post-architecture Rumah yang Didesain Ulang oleh Post Architecture (Rumah123/Dezeen)

Saat membeli rumah jadi tentu banyak plus minusnya. Banyak yang mesti disiasati saat harus melakukan renovasi.

Kalau kamu membeli rumah di kawasan padat, kamu tidak bisa protes kalau kanan dan kiri rumah kamu adalah bangunan juga.

Baca juga: Desain Shabby Chic Cocok Buat Kamu yang Berhati Lembut

Bisa jadi bagian belakang juga berpunggungan dengan bangunan. Namun, jika beruntung, kamu bisa mendapatkan ruang terbuka di bagian belakang rumah.

Hal yang menyulitkan ketika merenovasi rumah dengan bangunan di kanan kiri adalah membuat bukaan berupa jendela. Tentu ini tidak memungkinkan.

Baca juga: Menghadirkan Rumput di Taman Atap? Bagaimana Caranya, Sih?

Tetapi, kamu masih bisa memanfaatkan bagian depan dan belakang rumah dengan mengaplikasikan jendela dan pintu dari kaca. Sinar matahari dan udara bisa masuk leluasa dari kedua bagian ini.

Selain itu, skylight dalam jumlah banyak juga ditempatkan di bagian atas sehingga rumah ini bisa berlimpah sinar matahari. Meskipun tidak ada jendela di bagian kanan dan kiri bangunan.

Baca juga: Wuih, Ternyata Dapur Monokrom Keren Banget Kan!

Plus jangan lupakan untuk mengaplikasikan cat putih pada interior agar ruangan terlihat lebih terang dan cat dapat memantulkan cahaya.

Hal inilah yang coba diterapkan di sebuah rumah bernama Junction Shadow House di Toronto, Kanada.

Baca juga: Apartemen Berdesain Gudang Raih Penghargaan Ramah Lingkungan, Keren Nih!

Rumah ini didesain ulang oleh biro arsitek asal Kanada, Post Architecture. Biro arsitek ini sudah berdiri sejak 2004 lalu.

Masalah serupa mungkin kamu alami. Biasanya kalau kamu membeli rumah dari pengembang perumahan maka problem ini bisa muncul.

Baca juga: Co-Working Space Plus Cafe, Kamu Mau Kerja Di Sini?

Solusinya sebenarnya memang mudah. Kamu hanya perlu membuat pintu dan jendela kaca serta membuat skylight di bagian atap.

Rumah tidak lagi gelap dan memerlukan cahaya lampu pada siang hari karena sinar matahari sudah masuk dengan berlimpah. Ayo, coba aplikasikan di rumah kamu!

Bagikan: 1298 kali