vespa affinis- rumah123.com Sarang Tawon Vespa Affinis. Sejumlah Serangan Tawon Vespa Affinis Terjadi di Beberapa Wilayah di Indonesia. Tawon Ini Berbahaya (Foto: Rumah123/Getty Images)

Serangan tawon Vespa affinis kembali menjadi pemberitaan. Waspada, antisipasi, dan kenali tawon ini serta kenapa bisa menyerang manusia.

Kabar teror Vespa affinis muncul lagi. Serangan hewan yang dikenal sebagai tawon endhas ini terjadi di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Laman berita online Detik.com melansir data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sragen bahwa ada 18 insiden serangan tawon Vespa affinis selama November 2019.

Data Pusat Pengendali Operasi atau Pusdalops BPBD Sragen menyatakan serangan ini tersebar di delapan kecamatan di Sragen. Serangan paling banyak terjadi di Kecamaan Sidoharjo dan Karangmalang.

Baca juga: Waspada Jika Temukan Sarang Tawon Vespa Affinis

Kepala Pelaksana BPBD Sragen Sugeng Priyono menyatakan ada 23 laporan serangan pada Oktober 2019 dan 18 insiden pada November 2019. Tidak ada korban jiwa, namun satu orang sempat dilarikan ke rumah sakit.

Korban bernama Sugiman (64 tahun) diserang tawon endhas saat membersihkan kebun di belakang rumahnya. Dia tidak sengaja menyenggol sarang sehingga diserang tawon. Korban sempat dibawa ke rumah sakit. Ada 30 bekas sengatan sekujur tubuh korban.

Serangan Tawon Vespa Affinis Sudah Sering Terjadi

Laman berita online Kompas.com sempat memberitakan bahwa sejumlah serangan tawon Vespa Affinis sering terjadi. Pada 30 April 2019, lima siswa SD (sekolah dasar) di Kota Kediri, Jawa Timur diserang tawon ini. Sarang tawon berada di dekat sekolah mereka.

Dua warga Klaten, Jawa Tengah meninggal setelah disengat tawon pada 6 November 2019. Dua korban ini tidak sengaja menyenggol sarang tawon. Salah satu korban sempat mendapatkan perawatan, namun tidak dapat tertolong.

Seorang siswa SD di Garut, Jawa Barat tewas setelah disengat tawon pada 20 November 2019. Dua teman korban mengalami belasan luka sengatan. Mereka berusaha untuk membongkar sarang tawon di salah satu rumah warga.

Baca juga: Cara Melepaskan Gigitan Anjing dan Pertolongan Pertama Usai Digigit

Dua orang anak di Bekasi, Jawa Barat diserang tawon usai pulang mengaji pada 21 November 2019. Sarang berada di samping musala.

Seorang warga di Tuban, Jawa Timur meninggal usai diserang tawon pada 18 November 2019. Saat itu, korban sedang mengairi ladang. Ada ratusan luka bekas sengatan di tubuh korban.

Mengenali Tawon Vespa Affinis

Detik.com sempat mengulas mengenai tawon Vespa affinis ini. Ada sejumlah hal yang diketahui agar kamu bisa mengenali dan melakukan pencegahan penyerangan.

Pertama, tawon ini memiliki warna kuning hitam. Tawon in ada di kawasan tropis dan subtropis Asia. Di Indonesia, ada 11 sub spesies tawon ini. Biasanya, tawon membentuk koloni.

Kedua, musim berkembang biak. Peneliti dari Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Hari Nugroho menyatakan musim berkembang biak tawon ini terjadi pada Agustus-Oktober. Koloni lebah mulai ditemukan pada bulan-bulan tersebut.

Baca juga: Wah, Harga Burung Merpati Bisa Seharga Rumah? Harganya Rp1 Miliar Lho

Ketiga, alasan menyerang manusia. Tawon memiliki habitat di hutan dataran rendah. Lantaran hutan semakin berkurang, tawon membuat sarang di atap rumah. Tawon hidup terlalu dekat dengan manusia sehingga risiko disengat juga meningkat. Tawon merupakan hewan sosial sehingga mereka menyerang berkelompok.

Keempat, makan dari sampah. Tawon Vespa affinis hidup dari makan serangga dan bangkai dari sampah. Tawon ini memiliki cara beradaptasi yang cepat.

Kelima, memiliki efek sengatan yang mematikan. Sengatan tawon ini memunculkan bengkak. Kalau dalam jumlah banyak, bisa memunculkan anafilaksis atau orang bisa rusak dalam hitungan hari.

Baca juga: Little Cat, Treadmill Khusus Kucing Biar Hewan Kesayangan Kamu Ga Gemuk Lagi

Keenam, memerlukan penanganan atau antisipasi yang cepat. Racun tawon ini mematikan jika tidak ditangani dengan tepat, apalagi jika menyerang limpa dan ginjal. Kalau kamu disengat tawon, segera pergi ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Ketujuh, tindakan pencegahan. Tawon ini dapat hidup dekat dengan tempat sampah warga. Pastikan untuk membersihkan sampah dengan segera. Jika ada sarang tawon, hubungi petugas Pemadam Kebakaran dan jangan menanganinya sendiri.

Bagikan: 4888 kali