Biro Arsitek Thailand, ASWA (architectural studio of work-aholic) Mendesain Kantor Sendiri di Bangkok, Thailand (Foto: Rumah123/Designboom)

Jangan sepelekan keberadaan taman lho. Bayangkan kalau ada taman di dalam ruang kerja. Banyak hal yang bisa didapatkan.

Biro arsitek ASWA (architectural studio of work-aholic) mendesain sebuah bangunan untuk kantor mereka sendiri di Bangkok, Thailand. Kantor ini berada di atas lahan yang sebelumnya merupakan area parkir.

Luas tanah hanya 100 meter persegi. Bangunan kantor ini juga kecil, cuma 49 meter persegi. Di dalamnya ada taman seluas enam meter persegi.

Baca juga: Ketika Atap Gedung Perkantoran Jadi Tempat Nongkrong yang Hijau Asri

Arsitek memiliki konsep kantor kecil yang mencakup ide menciptakan bangunan geometri berfasad gelap dengan kombinasi tanaman di dalamnya.

ASWA mendesain kantor ini dapat memiliki ruang kerja untuk 6-8 orang, ruang meeting, ruangan untuk model dan maket bangunan, kabinet menyimpan material, dan juga kamar kecil.

Bentuk dan rancangan kantor memang ditujukan untuk mendapatkan privacy dari arah jalan. Hal ini didapatkan melalui jumlah jendela yang sedikit dan penggunaan tanaman yang bisa menciptakan batasan yang tipis antara ruang privat dan publik.

Kantor Ini Didesain Bisa Menampung 6-8 Karyawan, Punya Ruang untuk Maket, Kamar Kecil, dan Lainnya (Foto: Rumah123/Designboom)

Baca juga: Keberadaan Kolam dan Taman Bisa Jadi Oase Menyegarkan dalam Hunian Lho

Fitur utama dari kantor ini adalah taman di dalam kantor. Hal ini memang mengejutkan, namun keberadaannya memang punya banyak keuntungan.

Taman ini membuat cahaya luar bisa masuk lebih mudah ke dalam kantor, jadi akses udara masuk ke dalam kantor, serta jadi pemandangan yang menarik bagi para pekerja.

Buat kamu yang sedang merintis perusahaan start up, mungkin desain kantor keren seperti ini bisa memberikan inspirasi ya.

Baca juga: Kantor Diubah Jadi Apartemen Plus Taman dan Kolam Renang, Wow Keren Banget!

Arsitek Memasukkan Taman di Tengah Kantor yang Memiliki Banyak Fungsi Mulai Dari Cahaya dan Udara yang Mudah Masuk, Serta Menjadi Pemandangan Bagi Pekerja (Foto: Rumah123/Designboom)
Bagikan: 620 kali