universitas terbaik- rumah123.com Ilustrasi Mahasiswa dan Mahasiswi. Ada Enam Universitas dengan Lulusan Kerja Terbaik. Peluang Investasi Properti Memiliki Prospek Cerah (Foto: Rumah123/Getty Images)

Ada enam universitas dengan lulusan kerja terbaik di Indonesia. Investor punya peluang menarik untuk berinvestasi properti di kawasan pendidikan.

Perguruan tinggi terbaik dengan alumni yang mudah mencari kerja biasanya memang dicari para siswa SMA. Orang tua juga menginginkan hal yang sama. Mereka ingin putra putri mereka bisa langsung bekerja setelah lulus kuliah.

Situs berita online Kompas.com melansir rilis dari QS World University Rankings (WUR) yaitu QS Graduate Employability Rankings 2020. Lembaga ini melakukan pemeringkatan universitas yang menghasilkan lulusan yang paling mudah dipekerjakan.

Baca juga: 6 Universitas Terbaik di Indonesia dan Peluang Bisnis Properti di Kawasan Pendidikan

Badan dengan reputasi internasional ini menilai banyak universitas terbaik dunia yang bisa menghasilkan lulusan terbaik dan berprestasi setiap tahun. Namun, dunia industri menilai para lulusan belum siap untuk berada di dunia kerja.

Sederetan perguruan tinggi tetap bisa menghasilkan lulusan yang kompeten. Para alumni memiliki prospek kelulusan kerja tinggi. Enam perguruan tinggi di Indonesia ini adalah

1. Institut Teknologi Bandung (ITB): peringkat 301-500 dunia

2. Bina Nusantara University (Binus): peringkat 301-500 dunia

3. Universitas Diponegoro: peringkat 301-500 dunia

4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS): peringkat 301-500 dunia

5. Universitas Gadjah Mada: peringkat 301-500 dunia

6. Universitas Indonesia: peringkat 301-500 dunia

Lima Indikator Penilaian Universitas dengan Lulusan Kerja Terbaik

QS Graduate Employability Rankings ini mengukur kinerja universitas dalam menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan prospek kelulusan kerja berdasarkan lima indikator.

Pertama, penilaian dunia usaha dengan skor 30 persen. Kedua, hasil lulusan dengan skor 25 persen. Ketiga, link and match fakultas dan dunia usaha dengan skor 25 persen.

Keempat, praktisi industri di kampus dengan skor 10 persen. Kelima, tingkat perolehan pekerjaan dengan skor 10 persen.

Potensi Bisnis Properti di Kawasan Pendidikan

Enam universitas ini memang telah dikenal baik oleh masyarakat. Dari enam perguruan tinggi ini, hanya Bina Nusantara University yang merupakan perguruan tinggi swasta.

Sementara lima lainnya merupakan universitas negeri. Kelima perguruan tinggi ini telah berdiri sejak lama. Banyak siswa SMA yang berusaha keras untuk bisa masuk ke Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan lainnya.

Bandung, Yogyakarta, Semarang, Depok, Surabaya, dan Jakarta sudah menjadi kota yang memiliki kawasan pendidikan. Ingat ya, kawasan pendidikan menjadi salah satu area dengan permintaan properti sewa yang tinggi.

Baca juga: Tips Investasi : Sebelum Beli Properti Sewaan, Cari Tahu Dulu Demand Generator

Ratusan ribu mahasiswa menempuh pendidikan di sebuah kawasan. Sebagian besar biasanya pendatang dari kota lain. Mereka membutuhkan tempat tinggal sementara seperti kamar kos, rumah, hingga apartemen.

Perguruan tinggi juga sering memperbanyak jumlah mahasiswa per tahun. Atau universitas juga membuka jurusan baru. Jumlah mahasiswa pastinya bertambah banyak.

Permintaan hunian sewa akan tetap stabil dan mungkin bertambah. Bagi yang pernah kuliah dan merantau, pasti pernah merasakan kesulitan untuk mencari tempat tinggal sementara.

Bisnis Lain Juga Tumbuh di Sekitar Kampus

Sebenarnya, bisnis lainnya seperti kios, rumah toko (ruko), dan lainnya juga ikut berkembang dekat kampus. Silahkan tengok bisnis yang berkembang di sekitar kampus.

Kamu akan melihat rumah makan, restoran, cafe, usaha foto kopi, laundry, dan masih banyak lagi. Hal yang biasa ketika mahasiswa mencari cafe untuk belajar bersama atau mengerjakan tugas kuliah.

Buat kamu yang berencana untuk berinvestasi properti, kamu memiliki banyak pilihan. Mau berinvestasi rumah sewa atau ruang komersial?

Baca juga: Tips Investasi: 3 Lokasi Utama Kalau Mau Beli Properti Sewaan

Bagikan: 1332 kali