Ilustrasi Kawasan Sub Urban (Rumah123/Realestate.com.au)

Ogah deh tinggal di kawasan pinggiran, begitu biasanya respon milenial soal lokasi rumah. Padahal, kawasan sub urban sebenarnya punya potensi besar.

Majalah Money melakukan riset beberapa kawasan sub urban di Amerika Serikat sebagai tempat yang nyaman untuk tinggal. Money melakukan riset mendalam dengan memasukkan beberapa kategori di antaranya tingkat kejahatan, pendidikan, dan fasilitas publik.

Baca juga: Nih, Rumah Mikro Ala London yang Bisa Jadi Solusi Untuk Milenial Indonesia

Sebelumnya, laman penghitung biaya hidup HowMuch.net juga melakukan riset serupa. Sayangnya, riset ini hanya menghitung soal pendapatan rata-rata rumah tangga dan prospek kerja di masa depan.

“Idealnya, tempat terbaik untuk tinggal memiliki dua hal yaitu pendapatan rata-rata yang tinggi dan proyeksi pertumbuhan lowongan kerja yang kuat,” ujar Director Content Development HowMuch.net, Raul Amoros kepada Market Watch.

Baca juga: Lagi Bete? Pengen Cari Inspirasi? Langsung Aja Masuk Kapsul Kaum Urban

Salah satu hal yang terungkap dalam riset ini adalah tempat ternyaman untuk tinggal di AS adalah sub urban yang jauh dari kota metropolitan.

“Kawasan seperti ini memiliki sejumlah tempat ideal untuk membeli rumah dan memulai karier. Ada akses bagus ke perusahaan, sistem pendidikan yang baik, dan dekatnya fasilitas seperti di kota besar,” kata Amoros.

Baca juga: Milenial Pilih Tinggal di Kawasan Sub Urban, Nah Begini Dong!

“Dan milenial yang mulai membeli rumah di kawasan sub urban. Kami merasa tempat-tempat ini akan memiliki masa depan yang cerah,” lanjutnya.

Nah, kalau di Indonesia, sepertinya kawasan Timur Jakarta seperti Bekasi, Cikarang, dan Karawang sedang menjelma jadi sunrise property.

Baca juga: Kawasan Sub Urban Lebih Hidup Karena Pengaruh Milenial, Beneran Lho

Sederetan wilayah ini dipenuhi oleh kawasan industri dan juga banyak perusahaan asing. Banyak kompleks perumahan dibangun di sini. Mungkin kawasan ini mirip dengan yang digambarkan HowMuch.net.

Bagikan: 666 kali