Penonton yang Memiliki Keterbatasan Bisa Menikmati Pertandingan Sepak Bola di Stadion-stadion Rusia (Rumah123/Euractiv)

Bagi mereka yang memiliki keterbatasan alias kaum disabilitas, banyak bangunan yang tidak ramah terhadap mereka. Coba lihat saja bagaimana saudara-saudara kita yang tidak memiliki kaki atau tangan saat mengakses masuk kantor, stasiun, terminal, bandara, dan lainnya.

Jangan bayangkan kita yang normal ya. Tetapi, sering kali kita yang normal juga bisa kesulitan jika mengakses suatu tempat.

Baca juga: Semua Stadion Piala Dunia 2018 Masuk Kategori Ramah Lingkungan, Ini Baru Keren!

Namun, aksesibilitas sudah dipikirkan oleh panitia penyelenggara Piala Dunia 2018 Rusia. Para arsitek sudah mendesain stadium yang mudah diakses terutama bagi mereka yang memiliki keterbatasan.

Aksesibilitas menjadi hal penting. Panitia penyelenggara dan juga Konfederasi Sepak Bola Dunia, FIFA ingin memastikan kalau kaum disabilitas seperti tuna rungu, tuna netra, tuna daksa, dan lainnya bisa menonton serta menikmati pertandingan Piala Dunia 2018.

Baca juga:  Stadion Piala Dunia 2018 Didesain Atasi Para Perusuh, PSSI Perlu Belajar Nih!

FIFA dan panitia penyelenggara Piala Dunia bekerja sama dengan Centre for Access to Football in Europe (CAFE) dan sejumlah pihak terkait di Rusia untuk merancang solusi terbaik soal aksesibilitas. Semua infrastruktur dirancang mudah diakses.

Tempat parkir, pintu gerbang, akses masuk, tempat duduk, toilet, dan area bersantai semua tersedia di setiap stadium. Begitu juga dengan layanan istimewa termasuk petunjuk akses penonton, layanan transportasi antar jemput dengan mobil listrik, layanan pinjam kursi roda, dan layanan komentar pertandingan.

Baca juga:  Asyik, Tunarungu dan Tunanetra Bisa Nonton Piala Dunia 2018

Panitia penyelenggara telah menyiapkan ratusan pekerja dan relawan yang telah dilatih supaya bisa menyediakan informasi dan mendukung suporter yang membutuhkan bantuan. Semua pekerja dan relawan tersedia di semua stadion.

FIFA dan panitia penyelenggara juga telah mengalokasikan tiket dengan akses istimewa dan ratusan kursi untuk para penonton dengan kebutuhan khusus. Ada empat kategori termasuk untuk para pengguna kursi roda. Mereka yang berkebutuhan khusus bisa meminta bantuan sebelum, selama, dan sesudah pertandingan.

Wow, keren ya layanannya. Di Eropa, kaum disabilitas memiliki kemudahan dalam mengakses stadion. Kalau di Indonesia sendiri gimana?

Bagikan: 341 kali