Sebuah Tim dari China Berhasil Membuat Jembatan Cetakan 3D Terpanjang di Dunia. Panjanganya Mencapai 26,3 Meter dan Lebar 3,6 Meter (Foto: Rumah123/Designboom/JCDA)

Sebuah tim dari China berhasil membangun jembatan cetakan 3D atau 3D print atau tiga dimensi terpanjang di dunia. Jembatan ini memiliki panjang 26,3 meter dan lebar 3,6 meter.

Profesor Xu Weiguo dari Fakultas Arsitektur Universitas Tsinghua memimpin tim dari Joint Research Center for Digital Architecture (JCDA)  yang membuat jembatan ini. Universitas Tsinghua merupakan perguruan tinggi yang berada di ibu kota China, Beijing.

Sementara jembatan ini berada di pusat industri dan kreatif di Distrik Baoshan, Shanghai. Jembatan ini terbuat dari beton cetakan.

Baca juga: Bangunan 3D Print Bisa Segede Ini?

Tim pembuat jembatan terinspirasi dari Jembatan Anji di Zhaoxian, China. Jembatan kuno ini merupakan salah satu jembatan tertua di dunia dan juga ikonik di China.

Mereka menggunakan dua robot pencetak 3D untuk membuat jembatan ini. Tim membutuhkan waktu hingga 450 jam untuk menyelesaikannya.

Sebelumnya, tim melakukan uji coba. Mereka membangun jembatan contoh untuk menguji coba kekuatan cetakan dan struktur.

Baca juga: Toilet 3D Print Ini Bisa Ubah Kotoran Manusia Jadi Energi Listrik

Pembuatan jembatan ini juga menunjukkan beberapa inovasi dari sistem cetak tiga dimensi. Pertama, peralatan mencetak yang menggunakan tangan robot yang bisa mencegah adanya kesalahan.

Kedua, proses mencetak ini sudah termasuk desain, memasukkan material, dan gerakan robot yang bekerja secara simultan. Ketiga, formula material mencetak yang unik yang memiliki performa bagus.

Teknologi cetak 3D memanfaatkan beton memang semakin canggih. Pakar dari Belanda sudah membuat jembatan, sementara ahli dari Italia sudah membangun rumah kecil. Mungkin nanti kamu bakal memiliki rumah atau apartemen dengan cetakan tiga dimensi.

Baca juga: Jembatan Cetakan 3 Dimensi Ini Bisa Menahan Beban 40 Truk, Masa Sih?

Tim Produksi Membuat Jembatan Ini Menggunakan Robot dan Memakan Waktu 450 Jam (Foto: Rumah123/Designboom/JCDA)
Bagikan: 412 kali