jalan tol Kementerian PUPR

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan meresmikan jalan tol sepanjang 346 kilometer hingga akhir 2021. Di daerah mana saja infrastruktur itu berada?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus melakukan pembangunan di berbagai bidang selama masa jabatannya. Salah satunya pembangunan jalan tol.

Sejumlah media mengatakan Jokowi akan meresmikan sejumlah ruas jalan tol di berbagai daerah sepanjang 346 km hingga akhir tahun 2021.

Direktur Jalan Bebas Hambatan Kementerian PUPR, Budi Hariawan Semihardjo menyampaikan hal tersebut dan dilansir oleh laman berita CNBCIndonesia.com.

“Kami sampaikan target tahun ini ada 346 km di 2021 ruas tol yang akan diresmikan. Sedangkan yang sudah beroperasi sudak 97 km,” ujar Budi Hariawan.

Ia pun menambahkan, “Jadi, masih banyak yang akan diresmikan hingga akhir tahun 2021 ini”.

Budi Hariawan mengatakan, bahwa pada bulan Oktober ada sekitar  ruas tol sepanjang 96 km yang akan diresmikan,

Selanjutnya, ada jalan tol sepanjang 98 km yang diresmikan pada November 2021, sementara pada Desember 2021-Januari 2022 ada sekitar ruas sepanjang 108 km yang diresmikan.

Ia pun berharap bahwa target ruas tol 346 km pada 2021 akan bisa dituntaskan sesuai dengan rencana yang telah dibuat.

Jalan tol

Jalan Tol yang Akan Diresmikan

Adapun ruas tol yang menjadi prioritas adalah tol Cisumdawu, yang menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Jalan tol tersebut dapat mendorong pengoperasian Bandara Kertajati dan menghubungkan tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Tidak hanya itu, target penyelesaian selanjutnya adalah ruas tol  Jakarta Outer Ring Road II, saat ini jalan tol yang belum selesai adalah Cinere-Jagorawi, Cimanggis-Cibitung, dan Cibitung-Cilincing.

Prioritas lain hingga 2024, pemerintah menargetkan satu ruas lagi yang menjadi tulang punggung Tol Trans Sumatera dan Yogyakarta-Bawen, Yogyakarta-Solo sampai Kulonprogo.

Budi menjelaskan, bahwa pembangunan jalan tol ini sempat mengalami hambatan dan kendala karena pandemi Covid-19, terkait dan pembebasan lahan dan pengiriman material terganggu karena PPKM.

Pada awal tahun, pemerintah telah menargetkan ada 17 jalan tol yang akan dibangun sepanjang 401 km, terbagi atas non Trans 115,8 km, tol Jabodetabek 101,6 km, dan jalan tol Trans Sumatera 192,4 km.

Rumah123.com pernah membahas mengenai Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, salah satu ruas tol terpanjang di Indonesia.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Green Avenue.

Bagikan:
571 kali