Essential oil menjadi populer belakangan ini. Sebenarnya, apa sih fungsinya, dan bagaimana cara menggunakannya?

Gaya hidup sehat semakin diminati oleh masyarakat Indonesia beberapa tahun terakhir. Mulai dari tren olahraga, makan sehat, hingga penggunaan bahan-bahan organik dan natural. Salah satu yang sedang populer belakangan adalah penggunaan essential oil sebagai pengganti obat-obatan berbahan kimia.  

Kalau kamu tengok ke Instagram atau media sosial lainnya, berseliweran orang-orang yang menjual atau menggunakan minyak alami ini. Tapi sebenarnya, apa sih essential oil itu? Apa manfaatnya dan bagaimana cara menggunakannya? Rumah123.com merangkum semuanya untukmu dalam artikel ini!

Pengertian minyak esensial

essential oil - rumah123.com

Essential oil adalah minyak dari hasil penyulingan tumbuhan. Bagian yang disuling bisa bermacam-macam. Ada bagian batang, daun, bunga, hingga akar. Minyak esensial bukanlah minyak seperti pada umumnya karena tidak mengandung asam lemak.

Komponennya benar-benar murni dari ekstrak tanaman yang jadi sumber olahannya. Maka dari itu, setiap jenis minyak esensial akan beragam harganya, karena bahan baku dan jumlahnya pun berbeda.

Baca juga: Pentingnya Punya Rumah Sehat, Hunianmu Sudah Masuk Kategori Belum?

Manfaat minyak esensial

essential oil - rumah123.com

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari essential oil. Setiap jenis minyak, bisa memberikan efek yang berbeda-beda. Secara umum, ini manfaat minyak esensial bagi tubuh:

- Relaksasi tubuh

Minyak esensial varian lemon, chamomile, dan lavender dianggap bisa memberikan efek tenang dan memperbaiki mood orang yang menghirup udaranya.

- Mengatasi gangguan tidur

Sering insomnia atau susah tidur? Coba gunakan essential oil jenis frankincense, yang bisa meredakan stres dan rasa cemas.

- Mengatasi nyeri PMS

Gejala PMS seperti sakit perut dan nyeri di seluruh tubuh bisa reda berkat bantuan minyak esensial berjenis peppermint atau eucalyptus.

- Mengobati batuk pilek

Saat musim hujan datang, penyakit ini memang sering muncul. Untuk kamu yang tak mau mengonsumsi obat-obatan, bisa memanfaatkan minyak esensial menthol atau rosemary sebagai pengganti obat.

Baca juga: Tips Bikin Baru Ruang Santai di Rumah

Cara menggunakan essential oil

essential oil - rumah123.com

Mungkin masih banyak dari kamu yang bertanya-tanya bagaimana cara terbaik mengaplikasikan minyak esensial. Setidaknya, ada dua cara paling umum untuk mengaplikasikannya, oles atau diffuse.

  1. Oles

Untuk mendapatkan khasiat maksimal dari minyak esensial, kamu tak bisa mengoleskannya di sembarang tempat. Bagian tubuh paling tepat adalah di urat arteri besar seperti leher dan pergelangan tangan dekat nadi. “Karena di situ jalurnya (membuat essential oil) cepat menyebar.

  1. Diffuse

Untuk mendapatkan manfaatnya, essential oil bisa disemprotkan lewat alat khusus atau diffuser. Cukup teteskan sebanyak lima atau enak tetes minyak, untuk dimasukkan ke dalam diffuser.  Diffuser terdiri dari beberapa jenis, namun jenis yang paling sering digunakan adalah ultrasonic diffuser. Jangan lupa untuk memilih diffuser dengan kapasitas air yang telah disesuaikan dengan ukuran ruangan.

Bagikan: 630 kali