Ilustrasi Nyamuk (Foto: Rumah123/News.com.au)

Bagi kamu yang tinggal di Jakarta, waspada ya gaes. Dalam satu pekan terakhir, jumlah kejadian pasien demam berdarah dengue (DBD) meningkat sampai enam kali lipat.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta sempat mengumumkan kewaspadaan kejadian luar biasa (KLB) DBD pada Ahad (20/01/2019) dengan jumlah kejadian DBD baru mencapai 111. Sekarang jumlahnya melonjak tajam.

Jumlah ini naik pesat bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Pada Januari 2018, jumlah kejadian DBD hanya sekitar 200.

Baca juga: Ayo, Usir Nyamuk dari Rumah Kamu

“Kasus DBD di DKI Jakarta pada bulan Januari per tanggal 27 Januari 2019 semalam sebanyak 613 kasus,” kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti seperti dilansir oleh Kompas.com.

Pada Januari 2019 ini, kasus DBD paling tinggi terjadi di kawasan Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Barat. Buat kalian yang tinggal di sini, waspada ya gaes.

Widyastuti menduga banyak lahan kosong yang menjadi sarang nyamuk demam berdarah, Aedes aegypti. Jentik nyamuk ini berkembang biak di air yang bersih.

Baca juga:  Mau Tahu Desain Rumah yang Bikin Nyamuk Nggak Betah?

Kamu bisa melakukan pencegahan, gampang kok caranya. Pertama, kamu harus rajin menguras tempat yang menjadi penampungan air seperti bak mandi, kolam, dan lainnya.

Kedua, kamu harus menutup rapat tempat penampungan air. Ketiga, kamu harus membuang barang tidak terpakai namun dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk. Biasanya wadah yang bisa menampung air bersih seperti ember bekas.

Langkah preventif lainnya adalah menaburkan bubuk larvasida pada wadah air untuk memberantas nyamuk, memakai obat penyemprot nyamuk, menempatkan tanaman yang dapat mengusir nyamuk, mengatur pencahayaan matahari agar sinar masuk, serta tidak membiasakan menggantung pakaian.

Baca juga:  Mau Rumah Bebas dari Gangguan Nyamuk? Jangan Gantung Pakaian!

Bagikan: 1765 kali