Masjid Raja Hassan II, Maroko (Rumah123/iStockphoto)

Masjid ini terlihat indah lantaran menaranya yang tinggi dan juga letaknya yang berada di tepi pantai yang menghadap ke Samudra Atlantik.

Masjid bernama Hassan II ini berada di kota Casablanca, Maroko. Masjid ini diklaim sebagai masjid dengan kapasitas terbesar nomor 13 di dunia  dan bisa menampung 105.000 jamaah!

Baca juga: Gunakan Batu Alam, Masjid Ini Seolah Menyatu dengan Lingkungan Padang Pasir

Masjid Hassan II memiliki menara setinggi 201 meter atau setara dengan bangunan 60 lantai. Menara ini menjadikan masjid Hasan II sebagai masjid dengan menara tertinggi di dunia.

Pada menara masjid ini dipasang laser yang menghadap ke Mekkah yang menjadi kiblat umat Muslim saat shalat. Laser itu terlihat pada malam hari dengan jangkauan mencapai 30 km melintasi lautan.

Baca juga: Keren Banget Lho Perpaduan Desain Masjid Sheikh Zayed

Ide pembangunan masjid ini berawal dari keinginan Raja Maroko, Hassan II yang menginginkan adanya bangunan untuk mengenang ayahnya Raja Mohammed V.

Arsitek asal Prancis, Michel Pinseau mendesain masjid ini dengan gaya perpanduan Arab-Andalusia dan Moor Afrika Utara. Andalusia adalah kawasan yang pernah dikuasai umat Muslim di Spanyol pada abad ke-7 hingga abad ke-14.

Baca juga: Banyak Pohon Tumbuh di Dalam Masjid Ini

Pinseau memang dikenal memang memiliki banyak proyek bersama Raja Hassan II. Mereka bertemu pertama kali pada 1970.

Pembangunan masjid ini dimulai pada Juli 1986 dan selesai pada Agustus 1993. Masjid ini sempat direnovasi pada 2003 setelah air laut merusak pondasi masjid.

Baca juga: Desain Masjid Ini Terinspirasi dari Rumah Nabi Muhammad SAW

Kalau kamu sedang melancong ke Afrika Utara, jangan lupa untuk meluangkan waktu ke Maroko dan mampir ke masjid ini ya.

Bagikan:
1824 kali