Transjakarta Akan Memiliki Bus Listrik. PT Transjakarta Akan Melakukan Uji Coba Terlebih Dulu (Foto: Rumah123/Transjakarta.co.id)

Pengelola transportasi massal Transjakarta, PT Transjakarta sedang mengkaji rencana pengoperasian bus listrik. Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan pertemuan dengan United Nation Environmental Program (UNEP).

UNEP merupakan badan di bawah Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mengurus aktivitas lingkungan dan membantu negara berkembang dalam menerapkan kebijakan dan penerapan hal yang terkait lingkungan.

Banyak negara sudah mulai mengoperasikan bus listrik. Tidak hanya itu, bus listrik malah sudah tanpa sopir seperti di beberapa negara Eropa.

Baca juga: Halte Transjakarta Bakal Terintegrasi dengan Stasiun MRT, Yuk Naik Transportasi Massal

“Karena di dunia ini sekarang menuju kepada kendaraan listrik, jadi visi Pak Gubernur (Anies Baswedan) minta bahwa kita bisa ke sana,” ujar Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono seperti dilansir oleh Kompas.com.

Dalam pertemuan tersebut, UNEP memberikan pemaparan rencana membuat Jakarta menjadi kota yang ramah lingkungan melalui pengoperasian transportasi listrik. PT Transjakarta akan melaksanakan kajian teknis pengadaan dan operasional bus listrik.

Kalau transportasi berbasis listrik bisa dioperasikan di Jakarta, PT Transjakarta bakal melaksanakan kajian lanjutan. Langkah selanjutnya adalah mengganti bus yang menggunakan gas dan bensin untuk beralih menggunakan listrik.

Baca juga: Transpatriot dan Transjakarta Bakal Terintegrasi, Yuk Cari Rumah di Bekasi

Sebenarnya sih, wacana untuk mengoperasikan bus listrik sudah ada sejak 2018. PT Transjakarta sempat berencana untuk melakukan uji coba 10 bus listrik di Gelora Bung Karno untuk ajang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Bayangkan aja kalau Jakarta sudah bakal masuk tahap kota kelas dunia kalau bisa mengoperasikan bus listrik. Siapa tahu nanti Transjakarta bakal mengoperasikan bus tanpa sopir.

Pada 2019, MRT (Moda Raya Terpadu/Mass Rapid Transit) dan LRT (Light Rapid Transit) bakal beroperasi di Jakarta. Bayangkan kalau Jakarta juga sudah mempunyai Transjakarta dan kereta listrik commuter line.

Baca juga: Penumpang Transjakarta Tercatat 189 Juta, Kamu Termasuk Ga Sih

Beberapa moda transportasi ini bakal terintegrasi pada masa mendatang. Mulai dari sekarang, kamu harus mencari hunian yang terintegrasi sarana transportasi atau minimal dekat akses transportasi umum.

Kamu nggak perlu lagi mengendarai mobil atau motor untuk ke kantor atau tempat beraktivitas, Kamu bisa naik commuter line, MRT, LRT, dan Transjakarta.

Bagikan: 392 kali