ular kobra- rumah123.com Anak Ular Kobra. Ada Sejumlah Ciri yang Membedakan Antara Ular Berbisa Seperti Ular Kobra dengan Ular Tidak Berbisa Seperti Ular Sanca (Foto: Rumah123/Getty Images)

Masyarakat dikejutkan dengan kemunculan ular kobra di permukiman. Kamu sudah seharusnya tahu ciri-ciri ular berbisa seperti ular kobra.

Bermula dari penemuan anak ular kobra di sebuah perumahan di Citayam, Jawa Barat beberapa waktu lalu. Lantas anak ular kobra ditemukan di sejumlah tempat lainnya.

Anak ular kobra ditemukan di Jember (Jawa Timur), Klaten (Jawa Tengah), Gunung Kidul (Daerah Istimewa Yogyakarta). Kemudian, ada penemuan anak ular kobra di Depok, Jawa Barat.

Baca juga: Ada 2 Jenis Ular Kobra yang Ada di Indonesia, Cari Tahu Seperti Apa

Penemuan anak ular kobra juga terjadi di permukiman padat penduduk di Bekasi dan juga Jakarta. Sejumlah pakar reptil hingga pencinta ular melontarkan pendapat mengenai kemunculan ular kobra atau anak ular kobra ini di kawasan yang dihuni oleh manusia.

Media massa pun memberitakan fenomena kemunculan anak ular kobra di sejumlah tempat. Tidak lupa memberikan tips bagaimana mencegah ular masuk ke dalam rumah.

Hal yang sedikit terlupakan adalah bagaimana mengetahui ciri-ciri ular berbisa. Ada ular yang berbisa, ada juga yang tidak.

Baca juga: Cari Tahu Seberapa Mematikan Bisa Ular Kobra

Ular kobra, ular welang, ular weling, dan ular cabai termasuk ular berbisa. Sedangkan ular sanca alias ular piton tidak mengeluarkan bisa.

Ciri-Ciri Ular Berbisa Seperti Ular Kobra

Laman berita online Bisnis.com melansir pernyataan Ganjar Cahyadi. Ganjar adalah kurator Museum Zoologi, Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung. Dia juga pakar reptil ITB.

Ganjar menjelaskan ular berbisa dapat dikelompokkan menjadi dua famili yaitu Elapidae dan Viperidae. Ular yang tergolong Elapiade adalah ular kobra, ular belang alias ular welang/ular weling (bungarus), dan juga ular cabai (Calliophis Intestinalis).

Sedangkan untuk ular yang masuk kelompok Viperidae adalah ular yang memiliki bagian kepala berbentuk seperti segitiga. Ular tersebut kalau hidupnya di pepohonan warnanya hijau, kalau hidup di tanah warnanya kecokelatan.

Baca juga: Tips Mencegah Ular Kobra Masuk Ke Rumah, Plus Cara Menghadapinya

Ganjar memaparkan ciri ular berbisa lainnya. Ciri lainnya adalah ular berbisa mempunyai taring yang mengeluarkan bisa. Perilakunya bisa terlihat kalau ular berbisa lebih santai saat bergerak. Ular berbisa kalau didekati akan melakukan upaya perlindungan diri atau menyerang.

Sedangkan ular tidak berbisa memiliki ciri yaitu tidak mempunyai taring. Kalau ular tidak berbisa didekati, maka ular akan kabur. Sebenarnya, ular tergolong hewan yang takut dengan manusia.

Ciri lain dari ular berbisa ini sebenarnya bisa dilihat dari warna atau corak kulit. Ular berbisa mempunyai warna yang lebih mencolok. Salah satu contohnya adalah ular cabai yang memiliki garis merah di tubuhnya.

Baca juga: Kenapa Ular Kobra Bisa Masuk Ke Permukiman Warga?

Ular welang atau ular weling memiliki warna mencolok berupa warna hitam dengan garis putih atau kuning. Ular welang ini sudah memakan korban seorang petugas keamanan di sebuah perumahan di Tangerang, Banten pada Agustus 2019 lalu.

Sejumlah ular welang muncul di sebuah perumahan di Tangerang. Petugas keamanan yang berhasil menangkapnya kemudian dipatuk. Setelah beberapa jam, korban meninggal di rumah sakit.

Ciri khas dari ular kobra yang mencolok sesungguhnya adalah warna hitam legam. Ular ini juga memiliki panjang hingga 1,5 meter.

Baca juga: Apa Beda Ular Weling dengan Ular Welang?

Ular kobra akan menaikkan tubuh dan mengembangkan kepalanya ketika merasa terancam. Ular kobra akan menyemburkan bisa ke arah mata. Tidak heran kalau ular jenis ini dikenal sebagai ular penyemprot.

Nah, kalau ada ular berwarna hitam legam, bisa jadi ini adalah ular kobra. Jika ada ular dengan tubuh berwarna belang-belang antara hitam, putih, atau kuning maka itu adalah ular welang atau ular weling. Semua jenis ular ini tergolong berbisa. Jadi, waspadalah.

Bagikan:
10094 kali