Desainer Produk Asal Korea Selatan, Ja Heon Lee Mendesain Wireless Vacuum Cleaner yang Tidak Membuat Pemakainya Mengalami Nyeri Tangan (Foto: Rumah123/Designboom)

Desainer produk asal Korea Selatan, Ja Heon Lee mendesain wireless vacuum cleaner yang bisa membuat pemakainya tidak mengalami carpal tunnel syndrome. Produk ini didesain ergonomis.

Banyak produsen peralatan rumah tangga yang memperkenalkan produk wireless vacuum cleaner alias penyedot debu tanpa kabel. Kekuatan dan performa produk mulai ditingkatkan.

Sementara ukuran dan berat dikurangi. Ini artinya produk pembersih rumah ini cukup kecil untuk dipegang dan digunakan dengan satu tangan.

Baca juga: Kamu Mau Pelihara Robot di Rumah Ga? Kekinian Banget Lho

Namun, Ja Heon Lee tidak sepakat dan menyatakan kalau masalah ergonomi masih ada dalam peralatan rumah tangga ini.

Dia menyatakan kalau pegangan dari penyedot debu ini bertumpu sepenuhnya pada tangan pengguna. Hal ini bisa menyebabkan carpal tunnel syndrome atau semacam nyeri pada tangan.

Ja Heon Lee memberikan solusi dengan mendesain penyedot debu dengan nama Lofstrand Vacuum Cleaner atau LVC. Bentuknya memang mirip kruk untuk berjalan.

Baca juga: Peralatan Makan dari Sampah Makanan, Ini Baru Daur Ulang!

Dia terinspirasi dari kruk yang digunakan untuk membantu berjalan. Pergerakan dari penyedot debu ini bertumpu pada pergelangan tangan dan lengan.

Berat peralatan rumah tangga ini bertumpu pada area yang lebih luas sehingga mengurangi risiko cedera. Ada pembagian beban saat penyedot debu ini dipegang.

Sayangnya, penyedot debu ini masih sebatas konsep. Meski begitu, Ja Heon Lee merancang piranti ini dengan estetika futuristik, material yang enak dipegang, dan juga warna yang keren.

Baca juga: Mesin Cuci Piring Khusus untuk Rumah Sempit

Bagikan: 709 kali