OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

7 Amalan 10 Muharram Sesuai Sunnah serta Ajaran Islam

05 Juli 2023 · 5 min read Author: Rulfhi Alimudin Pratama S

amalan 10 muharram

amalan 10 muharram | shutterstock.com

Umat muslim dianjurkan memperbanyak ibadah pada Hari Asyura atau 10 Muharram. Lantas, apa saja amalan 10 Muharram yang sesuai sunnah dan ajaran Islam? Yuk, cari tahu selengkapnya di sini!

Property People, Muharram adalah salah satu dari empat bulan mulia dalam kalender Islam atau kalender hijriah.

Terdapat banyak peristiwa yang terjadi pada bulan Muharram diantaranya selamatnya Nabi Musa As dari kejaran Firaun dan berlabuhnya kapal Nabi Nuh dari peristiwa banjir bandang selama enam bulan.

Pada tahun ini, 1 Muharram atau Tahun Baru Islam akan diperingati pada Rabu 19 Juli 2023. Sementara 10 Muharram akan jatuh pada Jumat 28 Juli 2023.

Menyambut bulan Muharram, umat Islam sangat dianjurkan untuk mengisinya dengan memperbanyak amalan dan ibadah sunnah lainnya.

Melansir berbagai sumber, berikut amalan 10 Muharram sesuai sunnah dan ajaran agama Islam.

7 Amalan 10 Muharram Sesuai Sunnah

amalan malam 10 muharram

Sumber: Istockphoto.com

1. Puasa Tasu’a dan Asyura

Para umat muslim yang bertakwa dianjurkan untuk melaksanakan ibadah puasa pada tanggal-tanggal tertentu, sebab ada ganjaran khusus yang dijanjikan oleh Allah SWT.

Misalnya pada tanggal 9 Muharram, disunnahkan berpuasa Tasu’a sebagaimana Rasulullah SAW meniatkan diri untuk melaksanakan puasa tersebut.

Lalu, pada tanggal 10 Muharram juga dianjurkan berpuasa sunnah, dosa selama satu tahun akan diampuni jika melakukan puas ini.

Abu Qatadah R.A menerangkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Berpuasa pada hari Asyura’ sesungguhnya aku mengharapkan kepada Allah supaya ia dapat menghapuskan dosa-dosa setahun sebelumnya.” (HR. Ibnu Majah 1738).

2. Memberi Harta untuk Keluarga

Siapa saja yang memberikan harta kepada keluarga dan melapangkan keluarga di hari Asyura akan mendapatkan kelapangan rezeki setiap tahunnya.

Membagikan harta di sini bisa dilakukan dengan cara berbelanja makanan atau kebutuhan lain untuk menggembirakan hati keluarga. 

Dalam hadist Rasulullah SAW juga menjelaskan sebagai berikut:

“Dan berikan kelonggaran harta kepada Keluargamu di hari Asyura, sebab orang yang memberikan kelonggaran harta kepada Istri dan Keluarganya di hari Asyura, maka Allah akan melonggarkan rizkinya orang tersebut setiap tahun.”

3. Introspeksi Diri

Jalan lewatkan malam 10 Muharram tanpa melakukan introspeksi diri.

Setiap orang pasti membutuhkan waktu untuk melakukan hal tersebut, agar bisa melihat apa saja kebaikan dan keburukan yang pernah terjadi dalam hidupnya.

Dalam Ibnu Mas’ud RA, menjelaskan tentang introspeksi diri bahwa:

“Tidak ada penyesalan selain saat matahari sudah tenggelam, kemudian hidup berkurang dan amal tidak juga bertambah.”

4. Perbanyak Shalawat Nabi

Amalan 10 Muharram berikutnya adalah memperbanyak bacaan shalawat nabi.

Amalan ini dapat dilakukan setelah shalat wajib, sebelum dan sesudah berdoa, dan waktu-waktu mustajab lainnya.

Bacaan shalawat yang dianjurkan sebagai berikut:

“Wasshollallahu ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa’alaa aalihi wa shihbihii ajma’iin walhamdulillahi robbil’aalamiin.”

5. Laksanakan Shalat Sunnah

amalan 10 muharram sesuai sunnah

Sumber: Istockphoto.com

Menunaikan shalat sunnah empat rakaat menjadi amalan 10 Muharram yang tak boleh dilewatkan.

Pelaksanaan shalat sunnah dapat dilakukan pada malam menuju tanggal 10 Muharram dan setiap rakaat dibaca Al-Fatihah serta surat Al-Ikhlas sebanyak 51 kali.

