OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Yuk, Bangun Gazebo Buat Tempat Kongkow di Rumah!

22 Nopember 2023 · 1 min read Author: Dodiek Dwiwanto

Teras atas yang dimanfaatkan untuk bersantai. Foto:  Rumah123/Jhony Hutapea

Teras atas yang dimanfaatkan untuk bersantai. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

Buat kamu yang pernah jalan-jalan ke Pulau Lombok, mungkin kamu sering menemukan adanya berugak di dalam rumah atau di pinggir jalan.

Orang-orang suku Sasak memanfaatkan berugak menjadi tempat bersantai. Berugak? Mungkin kamu belum terlalu familiar. Tetapi bagaimana kalau gazebo?

Ini bukan kepanjangan dari “nggak jelas bo” yang biasa dilontarkan oleh ABG ya, tetapi gazebo adalah bangunan yang berdiri terpisah dari bangunan utama rumah.

Ya, semacam gubuk yang biasa kamu jumpai di sawah. Tetapi gazebo biasanya lebih kokoh dibandingkan gubuk.

Baca juga: Pilihan Gazebo yang Pas di Rumah

Gazebo biasa menjadi tempat berkumpul keluarga atau tempat beristirahat sejenak. Tetapi, kalau kamu ingin bekerja di gazebo juga tidak mengapa, suasananya tentu berbeda dibandingkan di ruang  kerja.

Perihal penempatan gazebo nggak ada pakemnya kok. Kamu bisa menempatkan di halaman depan, samping, atau belakang. Ini tergantung dari berapa luas halaman yang kamu miliki.

Tidak jarang juga ada yang menempatkan gazebo di atap rumah alias rooftop. Bayangkan kamu bisa bersantai bersama keluarga seraya memandang kejauhan atau melihat bintang-bintang di langit. Asyik kan?


Tag: , , , , , , , ,


Dodiek Dwiwanto
Penulis sekaligus Editor Rumah123.com. Hobi menonton tayangan desain rumah dan gaya hidup di HGTV saat senggang. Lagi mencari tahu dan belajar soal investasi saham properti dan crowdfunding. Siapa tahu jadi investor.
Selengkapnya