OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Yuk, Tanam Kantong Semar Biar Rumah Bebas dari Serangga yang Mengganggu

19 Juli 2022 · 1 min read Author: Dodiek Dwiwanto

kantong semar

Kalau memiliki masalah dengan serangga yang mengganggu di rumah, saatnya menanam kantong semar yang termasuk tumbuhan karnivora.

Kehadiran serangga di rumah sering mengganggu kenyamanan penghuni rumah. Jika kehadirannya semakin mengganggu, mungkin kamu bisa mengatasinya dengan menanam tanaman kantong semar.

Kantong semar atau Nepenthes adalah tanaman yang tergolong karnivore, yaitu tanaman pemakan serangga. Ujung daunnya berbentuk sulur dan membengkak.

Baca juga: Beberapa Jenis Tanaman yang Cocok di Kamar Mandi

Bentuk ini menyerupai kantong untuk memangsa serangga, Mulai dari yang terbang, semut, hingga anak kodok. Bagian dasar dari kantongnya berisikan cairan enzim yang mematikan serangga dan hewan yang dimakannya.

Kantong semar banyak tumbuh di daerah yang miskin hara dan asam. Daerah sebaran kantong semar cukup luas, mulai dari pantai yang panas hingga dataran tinggi pegunungan yang dingin.

Daerah endemik penyebaran kantong semar di Indonesia, antara lain berada di daerah hujan tropis Kalimantan dan Sumatera.

Baca juga: Bebaskan Tanaman Hias dari Ulat

Jangan khawatir tak dapat memeliharanya di rumahmu. Kini kantong semar banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias. Biasanya, kantong semar ditanam dalam pot gantung dengan kantong-kantong yang dibiarkan menggantung.

Dengan tanaman ini, rumahmu jadi bebas serangga secara alami. Kamu pun tak lagi membutuhkan pembasmi serangga berbahan kimiawi yang dapat berbahaya bagi kesehatan. (Wit)


Tag: ,


Dodiek Dwiwanto
Penulis sekaligus Editor Rumah123.com. Hobi menonton tayangan desain rumah dan gaya hidup di HGTV saat senggang. Lagi mencari tahu dan belajar soal investasi saham properti dan crowdfunding. Siapa tahu jadi investor.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA