Penumpang Kereta Api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Memberlakukan Pembatasan Bagasi Kepada Penumpang Kereta Api. Kalau Ada Penumpang yang Membawa Barang dalam Jumlah Banyak, Dia Harus Membayar Biaya Tambahan Bagasi (Foto: Rumah123/Getty Images)

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menetapkan pemberlakuan aturan pembatasan bagasi bagi penumpang kereta saat mudik Lebaran 2019. Bagi kamu yang telah mendapatkan tiket kereta atau berencana mudik dan balik pada Idul Fitri tahun ini jangan sampai tidak tahu ya.

Seperti halnya angkutan umum lainnya seperti pesawat, kereta api juga memberlakukan pembatasan bagasi. Hal ini tentunya demi kenyamanan para penumpang.

Laman Tirto.id melansir pernyataan Humas PT KAI, Agus Komarudin yang memaparkan bahwa pihaknya berharap penumpang membawa barang bawaan secukupnya.

Baca juga: Tol Lampung Sampai Palembang Sudah Bisa Digunakan Saat Mudik Lebaran 2019

PT KAI memberikan bentuk layanan kepada para penumpang berupa pemberian bagasi gratis dengan berat maksimum 20 kilogram. Volume barang maksimal 100 desimeter kubik.

Ukuran ini setara dengan dimensi maksimal 70x48x30 cm. Sebanyak-banyaknya terdiri dari empat koli (item bagasi). Jadi sebelum berangkat, pastikan besar koper atau ransel kamu ya.

Selain itu, ada aturan tambahan lho. Kalau saat boarding di stasiun, penumpang kereta diketahui membawa bagasi yang melebihi peraturan tersebut, maka akan dikenakan biaya tambahan.

Baca juga: Kereta Bandara Yogyakarta Sudah Beroperasi, Buat yang Mudik Jangan Lupa Naik

PT KAI menetapkan biaya bagasi tambahan ini sebesar Rp10.000 per kilogram untuk kelas eksekutif, Rp6.000 per kilogram untuk kelas bisnis, serta Rp2.000 per kilogram untuk kelas ekonomi.

Ada yang perlu diperhatikan lagi bagi para penumpang yaitu barang yang ukurannya lebih besar dari 200 desimeter kubik atau setara dengan dimensi maksimal 70x48x60 cm maka barang tersebut tidak diperkenankan dibawa ke kabin penumpang.

Bagi kamu yang sudah terbiasa menggunakan angkutan kereta api, tentunya sudah tahu aturan ini. Lain halnya bagi mereka yang belum pernah.

Baca juga: Tidak Usah Khawatir Ya, PT KAI Tambah Kereta Untuk Mudik Lebaran 2019

Sebelum berangkat, pastikan kamu membawa barang bawaannya yang tidak terlalu besar atau setidaknya kamu mudah membawanya saat naik kereta.

Sepanjang bulan Ramadan, situs properti Rumah123.com menyajikan sejumlah artikel menarik terkait puasa dan mudik Lebaran 2019.

Bagikan: 950 kali