Taman terbuka yang berada di tengah rumah. Foto: Rumah123/Dharma Wijayanto
 

Rumah yang punya taman memang indah. Selain memanjakan mata, juga bisa men-charge energi kita saat bersantai di rumah. Namun, gimana kalau tak tersisa lahan di luar rumah untuk dijadikan taman? Ah, siapa bilang yang namanya taman harus outdoor?

 

Selain taman di halaman rumah, bagian dalam rumah juga bisa kamu buatkan taman lho. Ini dikenal dengan istilah inner court atau taman dalam rumah.

 

Taman tersebut sangat bagus kamu terapkan. Mengapa? Karena mampu mengurangi stres, apalagi kalau kamu tambah air mancur buatan. Semakin cantik saja hunianmu.

 

Baca juga: 4 Langkah untuk Semarakkan Taman di Rumah Minimalis, Catat Ya!

 

Adanya inner court mampu menyerap energi matahari dan udara untuk dialirkan ke penjuru ruangan dalam rumah. Juga mampu meminimalisasi penggunaan air conditioner (AC) dan lampu. Kamu tertarik membuat inner court? Nah,  coba ikuti tahapan ini:

 

Minim Pohon

 

Jika ingin menggunakan pohon, sebaiknya beberapa pohon saja yang kamu tanam. Jika berlebihan, maka akan merusak pemandangan halaman dalam rumahmu. Pemandangan juga jadi sempit dan tak teratur. Setidaknya perbanyak tanaman hias dan penggunaan rumput gajah biar semakin asri.

 

Baca juga: Begini Nih, Cara Gampang Merancang Taman Atap di Rumah Kamu

 

Material yang kamu pilih harus bersifat tahan lama dan mudah dibersihkan. Penggunaan batu alam di dalam akan terlihat semakin elegan.

 

Penambahan patung hias juga bisa diterapkan biar tamanmu semakin keren. Jangan lupa tambahkan air mancur buatan dari bahan bambu.

 

Perhatikan Saluran Pembuangan

 

Sistem pembuangan air juga harus kamu perhatikan. Pada saat musim hujan pastikan aliran air tidak tersumbat yang biasanya menyebabkan banjir. Sering-seringlah kamu bersihkan karena pasti ada daun atau tanaman yang rontok dan menyumbat sirkulasi pembuangan.

 

Pencahayaan Tambahan

 

Ga ada salahnya kalau kamu ingin menambahkan pencahayaan LED pada taman. Jika hal ini kamu terapkan, tamanmu semakin indah. Gunakan cahaya lampu yang tidak terlalu terang atau watt yang rendah.

Bagikan:
17943 kali