Ilustrasi Skateboard (Foto: Rumah123/News.com.au)

Buat kamu generasi milenial yang suka main skate board, kamu punya tempat nongkrong yang baru nih. Pemerintah Kota Jakarta Pusat baru saja membangun sebuah taman skateboard di kolong flyover Slipi Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Pembangunan taman skateboard ini telah dimulai sejak Oktober 2018. Biaya pembangunannya mencapai Rp800 juta.

“Anggaran kemarin Rp 800 juta. Pengerjaannya akan dilakukan selama dua bulan, jadi akhir Desember sudah dapat dinikmati oleh masyarakat,” kata Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi seperti dilansir dari Kompas.com.

Baca juga: Asyiknya, Kalau Punya Banyak Ruang Publik!

Gagasan untuk membuat taman skateboard ini berawal lantaran banyaknya pedagang kaki lima (PKL) dan pemulung. Mereka menggunakan taman flyover ini sebagai tempat berkumpul.

Pemerintah Kota Jakarta Pusat berharap bisa mengubah area yang kotor dan kumuh menjadi kawasan berkumpul alias area publik yang menarik bagi masyarakat Jakarta. Nah, kalau ada tempat yang bisa dialihfungsikan menjadi fasilitas publik tentunya asyik kan?

Irwandi menyatakan area ini untuk masyarakat Jakarta. Masyarakat bisa menggunakan kawasan ini untuk bermain skateboard atau apa saja.

Baca juga:  Jakarta Barat Punya Ruang Publik Kumpul Milenial, Gaul Yuk!

Tempat ini dapat juga menjadi area pengembangan kreativitas anak muda. Sejumlah fasilitas penerangan disediakan di kawasan ini agar area ini tidak gelap.

Sejumlah kolong flyover di Jakarta memang banyak menjadi tempat nongkrong pemulung dan pedagang kaki lima. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diharapkan bisa mengubahnya menjadi fasilitas umum.

Nah, Jakarta kan kesulitan lahan nih, mudah-mudahan lahan kosong di bawah flyover bisa dialihfungsikan menjadi fasilitas publik ya. Enak kan kalau punya ruang publik yang banyak.

Baca juga:  Kalau Ada Fasilitas Publik Kelas Dunia, Ayo Manfaatkan Dong

Bagikan: 551 kali