Membeli Produk Langsung ke Petani Bisa Ikut Memperbaiki Nasib Mereka (Foto: Rumah123/Bernas)

Mau hidup sehat? Mau memberdayakan saudara-saudara kita yang menjadi petani? Makanya belanjanya langsung ke petani.

Buat kamu yang sudah berumah tangga pastinya sering mengeluh kalau harga bawang, cabe, tomat , dan lainnya naik. Mau tahu kenapa barang kebutuhan pokok mudah naik?

Baca juga: Seberapa Penting Sih Digital Marketing Sekarang Ini?

Salah satu penyebabnya adalah panjangnya mata rantai distribusinya. Jangan heran kalau produk pertanian bisa melalui lima hingga tujuh pihak sebelum mencapai konsumen.

Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Samsul Widodo mengisahkan kalau harga bawang dari petani hanya Rp5.000 per kg, namun konsumen harus membayar Rp20.000 untuk satu kg.

Baca juga:  Agen Properti Zaman Now Wajib Gunakan Digital Marketing

Hal ini dipaparkan oleh Widodo saat mengisi acara Lokal Good. idEA, Indonesia E-commerce Association menyelenggarakan Lokal Good dengan tema “Berjayanya Produk Lokal di Era Digital” di The Hall Kasablanka, Jakarta Selatan pada 12-14 September 2018.

Harga bawang yang mahal tidak membuat petani hidup berkecukupan. Tengkulak dan distributor yang bisa menikmati kenaikan harga.

Baca juga:  Ekonomi Digital Bisa Berdayakan Masyarakat Desa Tertinggal

Belakangan, muncul marketplace khusus produk pertanian seperti Limakilo dan Regopantes. Mereka membeli produk pertanian langsung dari petani.

“Saya suka dengan mereka itu karena satu mereka masih ada idealismenya. Mereka perlakukan partner dengan baik. Dan mereka agresif untuk tumbuh. Jadi kami gandeng, kami support,” ujar Widodo kepada Rumah123.

Baca juga: Aplikasi Digital Bikin Hidup Petani dan Nelayan Jadi Lebih Gampang

Marketplace ini memang didirikan sejumlah anak muda yang masih memiliki idealisme. Mereka ingin memberdayakan petani, peternak, dan nelayan.

Mereka membeli produk pertanian dengan harga pantas sehingga petani bisa mendapatkan keuntungan. Konsumen juga bisa memperoleh produk yang bagus dengan harga murah.

Baca juga:  Kemendes PDTT Siap Kolaborasi dengan idEA Bangun Ekonomi Digital

Nah, kamu juga harus ikutan nih membeli produk langsung dari petani atau marketplace. Mereka untung, kamu juga untung.

Jika kamu terbiasa membeli produk segar, kamu dapat membiasakan diri untuk hidup sehat. Makan sayuran, buah-buahan, dan lainnya. Hidup sehat itu dimulai dari rumah lho.

Bagikan: 535 kali