Foto: Rumah123/iStock

Tingkat kesejukan udara di dalam rumah memengaruhi kenyamanan kita berada di dalamnya. Memang sih AC atau kipas angin bisa dengan mudah menyejukkan udara.

Namun, penggunaan perangkat elektronik yang berlebihan selain kurang baik bagi kesehatan, juga bagi kantong. Tagihan listrik bisa membengkak lho....

Ternyata menyiasati hawa sejuk rumahmu dengan cara alami dapat jadi solusinya. Berikut cara yang bisa kamu lakukan.

Baca juga: Agar Cat Dinding Kamar Mandi Tahan Lama

Pagi hari, udara masih sejuk dan sinar matahari sehat untuk tubuh, jadi buka lebar-lebar jendela. Tutup jendela saat siang atau letakkan tanaman di depan jendela supaya menghalangi terik matahari.

Lalu, buka jendela kembali saat sore untuk menyejukkan udara di dalam rumah. Menjelang kamu akan pergi tidur, tutup kembali

Pilihlah warna cerah untuk memperindah interior rumah, selain berefek terang juga mengurangi suhu panas di dalamnya. Hindari penggunaan warna gelap seperti hitam, cokelat, biru tua, dan merah tua,  yang akan membuat suasana rumah bertambah panas.

Baca juga: Perangi Global Warming dari Rumah Sendiri

Matikanlah perangkat elektronik yang tidak digunakan lagi sesegera mungkin. Semisal, lampu ruangan, cabut charger ponsel, dan nonaktifkan televisi.

Jagalah tingkat kelembapan suhu udara di rumah, karena dengan kelembapan tinggi akan terasa lebih panas. Apalagi tak dilengkapi ventilasi yang baik. Oleh karena itu, jangan menjemur pakaian di balkon atau teras.

Dengan memasukkan tanaman ke ruangan, interior terasa lebih sejuk berkat melimpahnya jumlah oksigen. Pilih tanaman hias berdaun lebar dan letakkan pada pot cantik supaya mudah dipindahkan.

Bagikan: 3415 kali