macam macam batik nusantara Ada banyak macam macam batik nusantara yang memiliki filosofinya masing-masing. Sudah tahu apa saja jenis-jenis batik tersebut? Berikut ini rangkuman jenis-jenis batik yang ada di Nusantara! Batik adalah budaya warisan Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO, artinya batik diakui di mata dunia berasal dari Indonesia. Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali macam macam batik dengan motif yang unik dan mengandung filosofi menarik. Perbedaan jenis batik ini dipengaruhi oleh suku, ras, dan nilai-nilai budaya. Lebih lengkapnya, simak penjelasan macam macam batik nusantara dan filosofinya, yuk!

Macam Macam Batik Nusantara dan Penjelasannya

 

1. Batik Parang Kusumo (Solo)

batik parang kusumo sintesakonveksi.com
Kota Solo terkenal sebagai salah satu kota batik di Indonesia yang menghasilkan banyak macam macam batik Nusantara berbagai motif. Salah satu jenis batik terkenal dari Solo adalah batik parang kusumo, yakni batik yang memiliki motif menyerupai gulungan ombak lautan. Motif tersebut mengandung filosofi bahwa hidup dilandasi oleh perjuangan dan usaha untuk mencapai kemakmuran lahir batin dengan mengindahkan nilai-nilai kebudayaan Jawa.  

2. Batik Mega Mendung (Cirebon)

batik mega mendung kelaspintar.id
Batik mega mendung asal Cirebon memiliki gumpalan awan yang dipercantik dengan tujuh gradasi warna untuk menciptakan kesan mendung. Filosofi batik mega mendung adalah manusia harus bisa meredam emosinya dalam kondisi apapun.  

3. Batik Sidomukti (Solo)

batik sidomukti semarangpos.com
Batik sidomukti asal Solo dicat menggunakan zat pewarna soga alam, yakni pewarna berwarna coklat yang digunakan dalam seni batik klasik. Filosofi dari batik sidomukti adalah sesuai dengan kemuliaan dan kesejahteraan sebagaimana fungsinya untuk keraton.  

4. Batik Tujuh Rupa (Pekalongan)

batik tujuh rupa tagar.id
Kota Pekalongan dijuluki sebagai Kota Batik, meskipun batik tumbuh di Yogyakarta dan Solo. Salah satu batik terkenal asal Pekalongan adalah batik tujuh rupa yang mengandung filosofi ikatan kebudayaan leluhur.  

5. Batik Lasem (Rembang)

batik lasem infobatik.com
Daerah Lasem, Rembang, diketahui sebagai daerah yang pertama kali menerima kedatangan Tionghoa. Oleh karena adanya pengaruh kebudayaan Tionghoa, batik lasem pun didominasi warna merah. Filosofi dari batik ini adalah persatuan dan akulturasi budaya Tionghoa dengan masyarakat setempat.  

6. Batik Singa Barong (Cirebon)

batik singa barong batik-tulis.com
Sesuai namanya, batik singa barong asal Cirebon menggunakan motif hewan mitologi yang bersifat spiritual.  

7. Batik Sekar Jagad (Yogyakarta & Solo)

batik sekar jagad semarangpos.com
Batik sekar Jagad adalah salah satu dari macam macam batik Nusantara yang memiliki motif unik. Motif batik asal Yogyakarta ini melambangkan keragaman Nusantara dan dunia.  

8. Batik Pring Sedapur (Magetan)

batik pring sedapur id.theasianparent.com
Batik pring sedapur memiliki motif yang sesuai dengan namanya, yakni menggunakan motif bambu. Adapun makna dari motifnya adalah melambangkan simbol ketentraman dan kerukunan hidup.  

9. Batik Sidoluhur (Solo)

batik sidoluhur semarangpos.com
Batik sidoluhur asal Solo diperuntukkan untuk acara pernikahan karena dipakai pengantin wanita pada saat malam pengantin. Filosofi yang terkandung dalam batik ini adalah sebuah bentuk doa kepada pemakainya supaya menjadi orang yang terhormat dan bermartabat.  

10. Batik Tambal (Yogyakarta)

batik tambal fitinline.com
Pada zaman dahulu, batik tambal asal Yogyakarta digunakan untuk menyelimuti orang yang sakit karena dipercaya dapat membantu kesembuhan.  

11. Batik Jagatan Pisang (Bali)

batik jagatan pisang orami.co.id
Batik jagatan pisang, sesuai namanya, batik asal Bali ini memiliki motif pisang. Biasanya, batik ini digunakan sebagai pemberian pada sosok terkasih yang hendak pergi jauh.  

12. Batik Priyangan (Tasikmalaya)

batik priyangan budaya-indonesia.org
Batik priyangan asal Tasikmalaya memiliki motif yang meriah, yakni pola-pola yang dibentuk merapat dengan menggunakan warna yang cerah.  

13. Batik Garutan (Garut)

batik garutan sindonews.com
Batik garutan asal Garut memiliki motif yang khas dengan bentuk geometris yang didominasi dengan warna-warna kalem.  

14. Batik Tubo (Ternate)

batik tubo kieraha.com
Batik tubo memiliki ciri khas motif yang berbentuk cengkeh, pala, peta Maluku Utara, dan berbagai unsur-unsur kehidupan yang berasal dari Indonesia Timur.  

15. Batik Ulamsari Mas (Bali)

batik ulamsari mas akurat.co
Batik ulamsari mas memiliki motif ikan dan utang yang merupakan mata pencaharian masyarakat nelayan Bali. Makna yang terkandung dari batik ini adalah kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat di pesisir pantai. Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik terkait properti, desain, hukum, sampai gaya hidup. Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Mega City Bekasi.
Bagikan:
2631 kali