Biro Arsitek Asal Turki, Melike Altinisik Architects Berencana Membangun Museum Robot dan Sains di Seoul, Korea Selatan Menggunakan Robot dan Drone (Foto: Rumah123/Dezeen)

Teknik konstruksi bangunan semakin canggih saja. Pembangunan Museum Robot Sains akan melibatkan teknik konstruksi yang menggunakan robot dan juga drone.

Dezeen melansir biro arsitek asal Turki, Melike Altinisik Architects mengungkapkan rencana pembangunan museum di Seoul, Korea Selatan. Pemerintah ibu kota Korea Selatan ingin memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai robot.

Robot digunakan untuk membangun fasad bangunan yang terbuat dari material metal atau logam dan berbentuk kurva. Robot akan membentuk struktur, memperbaiki, memasang, dan memolesnya.

Baca juga: Kayak Apa Rasanya Makanan yang Disiapkan Robot?

Tenaga robot juga akan dimanfaatkan untuk menggunakan beton cetakan tiga dimensi atau 3D print. Bagian beton ini menjadi lanskap museum.

Sementara drone akan digunakan untuk pemetaan. Drone juga berfungsi untuk melakukan inspeksi area dan mengendalikan wahana robot yang digunakan untuk membangun.

Melike Altinisik Architects ingin menunjukkan kalau robot punya potensi untuk membangun gedung berbentuk kurva. Apalagi gedung ini merupakan museum tentang robot. Arsitek berharap bisa memperlihatkan potensi robot sebelum museum robot dibuka.

Baca juga: Lovot, Robot yang Bikin Kamu Ga Kesepian Lagi di Rumah

Selain itu, tujuan arsitek menggunakan robot untuk membangun fasad museum adalah guna menghemat waktu dan dana.

Rencananya, Museum Robot Sains ini akan mulai dibangun pada 2020 mendatang. Pembangunan ditargetkan akan selesai pada 2022.

Sebenarnya, konstruksi melibatkan robot bukanlah hal baru. Archi-Union Architects membangun sebuah gedung konferensi di Shanghai, China hanya dalam waktu 100 hari menggunakan metode konstruksi yang dibantu oleh robot.

Baca juga: Ga Usah Khawatir Tinggalkan Rumah, Kamu Bisa Memiliki Robot Anjing Penjaga

Bagikan: 634 kali