Stadion Ekaterinburg Arena Memiliki Tribun Sementara yang Berdesain Tidak Biasa (Rumah123/Daily Mail)

Hmm, kalau melihat tribun sementara Stadion Ekaterinburg Arena kayaknya kamu bakal berpikir, “Serius nih ada tribun kayak begini?”

Serius bro. Ekaterinburg Arena menjadi salah satu dari 12 stadion yang berada di 11 kota yang menjadi tempat penyelenggaraan Piala Dunia 2018 Rusia.

Baca juga: Waduh, Masih Ada Suporter Jepang yang Berkeliaran di Rusia

Semula stadion ini hanya memiliki kapasitas sekitar 27.000 penonton. Jumlah ini jauh di bawah ketentuan Konfederasi Sepak Bola Dunia FIFA yang mengharuskan stadion penyelenggara minimal memiliki kapasitas 35.000 penonton.

Untuk menyiasatinya, arsitek mendesain tribun sementara sehingga stadion ini memiliki kapasitas yang ditetapkan oleh FIFA. Tribun sementara ini memang unik karena letaknya berada di luar stadion.

Baca juga: Wah, Ternyata Kayak Begini Kelakuan Fans Jepang Selama Piala Dunia 2018

Sementara kalau dari dalam, tribun sementara ini tidak terlalu terlihat mencolok. Meski memang penonton menyaksikan pertandingan seakan lebih jauh.

“Terkait masalah Ekaterinburg, tempat duduk temporer yang dipasang bertujuan untuk memastikan kalau pekerjaan renovasi akan menjaga kelestarian fasad bersejarah dari stadion dan biaya perawatan bisa dikurangi setelah Piala Dunia 2018,” ujar juru bicara Konfederasi Sepak Bola Dunia FIFA seperti dikutip oleh media Inggris, Guardian.

Baca juga: Stadion Piala Dunia 2018 Didesain Atasi Para Perusuh, PSSI Perlu Belajar Nih!

“Kunjungan inspeksi dan laporan detil telah menunjukkan kalau tempat duduk atau tribun sementara di Ekaterinburg Arena secara keseluruhan sudah memenuhi semua standar keselamatan dan keamanan,” lanjutnya.

Sayangnya, setelah perhelatan Piala Dunia 2018 Rusia, tribun sementara ini akan dihilangkan. Alhasil, kapasitas stadion hanya akan menjadi 23.000 penonton saja.

Baca juga: Asyik, Tunarungu dan Tunanetra Bisa Nonton Piala Dunia 2018

Meski FIFA menjamin standar keselamatan dan keamanan, kayaknya kalau kamu nggak terbiasa berada di bangunan sementara seperti ini, yakin kamu nggak bakal gemetar? Kayaknya para penonton yang berada di tribun sementara ini punya nyali gede juga ya.

Ketimbang adu nyali kayak gini, mendingan juga nonton bareng di rumah. Belum bosen nobar kan? Piala Dunia empat tahun sekali lho. Pertandingan final nanti, kamu jagokan siapa? Prancis atau Kroasia?

Baca juga: Wow Keren, Semua Stadion Piala Dunia 2018 Bisa Diakses Kaum Disabilitas

Tribun Sementara Ini Untuk Menyiasati Kapasitas Stadion Sesuai Standar FIFA (Rumah123/Daily Star)
Usai Piala Dunia 2018, Tribun Sementara Ini Akan Dihilangkan dan Kapasitas Stadion Akan Berkurang (Rumah123/Daily Star)
Bagikan: 6139 kali