ibu kota baru- rumah123.com Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur, Samarinda. Pemerintah Akan Memindahkan Ibu Kota ke Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara. Saatnya Mencari Tahu Berapa Harga Tanah di Penajam Paser Utara (Foto: Rumah123/Getty Images)

Indonesia akan memindahkan ibu kota dari Jakarta ke kawasan Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara. Berapa sih harga tanah di ibu kota baru ini?

Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa Indonesia akan memiliki ibu kota baru pada Senin (26/8/2019). Ibu kota baru ini berada di antara dua kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

Saat mengumumkan hal ini, Joko Widodo didampingi oleh Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla, sejumlah menteri, dan juga Gubernur Kalimantan Timur serta Gubernur DKI Jakarta.

Baca juga: Ibu Kota Baru Indonesia Berlokasi Di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara

Wacana pemindahan ibu kota sebenarnya sudah lama terdengar. Bahkan sejak era Presiden Soekarno, berlanjut ke Presiden Soeharto, hingga ke era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Palangkaraya yang juga ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah dan juga Jonggol di Jawa Barat sempat diberitakan menjadi calon ibu kota baru Indonesia.

Sepanjang sejarah sejak merdeka, Indonesia pernah memiliki sejumlah ibu kota selain  Jakarta yaitu Yogyakarta dan Bukit Tinggi, Sumatera Barat.

Baca juga: Ibu Kota Baru Indonesia Harus Memiliki Transportasi Massal MRT

Pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur tentunya menjadi perbincangan masyarakat. Seperti apa ibu kota baru, fasilitas apa yang ada di sana, berapa harga tanah dan properti, dan masih banyak lagi.

Bagi kamu yang ingin berinvestasi properti, sebenarnya ini peluang untuk menanamkan uang di ibu kota baru. Tetapi, sebelumnya cari tahu dulu berapa harga tanah di salah satu daerah yaitu Penajam Paser Utara.

Profil Calon Ibu Kota Baru, Penajam Paser Utara

Penajam Paser Utara merupakan kabupaten baru, hasil pemekaran dari Kabupaten Pasir (saat ini bernama Kabupaten Paser). Kabupaten baru ini berdiri pada 2002.

Kabupaten ini memiliki empat kecamatan yaitu Penajam, Waru, Babulu, dan Sepaku. Penajam Paser Utara menjadi kabupaten ke-13 di Kalimantan Timur.

Penajam Paser Utara berbatasan dengan Kabupaten Kutai Kartanegara di bagian utara, berbatasan dengan Kabupaten Kutai Barat di bagian barat.

Baca juga: 4 Provinsi Jadi Calon Ibu Kota Baru Indonesia, Kamu Sudah Siap Pindah?

Kabupaten ini juga berbatasan dengan Kabupaten Paser di bagian selatan. Sementara pada bagian timur, Penajam Paser Utara menghadap ke Selat Makassar.

Penajam Paser Utara memiliki luas sekitar 3.333 kilometer persegi (km2) dengan jumlah penduduk hanya 159 ribu jiwa. Bandingkan dengan Jakarta yang memiliki luas hanya 661 km2, namun dihuni hampir 10 juta orang.

Kabupaten ini beribukota di Penajam. Saat ini, H. Abdul Gafur Mas’ud SE menjadi bupati sejak 2018. Masa jabatannya berlangsung hingga 2023.

Penajam Paser Utara berjarak sekitar 170 kilometer dari ibu kota Provinsi Kalimantan Timur, Samarinda. Sementara jarak kabupaten ini dengan Balikpapan hanya 68 kilometer.

Harga Tanah dan Rumah di Penajam Paser Utara

Untuk mengetahui harga tanah di kabupaten ini memang tidak mudah. Namun, setidaknya ada sejumlah properti yang dipasarkan di situs properti Rumah123.com. Rumah123.com merupakan bagian dari REA Group Australia. Seluruh properti merupakan tanah yang tersebar di tiga kecamatan berbeda yaitu Penajam, Waru, dan Sepaku.

Ada lahan kelapa sawit seluas 70 hektare yang dipasarkan dengan harga Rp13 miliar. Ada juga sebidang tanah seluas 9.000 meter persegi yang dijual dengan harga Rp500.000 per meter persegi.

Ada lahan perkebunan seluas 70 hektare yang dijual dengan harga Rp9 miliar. Kemudian ada lahan seluas 1 hektare yang diklaim dijual murah seharga Rp960 juta.

Baca juga: Indonesia Mau Pindah Ibu Kota, Belajar ke Malaysia Saja

Dua properti lainnya adalah lahan seluas 2,2 hektare yang dijual dengan harga Rp130.000 per meter perseginya serta tanah seluas 1 hektare yang dipasarkan dengan harga Rp500.000 per meter persegi.

Enam properti berupa tanah yang dipasarkan di Rumah123.com ini, seluruhnya diunggah (upload) dalam kurun waktu Juli-Agustus 2019. Selain itu, ada empat rumah (landed house) yang dipasarkan di Penajam Paser Baru. Semua listing rumah ini baru diunggah pada Agustus 2019.

Sebuah rumah di Babulu dijual dengan harga Rp684 juta. Luas tanahnya mencapai 299 m2, sementara luas bangunan 96 m2. Ada juga rumah tipe 36 di Penajam yang dipasarkan dengan harga Rp184 juta. Luas tanah 84 m2, sedangkan luas bangunan 36 m2.

Baca juga: Kalau Tidak Lagi Jadi Ibu Kota, Harga Tanah Jakarta Malah Bisa Lebih Mahal

Kemudian ada rumah di Penajam dengan luas tanah 119 m2 dan luas bangunan 36 m2 yang dipasarkan dengan harga Rp120 juta. Terakhir, ada rumah tipe 36 di Penajam dengan luas tanah 84 m2 dan luas bangunan 36 m2 yang dijual dengan harga Rp135 juta.

Jadi buat kamu yang tertarik berinvestasi di Penajam Paser Utara, kamu bisa memperkirakan berapa harga tanah dan juga rumah di kawasan ibu kota baru ini.

Bagikan: 57514 kali