


Tag: , ,


Hendi Abdurahman

Content Writer

Mengawali karier sebagai penulis lepas seputar tema olah raga di sejumlah media online. Sejak 2021 menjadi penulis konten di 99 Group dengan cakupan tema meliputi properti, marketing, dan gaya hidup. Senang menjelajah kota di akhir pekan.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA