Vo Trong Nghia Architects Mendesain Rumah yang Penuh Tanaman dan Pohon di Dalam dan Luar Rumah (Foto: Rumah123/Desingboom/Hiroyuki Oki)

Hunian ini seperti oase di tengah kota dengan bangunan beton. Rumah ini tidak hanya mempunyai taman dan kebun, namun juga “hutan belantara” di dalamnya.

Studio arsitektur Vietnam, VTN Architects (Vo Trong Nghia Architects) merancang serangkaian rumah yang bernama “Rumah untuk Pohon”. Rumah ini menjadi salah satunya. Nama ini juga rasanya tidak berlebihan.

Pohon tidak hanya berada di taman, atap, atau balkon. Tetapi, juga di dalam rumah termasuk dekat tangga sehingga rumah ini seperti hutan belantara.

Baca juga: Rumah Ini “Menghilang” di Tengah Pepohonan! Wah, Kok Bisa Ya?

Ada alasan kenapa VTN Architects mendesain rumah seperti ini. Vietnam kekurangan lahan hijau. Masalah lingkungan hidup muncul seperti banjir di area perkotaan, kota yang panas, dan polusi udara.

Arsitek menyiasati masalah ini dengan membuat hunian penuh pohon di tengah kota. Tanaman rambat menutup sebagian pagar dan juga eksterior rumah.

Pohon ditempatkan dalam bentuk ragam dan tujuan. Pohon rambat ditempatkan pada bagian fasad dengan tujuan menyaring cahaya matahari.

Baca juga:  Keren Aja Tuh Taruh Pohon Besar dalam Rumah!

Penempatan pohon pada lantai dasar menjadikan area ini seperti taman. Sementara pada lantai kedua, pohon ditempatkan untuk membuat bayangan. Kebetulan, ada skylight (plafon kaca).

Integrasi pohon dengan interior menawarkan rasa keselarasan taman dan hutan. Penempatan pohon seperti ini ada di ruang publik seperti ruang duduk, ruang tamu, dan ruang makan.

Berbeda halnya dengan ruang privat seperti ruang tidur dan kamar mandi, penempatan pohon untuk menyaring matahari, menyejukkan angin, dan membuat interior ruangan lebih terang dengan unsur tanaman.

Baca juga:  Rumah di Tengah Pepohonan dan Kicauan Burung

Tanaman, skylight (plafon kaca), dan jendela membuat hunian ini lebih nyaman dan adem. Penghuni tidak perlu penyejuk ruangan. Pengeluaran listrik pun bisa dihemat.

Hmm, Indonesia kan punya iklim dan cuaca serupa dengan Vietnam, gimana kalau rumah kamu punya desain seperti ini juga?

Vo Trong Nghia Architects Menaruh Pohon Pada Bagian Eksterior dan Juga di Sekeliling Rumah (Foto: Rumah123/Designboom/Hiroyuki Oki)
Bagikan: 1574 kali