Studio Arsitektur Neumann Monson Mendesain Bangunan Tempat Parkir yang Hemat Energi (Foto: Rumah123/Dezeen)

Sebuah bangunan tempat parkir baru saja selesai dibangun. Gedung parkir ini hemat energi karena mengonsumsi energi lebih sedikit dari yang dihasilkan.

Studio arsitektur asal Amerika Serikat, Neumann Monson mendesain bangunan ini. Lokasinya di Des Moines, negara bagian Iowa, Amerika Serikat.

Bangunan ini memiliki tinggi enam lantai dan bisa memuat 540 kendaraan. Gedung ini juga menjadi ruang publik karena konstruksiknya terkait pembangunan kembali blok kawasan yang ramah pejalan kaki.

Baca juga: Tips Hemat Energi untuk Hunian Masa Kini

Neumann Monson memasang material kaca pada sebagian besar bangunan parkir. Pengelola tidak perlu menyalakan lampu pada saat siang hari.

Sebagian bangunan juga terbuka sehingga angin bisa masuk dan keluar ke dalam gedung. Sirkulasi udara dan cahaya memang diatur dengan baik.

Gedung ini juga mendapatkan peringkat bagus dalam penggunaan energi, rangkingnya 0. Artinya bangunan ini menghasilkan lebih banyak energi dibandingkan energi yang dihabiskan.

Baca juga: Rumah Masa Depan Tuh Irit Listrik, Hemat Air, dan Anti Banjir, Rumah Kamu Gimana?

Neumann Monson memasang 336 solar panel pada bagian atap. Seluruh solar panel ini menutup atap. Ada pemasangan solar panel pada bagian lain.

“Pengaturan solar panel bisa membuat ada tambahan pemasangan solar panel tambahan untuk memenuhi kebutuhan energi bangunan publik,” ujar Neumann Monson kepada situs Dezeen.

Hmm, hebat juga ya kalau gedung parkir bisa dirancang bisa hemat energi. Kira-kira ada nggak tempat parkir seperti ini di Indonesia?

Baca juga: Gedung Pengadilan Ini Hemat Energi dan Ramah Lingkungan, Nah Gitu Dong!

Bagikan: 327 kali