Rasulullah pernah bersabda:

“Bahwa siapapun yang melakukan shalat empat rakaat di malam 10 Muharram dengan membaca surat Al Fatihah sebanyak satu kali dan surat Al-Ikhlas sebanyak 51 kali, Allah Akan memudahkan rezekinya.”

6. Muliakan Fakir Miskin

Kelapangan kubur akan didapatkan ketika memuliakan fakir miskin di hari Asyura atau 10 Muharram.

Cara yang bisa dilakukan sangat banyak, mulai dari memberi makan mereka selama satu hari penuh, memenuhi kebutuhan mereka dan lain sebagainya.

7. Perbanyak Dzikir dan Doa Asyura

Membaca dzikir dan doa hingga 70 kali akan menjadi amalan mulia pada malam 10 Muharram.

Waktu yang dianjurkan untuk membaca doa tersebut adalah setelah sholat magrib.

Imam Al-Ajhuri dalam kitab l’anatu al-Tholibin menyampaikan:

“Bahwa siapa saja yang membaca doa di malam asyura, maka Allah SWT akan memberikan perlindungan kepadanya dari segala hal buruk dan musibah selama tahun tersebut.”

Bacaan Doa Asyura Arab, Latin, dan Artinya

bacaan doa asyura

Teks Latin Doa Asyura Arab

Bismillahirrahmanirrahim. Allahumma Ya mufarrija kulla karbin, wa yaa mukhrija dzinnuun yauma ‘Asyuura a, wa yaa jaami’a syamli ya’quuba yauma ‘aasyuuraa a, wa yaa ghaafira dzanbi daawuuda yauma ‘aasyuura, wa yaa kaasyifa dhurro ayyuba yauma ‘asyuura, wa yaa saami’a da’wati muusa wa haaruuna yauma ‘asyurra,

Wa yaa khaaliqa ruukhi sayyidina muhammadin shallallaahu ‘alaihi wasallama habibiika wamusthofaka yauma ‘asyura, wa yaa rakhmanaddunyaa wal aakhirah, laailaaha illa anta iqdhi haajaatina fiddunya wal aakhiraj, wa athil a’maraana fii thaa’atika wamahabbatika waridhaaka, yaa arhamarrahimiin,

Wa akhyina khayaatan thayyibatan, watawaffana ‘alalislaami wal iiimaani yaa arhamarraakhiimin. wa sallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala alihi washahbibi wasallam, walhamdulillahi rabbil ‘aalamiin.

Arti Doa Asyura

“Ya Allah, Yang maha melepaskan setiap kesulitan, wahai Yang maha mengeluarkan Dzun Nuun (Nabi Yunus) pada hari Asyura, wahai Yang maha mengumpulkan keluarga Nabi Ya’qub pada hari Asyura, wahai Yang mengampuni Nabi Daud pada hari Asyura,

Wahai Yang maha melepaskan kesulitan Nabi Ayyub pada hari Asyura, wahai Yang mendengar doa Nabi Musa dan Nabi Harun pada hari Asyura, wahai Yang maha menjadikan roh penghulu kita, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam , kekasih dan pilihan-Mu pada hari Asyura,

Wahai Tuhan dunia dan akhirat, Tiada Tuhan selain Engkau, Tunaikanlah hajat-hajat kami di dunia dan akhirat, dan panjangkanlah umur kami dalam ketaatan kepada-Mu, mahabbah (kepada)-Mu dan keridhaan-Mu, wahai Yang Pengasih di antara yang mengasihi.

Dan hidupkanlah kami dengan kehidupan yang baik, dan matikanlah kami dalam agama Islam dan iman, wahai Yang Pengasih di antara yang mengasihi. Semoga Allah mencurahkan shalawat dan salam atas penghulu kita, Nabi Muhammad dan ke atas keluarga dan sahabat beliau, dan segala pujian bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam.”

***

Itulah amalan 10 Muharram sesuai sunnah yang bisa kamu tunaikan agar mendapatkan limpahan pahala dan dihapuskan dosa. 

Semoga bermanfaat, ya.

Temukan informasi seputar bulan Muharram hanya di Google News Rumah123.com.

Kunjungi juga www.rumah123.com untuk menemukan rumah impianmu.

Terdapat banyak pilihan serta promo menarik yang khusus #AdaBuatKamu.


Tag: , , ,


Rulfhi Alimudin Pratama S

Content Writer

Mengawali karier kepenulisan sebagai penulis lepas di beberapa media daring sejak 2016. Kini mencurahkan pikiran untuk menulis properti, gaya hidup, marketing, hingga teknologi di Berita 99 dan Rumah123.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA