Biro Arsitek Ternama Jepang, Kengo Kuma Mendesain Gerai Jaringan Kedai Kopi Starbucks di Taiwan (Foto: Rumah123/Designboom)

Kedai kopi ini merupakan salah satu gerai jaringan Starbucks di dunia. Bentuk gerai kopi dua lantai ini memang unik lantaran merupakan susunan dari 29 kontainer atau peti kemas.

Designboom melansir biro arsitek ternama asal Jepang, Kengo Kuma mendesain kedai kopi yang berada di Taiwan ini. Kedai kopi juga akan menjadi drive thru  sebuah pusat perbelanjaan.

Kengo Kuma terinspirasi dari pohon kopi dan juga lengkungan ember tradisional China. Lantas dia mewujudkannya dalam rancangan desainnya yang dengan menggunakan peti kemas.

Baca juga: Wow, Ada Kedai Kopi Terbesar di Dunia, Kamu Mau Ngopi di Sini?

Kontainer yang disusun ini menciptakan ruang yang tinggi. Hal ini tentunya menciptakan akses cahaya alami dari matahari melalui sejumlah skylight (plafon kaca) yang ada dalam bangunan.

Arsitek juga berhasil menciptakan area duduk yang nyaman dan ramah bagi para pengunjung. Pada salah satu sudut, pengunjung bisa duduk dengan menyaksikan pemandangan pegunungan.

Sementara pada bagian lainnya, ada cetakan grafis yang dipasang di dinding yang menceritakan kisah kopi. Pada bagian lainnya, ada mural yang mengisahkan orang-orang yang memiliki warisan sejarah dengan kota.

Arsitek Memanfaatkan 29 Peti Kemas Atau Kontainer untuk Membuat Kedai Kopi Berlantai Dua Ini (Foto: Rumah123/Designboom)

Baca juga: Kedai Kopi Mungil Seluas 3 Meter Persegi Doang

Starbucks memamg memiliki komitmen untuk membuka gerai yang ramah lingkungan. Di Amerika Serikat yang merupakan asal Starbucks, perusahaan ini sudah membuka 45 gerai dengan model prefabrikasi.

Hal ini tentunya membuka kesempatan untuk meminimalisasi jejak limbah yang mengganggu lingkungan kalau ada bangunan baru diselesaikan.

Hmm, sebenarnya bukan hal baru ya kalau peti kemas dimanfatkan untuk bangunan. Di Indonesia sudah banyak cafe atau restoran seperti ini. Tetapi, yang utama tentunya adalah semangat untuk memanfaatkan material daur ulang.

Baca juga: Siapa Mau Tinggal di Rumah Kecil Bertenaga Kopi

Kengo Kuma Mendesain Sejumlah Ruangan Menjadi Terang Berkat Keberadaan Skylight (Plafon Kaca) (Foto: Rumah123/Designboom)
Bagikan: 750 kali