Young woman is doing morning stretching in bed, arms raised, rear view Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Bagaimana tidur kamu setiap malam? Bobo nyenyak atau malah masih merasa masih lelah saat terbangun?

Mungkin durasi tidur kamu kurang atau kamu diburu pekerjaan kantor. Tetapi, bisa juga kalau penyebab kamu tidak bisa tidur nyenyak berasal dari kamar tidur kamu sendiri.

Baca juga: Mau Tidur Nyaman? Coba Atur Ulang Penerangan

Masa’ sih? Nah, karena itu nggak ada salahnya untuk memeriksa dan memastikan hal-hal kecil yang mungkin bisa membuat kamu nggak bisa tidur nyenyak.

Pertama, bantal dan guling. Barang yang telah lama dipakai tanpa dibersihkan sama sekali akan meninggalkan banyak kuman lho.

Baca juga: Kamar Tidur Kecil Bukan Masalah Lagi Kok

Idealnya, bantal dan guling dicuci setidaknya enam bulan sekali. Kalau nggak, bantal akan dipenuhi oleh bakteri, jamur, dan debu. Ih, jorok banget kan? Kalau kamu memilih tidak mencuci, ada baiknya mengganti bantal dan guling setiap setahun sekali. Nggak usah pelit ya beli yang baru!

Bantal yang sudah kehilangan bentuk dan mulai mengempis juga harus diganti. Kalau bantal tidak kembali ke bentuk semula saat dilipat atau terdapat lekukan kepala usai digunakan, itu tandanya bantal mesti diganti.

Baca juga: Wah, Asyiknya Ruang Tidur Minimalis

Yang tidak boleh dilupakan adalah usahakan untuk menjemur bantal dan juga guling setidaknya seminggu sekali. Nah, kamu nggak boleh males buat jemur bantal dan guling. Saat dijemur, bantal dibolak balik dan juga dipukul-pukul menggunakan sapu atau alat lainnya.

Bantal dan guling memang harus dijemur agar tidak berjamur. Saat dijemur, bantal harus dipukul-pukul agar tidak ada lagi debu yang menempel.

Baca juga: Pengen Suasana Romantis di Kamar Tidur? Gampang Aja Kok

Wah, ulasan bagaimana membuat ruang tidur kamu menjadi lebih sehat masih berlanjut lho. Jangan lewatkan artikel berikutnya.

Bagikan:
1887 kali