Lantaran harga rumah kian mahal, banyak orang yang pesimis duluan untuk bisa beli rumah sendiri. Ujung-ujungnya, menyewa kos-kosan atau kontrakan lah yang dipilih.

rumput taman - rumah123.com

Padahal kalau dihitung-hitung lagi, biaya yang keluar untuk ngekos atau ngontrak, udah bisa dipakai buat beli rumah pribadi! Sayang kan, hasil kerja kerasmu gak menghasilkan sesuatu yang wujudnya nyata? Malah dompet orang lain yang kamu isi dengan uang sewa. 

Buat kamu yang masih maju mundur buat beli rumah, coba deh lihat dulu simulasi cicilan rumah berikut ini. Anggap aja rumah yang mau kamu beli harganya adalah Rp300 juta. Kira-kira, seperti inilah jumlah dana yang harus disiapkan. Mulai dari uang muka, hingga cicilan per bulannya!

Uang muka sebesar Rp50 juta, bisa dikumpulin selama setahun

Berdasarkan peraturan dari Bank Indonesia, mekanisme pembayaran down payment rumah diserahkan kepada masing-masing bank pemberi kredit. Artinya, kamu nggak perlu khawatir harus merogoh kocek besar untuk menyiapkan DP. 

Supaya mudah, kamu bisa menyiapkan DP sebesar Rp50 juta. Gimana cara ngumpulinnya? Bikin target keuangan pribadi untuk tabungan DP rumah. Paling nggak, kamu harus ngumpulin sebanyak Rp4 juta tiap bulannya. Kalau konsisten, kamu bisa ngumpulin sebanyak Rp48 juta selama 12 bulan. Rp2 juta sisanya pasti gak butuh waktu lama buat dikumpulin. Coba deh mulai nabung sebesar itu mulai sekarang. Niscaya tahun depan kamu udah bisa ngantongin uang buat DP rumah!

Cicilan Rp 2 jutaan per bulan, dengan simulasi kayak gini

DP sebesar Rp50 juta udah aman. Sekarang, saatnya pilih KPR dengan bunga dan tenor paling cocok. Seperti judul artikel ini, target cicilan bulanan adalah Rp 2 jutaan. Ada ga sih rumah di kisaran harga Rp300 juta dengan cicilan sebesar itu? Tentu aja ada! Ini dia daftar rumah dengan cicilan Rp2 jutaan beserta simulasinya.

Griya Indah Serpong, Gunung Sindur, Bogor

Berlokasi di Gunung Sindur, Bogor, pengembang perumahan ini menawarkan hunian seharga Rp230 juta untuk rumah dengan luas bangunan 50 m2, dan luas tanah 60 m2. Apabila kamu memilih KPR dengan bunga sekitar 8% per tahun yang fixed selama 5 tahun, dengan tenor selama 20 tahun, jumlah cicilan bulanan KPR-mu akan sebesar Rp1.539.050. Wah, bahkan cicilannya kurang dari Rp2 juta nih!

Citra Maja Raya, Tangerang

Pengembang perumahan ini membanderol rumah tipe 36/72 seharga Rp250 juta. Dengan uang muka Rp50 juta, pembeli bisa mencicil rumah ini sebesar Rp1.672.880 setiap bulan selama 20 tahun. 

The Forest Residence, Bojong Sari, Depok

Perumahan ini dibanderol seharga Rp295 juta untuk tipe 36/72. Perumahan yang terletak di di antara Ciputat dan Parung ini bisa ditebus dengan uang muka Rp50 juta dan angsuran Rp2.049.278 per bulan selama 20 tahun.

Gimana? Dengan perhitungan di atas, kamu bisa punya rumah sendiri loh. Bayar cicilannya cuma Rp 2 jutaan per bulan. Gak jauh beda kan sama biaya sewa kontrakan atau kos-kosan kamu? Walaupun lokasinya berada di pinggiran kota, perumahan-perumahan di atas punya akses transportasi yang memadai. Bisa diakses dengan KRL, dan dekat dengan jalan tol.

Yakin, masih milih untuk ngekos atau ngontrak? Kalau bisa punya rumah sendiri, kenapa harus nyewa punya orang lain?

Bagikan: 4445 kali