OK

Yang Dikoleksi Tuh Buku, Bukan Debu!

19 Juli 2022 · 3 min read · by Inge Mangkoe

Ilustrasi (Foto: Rumah123/Pexels)

Ilustrasi (Foto: Rumah123/Pexels)

Buat kamu yang hobi baca pastinya suka juga mengoleksi buku. Akan jauh lebih asyik kalau buku-buku koleksimu tetap bersih, rapi, dan bebas debu.

Makanya, biar buku yang sudah tersimpan di rak tidak cepat rusak atau kotor berdebu, kamu perlu rajin membersihkannya. Berikut adalah tips menghilangkan debu dan menjaga buku tetap bagus kondisinya:

Sampul plastik

Kamu bisa membeli plastik khusus untuk menyampul buku. Tapi jangan pilih yang tipis ya, karena biasanya cepat sobek. Pilih plastik dengan lapisan yang agak tebal.

Buku yang sudah disampul dengan baik dan rapi biasanya akan minim terkena debu. Bukan itu saja, buku tersebut juga bisa terhindar dari air. Kalau kena air, biasanya kertas suka bergelombang dan malah membuat kamu ga nyaman saat membacanya.

Baca juga: Trik Menyulap Dinding Jadi Lemari

Jauhkan dari sinar matahari langsung

Buku yang sering terkena sinar matahari langsung, akan cepat kuning, jelek, kering, dan rapuh. Debu yang berterbangan pun akan cepat menempel.

Maka dari itu, rak buku sebaiknya disimpan di tempat yang tidak terkena matahari secara langsung. Kamu pasti ga mau dong buku kesayanganmu cepat rusak?

Rajin membersihkan

Nah, kalau yang satu ini memang butuh kerja ekstra. Terutama buat mengusir rasa malas. Tapi kalau tidak sering dibersihkan, ya debu pasti bakalan menumpuk.

So, buang rasa malasmu! Jadwalkan membersihkan buku-buku itu misalnya tiga kali dalam satu minggu. Kamu bisa membersihkannya dengan kemoceng, jangan pakai lap basah.

Rotasi posisi buku

Ini juga penting banget, lho! Sesekali, pindahkan buku-buku yang semula berada di rak bagian dalam ke luar. Dalam seminggu, minimal dua kali kamu rotasi. Kenapa? Biar si debu ga ngikut terus, dan tentu saja agar bukumu ga lembap.

Baca juga: Kamar Bersih dalam Hitungan Detik, Gampang Kok!

Kapur barus

Buku juga bisa dimakan rayap, apalagi jika kamu kurang merawatnya. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menaburkan kapur barus yang sudah dibubukkan ke bagian-bagian buku tersebut.

Kalau bukumu berada di rak bagian dalam, kamu juga bisa menaruh lampu yang kecil di dalamnya. Ini juga bisa menghindarkan debu-debu menempel terlalu lama pada buku-buku tersebut.

Tapi ingat jangan pilih lampu yang berkekuatan tinggi karena bisa membuat buku cepat sobek. Pilih yang ringan saja.

Atur rapi

Ayo ngaku! Kamu masih suka menjejal-jejalkan buku di rak buku, kan? Ga heran kalau bukumu jadi berteman dengan debu. Kalau ditata dengan rapi, kita yang lihatnya juga enak, kan?

Jangan tumpuk atau menjejalkan buku-buku begitu saja. Sebaiknya kamu posisikan buku-buku tersebut dengan cara diberdirikan. Jangan lupa gunakan juga pembatas buku, ya.


Tag: , , , , ,