Ide desain RTH TBS Park TB Simatupang, Jakarta Sekatan, yang ditawarkan arsitek Yori Antar. Foto: Rumah123/Asiana Group

Ruang publik, apalagi yang terbuka hijau, saat ini di Kota Jakarta masih minim jumlahnya. Sementara penduduk kota ini terus saja berkembang, sehingga ruang semakin sesak.

Semakin banyak ruang publik akan membuat Kota Jakarta semakin tampak lapang, ramah, dan manusiawi. Ruang publik terbuka apalagi hijau tentunya berperan menciptakan karakter masyarakat kota.

Baca juga: Apartemen di Ciracas Ini Unggulkan Ruang Terbuka Hijau

Tanpa ruang-ruang publik, masyarakat yang terbentuk cenderung individualis dan tak mampu berinteraksi apalagi bekerja sama satu sama lain. Karenanya, dibutuhkan desain ruang terbuka publik yang minim sekat yang saling terkoneksi.

Jadi, ruang publik yang dibangun bukan hanya bertujuan mewadahi aktivitas masyarakat, melainkan juga agar mereka saling berinteraksi.

Demikian buah pikiran arsitek kesohor Yori Antar yang dipercaya Asiana Group dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk merancang Ruang Terbuka Hijau (RTH) TBS Park seluas satu hektare di kawasan Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Baca juga: Kemewahan Dalam Lingkungan Hijau, Begitulah Konsep Apartemen Prestisius Ini

RTH TBS juga menawarkan keunikan fasilitas baru guna memperkaya khasanah aktivitas warga, dan khususnya melalui fasilitas permainan tradisional, sekaligus diharapkan membantu melestarikan kekayaan budaya bangsa.

“Ide desain yang saya tawarkan tak hanya bertujuan mewadahi aktivitas masyarakat, tetapi juga berupa rancangan minim sekat yang saling terkoneksi, sehingga mengondisikan individu-individu untuk saling berhubungan,” tutur Yori Antar yang juga mendesain RTH Kalijodo dalam siaran pers yang diterima Rumah123, Senin (17/4).

Baca juga: Sejuknya Hunian Hijau di Kawasan Cakung Ini!

RTH TBS Park juga menawarkan keunikan fasilitas baru guna memperkaya khasanah aktivitas warga. Khususnya melalui fasilitas permainan tradisional, yang sekaligus diharapkan bisa mendukung pelestarian kekayaan budaya bangsa.

Jumlah RTH di DKI Jakarta, merujuk  data Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, mencapai 3.131. RTH tersebut berupa taman kota, taman lingkungan, taman interaktif, juga jalur hijau jalan.

DKI Jakarta, khususnya Jakarta Selatan, masih membutuhkan sekitar 20% lagi untuk mencapai target RTH sesuai peraturan pemerintah. Hingga akhir 2016, Jakarta Selatan telah memiliki 780 RTH, atau peringkat kedua terbanyak setelah Jakarta Pusat (913 RTH). Dalam hal ini, kerja sama pihak swasta dan Pemprov DKI untuk membangun Kota Jakarta yang asri, sangat dibutuhkan.

Baca juga: RPTRA, Tempat Hiburan "Pesaing" Mal di Jakarta

Desain TBS Park akan menghadirkan area Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang menonjolkan keberagaman fasilitas. Menyasar berbagai komunitas penggemar olah-raga ketangkasan, selain bike park dan skate park, RTH TBS juga akan diperkaya sarana climbing wall dan tempat pertunjukan semi terbuka bagi para pencinta seni.

Skate park dan bike park RTH TBS Park rencananya berukuran 1.535 m2. Tak ketinggalan akan dibangun beberapa zona duduk untuk beristirahat dan berkumpul, termasuk dek di antara pepohonan untuk memandang area RTH dari ketinggian, serta ruang laktasi dan surau.

 
Bagikan: 1527 kali